Tips Usaha Barang Antik yang Sangat Menggiurkan

jualan barang antikPada kesempatan kali ini kita akan membahas peluang usaha barang antik, bagi Anda yang memiliki hobi dalam mengoleksi barang antik, inilah peluang usaha yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukan Anda.

Bagi Anda orang-orang yang yang kurang menyukai atau tidak menyukai barang-barang antik, benda-benda jenis ini mungkin biasa dipandang sebagai barang yang lama, kusam, rusak serta tidak menarik. Namun, lain halnya untuk para kolektor barang-barang antik, hal ini malah ini menjadi sedemikian penting dan sangat bermakna.

Mereka para kolektor barang-barang antik rela untuk menjelajah  ke berbagai tempat bahkan hingga ke berbagai pelosok serta mau mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan koleksi barang-barang antik yang sangat mereka inginkan.

Yang menjadi daya pikat dari barang-barang antik ini adalah nilai sejarahnya, keunikan tampilan fisiknya, dan kelangkaan dari barang tersebutlah yang membuat para kolektor ini menyukainya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda kerjakan:

1.       Mulailah Mencari Koleksi Barang-Barang Antik

Tips yang pertama adalah mulailah Andamencari koleksi barang barang antik untuk dijadikan usaha anda. Andatidak perlu berburu ke tempat-tempat yang jauh atau berusaha keras untuk mendapatkan atau menemukan barang-barang yang bisa Andajual dengan harga yang mahal.  Anda hanya perlu memulai pencarinya bisa dari kerabat, pasar loak ataupun pasar tradisional.

Carilah barang-barang yang menurut Anda barang tersebut sulit untuk ditemukan dan langka, serta memiliki usianya tidak baru lagi. Lakukanlah penawaran agar dapat membeli dengan harga yang murah.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba memeriksa barang peninggalan keluarga yang tersimpan di gudang tidak terpakai dan mungkin tergolong barang antik. Bisa jam tangan, lemari, lampu hias, kursi, senjata tajam seperti keris, pedang dan lain-lain.

2.       Menentukan Lokasi Usaha

Tips yang kedua adalah menentukan lokasi usaha dimana Anda akan menjual atau melakukan pameran barang-barang antik tersebut. Karena dalam suatu usaha  lokasi usaha itu merupakan faktor yang penting dan salah satu cara dalam meraih kesuksesan.

Ada sejumlah alternatif  tempat yang dapat Anda pilih dalam menjalankan usaha ini, antara lain rumah, stand di dalam mall, toko serta kafe. Pilihlah tempat yang tentunya sangat bergantung pada ketersediaan biaya dan kenyamanan dalam bekerja yang Anda inginkan. Sebaiknya ada tidak melawatkan ajang lelang serta pameran.

Selain berjualan offline manfaatkan pula Internet sebagai lapak jualan Anda. Sekarang ini telah banyak situs toko online yang memberikan Anda fasilitas untuk berjualan barang antik di situs mereka. Sebagai contoh ada toko bagus, berniaga dan lain sebagainya.

3.       Melakukan Promosi

Tips yang ketiga adalah dengan melakukan promosi, penyebarluasan informasi mengenai keberadaan usaha Anda sangatlah penting untuk dilakukan sehingga para kolektor barang antik mengetahui dan mereka akan menjadikan usaha Anda sebagai salah satu tempat yang anak mereka datangi selalu untuk berburu barang barang antik yang mereka inginkan.

Pada awal usaha, biasanya diperluakan modal keuangan yang cukup besar, namun jika melakukan promosi usaha Anda secara gratis itu akan berdampak baik pada keuangan anda. Banyak jalan untuk melakukan promosi secara gratis, yaitu bisa melalui internet ataupun mulut ke mulut. Jika melakukan promosi via internet Anda bisa menggunakan media situs jejaring social seperti googlePlus, Facebook, Twitter dan lainnya.

Lebih baik lagi jika Anda memiliki situs website tersendiri untuk koleksi barang antik, Anda juga bisa membuka toko online sendiri yang didalamnya berisikan khusus barang barang antik sehingga membuat para pemburu barang antik mudah dalam mencarinya, atau bisa juga melalui forum jual beli seperti kaskus.

Dengan melakukan promosi menggunakan internet, Anda bisa menjangkau pemasaran hingga keseluruh dunia.

Berapakah keuntungan yang bisa Anda peroleh dari hasil usaha barang antik ini ?

Biasanya para pengusaha barang antik ini adalah sifatnya hobi, jadi kepuasan para kolektor semata-mata bukan karena uangnya melainkan memiliki kepuasan tersendiri.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam hal merintis usaha barang antik, dan jangan Anda sangka salah seorang kolektor usaha barang antik bisa mendapatkan penawaran sebuah barang hingga ratusan juta rupiah. Semoga tips membuka usaha barang antik ini bermanfaat.