Bisnis Rumah Kontainer Properti Alternatif Menggiurkan

bisnis rumah kontainerKebutuhan orang akan rumah tinggal atau perkantoran tiap tahunnya semakin tinggi.  Inilah sebabnya bisnis properti semakin hari makin  menjanjikan. Harga properti tiap tahunnya pun semakin meningkat karena makin sempitnya lahan sedangkan permintaan semakin besar.

Kondisi ini memunculkan ide bangunan alternative untuk rumah tinggal ataupun perkantoran yaitu rumah kontainer. Bisnis rumah kontainer dinilai cukup efektif karena dibuat dari kontainer bekas yang harganya cukup murah dan tidak memerlukan lahan besar.

Bisnis rumah kontainer sudah di lakoni oleh Indra Suhendar lebih dari dari 2 tahun. Selama itu pula pesanan selalu lancar datang padanya.  Selain rumah kontainer, Indra juga melayani permintaan pembuatan kantor dari kontainer. Kontainer yang Ia jual pun sudah didesain dan didekorasi sehingga layak untuk dihuni.

Menurut Indra bisnis ini cukup menjanjikan karena permintaannya cukup banyak dan juga modal yang digunakan tidak terlampau besar. Untuk kontainer bekas, Indra mendapatkannya dari daerah pelabuhan di Jakarta Utara dan dari kantor-kantor pelayaran di daerah Jakarta Pusat.

Indra pun memberikan tips bagaimana memilih kontainer bekas.  Untuk memilih kontainer, sebaiknya Anda memilih kontainer bekas dari luar negeri. Alasannya kontainer luar negeri biasanya kondisinya lebih baik karena di konstruksikan untuk mengangkut alat berat. Selain lebih kokoh, kondisi dalamnya pun lebih baik dari kontainer local. Kontainer local biasanya diperuntukkan mengangkut semen, bubuk besi dan macam-macam barang lainnya sehingga kondisi bagian dalam kontainer rusak, kotor dan jelek.

Ada dua jenis kontainer yang diperjualkan Indra yaitu kontainer berukuran 12 meter dan yang berukuran 6 meter. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 13 jutaan sampai Rp 14 juta untuk kontainer kosong yang belum di desain dan kondisi stAndar. Jika kondisi dan tahun pembuatannya lebih baru, kontainer bisa di jual seharga Rp 18 juta.

Untuk kontainer yang sudah dimodifikasi, harganya bisa mencapai  dua kali lipat lebih dari harga kontainer kosong. Contohnya kontainer yang di desain sebagai ruangan kantor minimalis dengan 2 jendela dan 1 pintu dibanderol  sekitar Rp 40 Jutaaan.

Sedangkan kontainer yang didesain untuk hunian tempat tinggal dengan perlengkapan perabot dapur, toilet yang telah dilengkapi dengan water heater dan AC dibanderol seharga  Rp 70 jutaan. Harga pun bisa disesuaikan jika Anda tidak menginginkan fasilitas lengkap seperti pendingin udara.

Menurut pengalaman Indra, jenis kontainer yang paling banyak dipesan adalah model kantoran. Biasanya model ini digunakan untuk pekerjaan bidang media ataupun penelitian.

Kontainer model kantoran di desainnya pun lebih gampang, untuk model ini Indra hanya butuh waktu seminggu untuk merancangnya.

Bagaimana dengan Anda, tertarik menngeluti bisnis hunian kontainer?

Sumber : M bisnis, Teropong Bisnis