Cara Sukses Bisnis Sepatu Online

Bisnis Sepatu OnlineSalah satu produk yang memiliki banyak peminatnya secara online adalah sepatu.

Pada dasarnya baik wanita maupun pria sama-sama punya ketertarikan tersendiri terhadap alas kaki yang dipakai sehari-hari, terutama ketika bekerja atau masuk kantor.

Nah, peluang ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, yaitu dengan menjual sepatu secara online.

Menjual sepatu secara online tidak jauh berbeda dengan menjual  fashion stuff lain di dunia maya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seller sepatu yang menjual barangnya di internet, antara lain:

Tentukan Jenis Sepatu yang Akan Dijual

Sebelum Anda menjual sepatu, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu sepatu seperti apa yang hendak Anda jual. Misalnya saja Anda mau menjual sepatu untuk remaja perempuan, sepatu futsal, sepatu pantofel untuk pekerja kantoran atau jenis sepatu lainnya. Menentukan jenis sepatu ini juga bisa jadi ajang penentuan siapa target market dari toko online­ Anda.

Apabila target market sudah ditentukan, maka Anda akan lebih mudah dalam mengambil langkah selanjutnya, seperti media sosial apa yang sebaiknya Anda gunakan, atau cara promosi seperti apa yang paling tepat.

Lakukan Riset Kecil

Mencari supplier yang tepat adalah langkah berikut yang bisa Anda lakukan. Pilihlah supplier yang nyaman diajak bekerjasama. Sebelum Anda melakukan perjanjian dengan supplier, sebaiknya Anda menanyakan beberapa hal.

Misalnya saja Anda menanyakan bagaimana sistem pembayaran sepatu-sepatu yang dibeli, apa harus dibayar lunas, atau bisa dibayar dengan uang muka atau DP terlebih dahulu, atau boleh melakukan pembayaran apabila barangnya sudah laku terjual.

Selain itu, tanyakan juga bagaimana cara pengiriman barangnya. Apakah Anda harus melakukan stok barang, atau apakah barang-barang bisa dikirim langsung dari alamat supplier ke pembeli kita (sistem dropshipping).

Pilih Variasi Sepatu

Setelah Anda menemukan supplier yang cocok dan telah menentukan siapa yang akan jadi target market toko online Anda, Langkah selanjutnya Anda bisa memilih model sepatu yang hendak Anda jual.

Ambilah beberapa jenis dengan ukuran yang bervariasi pula. Jika Anda menemukan satu model sepatu yang diperkirakan akan laku karena modelnya unik, ambilah beberapa ukuran yang bervariasi.

Tentukan Harganya

Salah satu tujuan dari berbisnis yaitu mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, Anda pun bisa menentukan harga yang tepat agar keuntungan yang didapatkan juga besar. Tentukanlah harga yang bervariasi sesuai modal yang diberikan oleh supplier.

Foto Sepatu yang Akan Dijual

Orang yang berbelanja di toko online tak bisa secara langsung melihat dan mencoba sepatu yang hendak ia beli. Oleh sebab itu, foto produk memegang peranan yang penting untuk menggantikan semua itu.

Alangkah baiknya, untuk satu model sepatu ada dua hingga tiga foto untuk memperlihatkan sepatu tersebut dari angle atau dari sisi yang berbeda.

Bisa juga ditambahkan dengan memotret kaki seseorang yang mengenakan sepatu model tersebut. Hal ini dilakukan supaya fotonya terlihat lebih hidup.

Tawarkan ke Produk Ke Lingkungan Sekitar

Untuk langkah awal Anda bisa menawarkan sepatu tersebut ke orang-orang yang berada di sekitar kita, seperti, keluarga, teman atau sanak saudara.

Anda juga  bisa menggunakan fitur Blackberry Messenger atau dengan WhatsApp Messenger. Adapun, akun pribadi media sosial seperti Facebook dan Twitter yang juga bisa digunakan sebagai media promosi.

Buat Toko Online

Membuat toko online sendiri dengan menggunakan website juga salah satu pilihan yang tepat dalam menjajakan sepatu yang akan Anda jual. Anda bisa membuat situs pribadi dengan nama domain yang sesuai dengan nama toko.

Banyak sekali hosting yang menawarkan paket situs dengan berbagai macam harga. Jika Anda belum memiliki budget untuk membayar biaya hosting, Anda bisa gunakan weblog yang disediakan secara gratis. seperti, blogspot dan wordpress.

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh Anda dalam mempromosikan barang dagangan adalah deskripsi produk yang ditulis di dekat foto produk. Deskripsi tersebut harus benar-benar sesuai dengan kenyataan dan faktanya.

Anda bisa menuliskan berbagai informasi, seperti bahan dasar pembuatan model sepatu tersebut, warna apa saja yang tersedia, ukuran sepatu yang tersedia, motifnya, hingga kondisi sepatunya, apakah baru atau bekas.

Responsif

Selain itu, Anda juga sebaiknya menomorsatukan kepuasan pembeli. Misalnya dengan, memberikan garansi satu sampai dua minggu. Artinya, apabila sepatu yang dibeli pembeli ternyata ukurannya tak sesuai, pembeli bisa mengembalikan sepatu tersebut dan Anda bisa mengirimkan kembali sepatu yang sesuai dengan ukurannya.

Demikianlah tips dan cara menjalankan bisnis sepatu secara online. Semoga bermanfaat.