5 Tips Sukses Mengelola Restoran

5 Tips Sukses Mengelola RestoranTIPSWIRAUSAHA.COM – Manajemen restoran membutuhkan keseimbangan di antara kreativitas, kecerdasan bisnis, keterampilan melayani pelanggan dan kemampuan untuk menghibur.

Jika memiliki sebuah restoran adalah impian Anda, kemungkinan besar bahwa Anda telah mendengar beberapa cerita horor tentang hal-hal yang salah dan kurangnya statistik mengenai tingkat keberhasilan restoran baru yang menjanjikan.

Sulit untuk mengabaikan fakta bahwa sekitar 60 persen *restoran baru dekat dalam waktu tiga tahun, tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat belajar dari kesalahan orang lain.

Mengantisipasi tantangan dan perencanaan ke depan dapat membantu Anda mengalahkan kemungkinan tersebut. Nah, berikut adalah lima hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk mencapai tujuan Anda, dilansir dari Allculinaryschools.com:

1. Tentukan konsep bisnis restoran Anda

teliti apa saja yang menjual untuk lokasi restoran Anda, dan kembangkan konsep yang kuat yang sesuai dengan klien potensial Anda.

Pilih tema yang akan cukup familiar untuk pelanggan lokal tapi berbeda dari bisnis restoran lain di daerah tersebut. Sekali Anda memutuskan visi keseluruhan bisnis restoran Anda, jangan meremehkan kekuatan dari nama yang menarik.

2. Kembangkan anggaran

Mungkin fase yang paling penting dari manajemen restoran adalah mengembangkan anggaran dan berpegang teguh pada itu.

Banyak pemilik restoran berpengalaman mengatakan bahwa meremehkan anggaran awal adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik bisnis restoran baru.

Jika Anda tertarik untuk bekerja dengan investor, Anda harus merancang rencana bisnis yang menggambarkan konsep restoran Anda dan termasuk penilaian risiko dan rencana pengembalian investasi.

3. Desain ruang restoran yang tepat

Semuanya, dari pencahayaan hingga pengaturan meja, harus konsisten dengan visi umum dari bisnis restoran Anda.

Desain restoran yang efektif memiliki dua elemen utama: suasana santai dan fungsionalitas. Suatu restoran harus memberikan perasaan hangat dan mengundang bagi pelanggan.

Anda akan membutuhkan banyak penyimpanan dan ruang dapur bersama dengan ruang yang cukup bagi pelanggan untuk duduk sambil menunggu untuk menu diantarkan.

4. Mempekerjakan dan mempertahankan kualitas karyawan

Keberhasilan bisnis apapun sering dapat diukur dengan kebahagiaan karyawan. Beri diri Anda banyak waktu untuk menemukan staf yang baik.

Selama konstruksi, posting tanda “Sedang Mencari” di jendela dan pasang iklan di koran atau online. Pada awal enam minggu sebelum pembukaan, mulailah mewawancarai dan mengembangkan jadwal pelatihan untuk dapur dan menunggu staf.

Setelah bisnis restoran Anda terbuka, jagalah lingkungan kerja yang positif dengan segera mengatasi masalah apapun antara karyawan dan menetapkan program insentif yang mendorong kerjasama tim dan kreativitas.

5. Publikasikan restoran Anda

Sementara bisnis restoran Anda masih dalam tahap konstruksi, mulailah mempromosikan restoran Anda dengan menggantung spanduk yang mengungkapkan nama dan kerangka waktu yang diharapkan untuk pembukaan.

Menarik pelanggan potensial dengan mengirimkan siaran pers kepada kelompok media lokal dan mengadakan pesta malam pembukaan dengan sampel gratis makanan.

Setelah itu, terus promosikan bisnis restoran Anda dengan mengadakan acara makanan lokal dan menyelidiki cara untuk memasang iklan tanpa menghabiskan banyak uang.