Tips Sukses Memulai Usaha Kecil

Tips Sukses Memulai Usaha Kecil
Tips Sukses Memulai Usaha Kecil

TIPSWIRAUSAHA.COM – Membuka usaha adalah salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menambah pundi – pundi uang. Sebagian dari kita berpikir bahwa membangun suatu bisnis merupakan hal yang sulit karena membutuhkan keterampilan dan kesabaran.

Hal itu memang benar, membangun sebuah bisnis atau usaha merupakan suatu hal yang membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Nah, tugas kita adalah menerjemahkan kalimat itu, apakah berupa kesulitan ataukah tantangan.

Sesungguhnya membuka usaha kecil merupakan salah satu langkah nyata dalam membangun suatu kerajaan bisnis. Pengusaha – pengusaha besar pasti memulai bisnisnya dari membuka usaha kecil, karena dari sinilah mereka belajar dan pada akhirnya bisnisnya menjadi besar dan besar.

Apakah Anda tertarik untuk memulai usaha kecil? Ketika anda ragu, ada baiknya Anda urungkan niat dan coba pelajari kembali apa arti memulai usaha, tantangan, dan resikonya.

Selain itu, jika anda masih ragu silahkan Anda membaca beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk memulai usaha kecil yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Jadilah yang terbaik dan bedakan dengan yang lain

Untuk memulai suatu usaha kecil, kita sudah harus bisa berkomitmen bahwa kita bisa menjadi yang terbaik dan beda dengan yang lain. Seperti contohnya kita akan membuka suatu bisnis percetakan.

Maka untuk menjadi terbaik, kita harus bisa memiliki nilai tambah dibandingkan kompetitor kita. Ketika kompetitor lain hanya melayani cetak di tempat, kita bisa memberi nilai tambah dengan layanan antar jemput berkas. Selain memberikan yang terbaik, sudah tentu di mata konsumen, usaha kita sudah berbeda dari segi pelayanan dan itu berarti positif.

2. Menghargai waktu

Waktu adalah sesuatu yang sangat krusial dalam bisnis. Kita harus bisa menghargai waktu. Mengerjakan segala sesuatunya dengan efisien dan efektif adalah nilai tambah di mata konsumen. Tidak akan ada konsumen yang ingin pesanannya terlambat.

3. Memanfaatkan teknologi

Dengan berkembangnya teknologi, kita bisa memanfaatkan kemajuan ini sebagai media pemasaran yang sangat efektif. Menggunakan twitter, facebook, dan instagram untuk memperkenalkan produk kita dan sebagai sarana komunikasi antara pelaku bisnis dan konsumen.

Berdasarkan penelitian kenaikan pemesanan bisa sangat signifikan jika kita bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Selain itu, penggunaan website juga bisa memberikan trust tersendiri pada konsumen.

4. Usahakan untuk lebih realistis

Ketika ingin membuka suatu usaha, kita harus benar – benar realistis dengan keadaan lingkungan di sekitar kita. Kita harus tahu apa yang diinginkan oleh target. Dengan melakukan survei kecil –kecilan, kita dapat menyimpulkan apa yang dibutuhkan oleh target pasar dan pada akhirnya kita bisa membuat produk yang sesuai.

5. Rekrutlah orang – orang yang terbaik

Dalam membangun usaha kecil maupun besar, tidak menutup kemungkinan kita harus menggunakan tenaga bantuan. Usahakan merekrut orang – orang yang terbaik dan dibidangnya, kalau bisa yang memang sudah pernah menjalani bisnis seperti ini. Ini semuanya berhubungan dengan produk yang dihasilkan.

Barang maupun jasa jika dihandle oleh orang yang kurang berpengalaman maka akan menghabiskan waktu dan biaya. Terlebih lagi jika orang itu diposisikan sebagai frontliner, kesan buruk pasti akan dirasakan oleh konsumen. Kalau memang harus menggunakan tenaga tidak berpengalaman, usahakan di training dulu agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

6. Status hukum karyawan? Penting!

Kadang hal yang dianggap kecil ini akan membawa dampak besar bagi usaha kita. Ketika ingin membangun usaha kecil dan kita membutuhkan karyawan, maka usahakan ada kontrak tertulis hitam di atas putih untuk hubungan kerja itu.

Ini adalah salah satu cara untuk menghindari masalah kedepannya. Selain itu, dengan adanya kontrak kerja ini, maka tugas – tugas apa yang harus dikerjakan akan lebih jelas dan bisnis akan menjadi lebih produktif

7. Harus rela banting tulang dan tahan badan

Menjadi pelaku bisnis harus rela lebur, bersusah susah, dan bekerja keras untuk bisnisnya sendiri. Karena dari sinilah tercermin keinginan sesungguhnya dari pelaku bisnis itu. Selain itu, pelaku bisnis harus bisa tahan badan ketika terjadi masalah dengan usahanya nanti. Tidak langsung kabur begitu saja tanpa ada pertanggung jawaban.

***

Demikianlah beberapa tips yang dapat diberikan terkait dengan tips sukses membuka usaha kecil yang dirangkum dari beberapa sumber. Semoga berguna dan tetaplah bersemangat dalam membangun bisnis Anda! Apakah Anda tertarik untuk memulai usaha kecil?