Manfaatkan Lahan Untuk Menanam Merica

TIPSWIRAUSAHA.COM – Merica atau sebagian orang lebih mengenalnya dengan sebutan lada merupakan tanaman yang kaya akan kandungan kimia. Rasa dari merica yaitu pahit, pedas dan bersifat hangat dan antipiretik (berkhasiat menormalkan suhu tubuh dari tinggi ke normal).

Rempah yang merupakan tanaman merambat ini tentunya sudah familiar bagi ibu rumah tangga dan juga juru masak sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma dan rasa yang khas.

Manfaatkan Lahan Untuk Menanam Merica
Manfaatkan Lahan Untuk Menanam Merica

Sebagian orang mungkin menganggap remeh merica karena bentuknya yang kecil. Namun tahukah Anda bahwa merica merupakan salah satu komoditi primadona yang jika dikelola dengan baik akan sangat menguntungkan buat Anda?

Harga merica saat ini tercatat Rp 125 ribu per kilonya (harga pasar lokal kepulauan Bangka Belitung Januari 2014) dan masih bisa terus meningkat menjelang bulan Ramadhan Juli 2014 nanti.

Banyak lahan di Indonesia saat ini yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya tanpa dimanfaatkan dengan baik. Padahal jika dikelola misalnya dengan ditanami merica, pastinya akan lebih bermanfaat.

Itulah mengapa jika Anda memiliki kebun atau sebidang tanah yang belum termanfaatkan dengan baik, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menanam merica.

Keuntungannya menggiurkan, prosesnya tidak memakan waktu lama dan memberikan keuntungan berkelanjutan. Atau jika Anda tidak memiliki tanah kebun, Anda bisa menyewanya.

Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menanam dan membudidayakannya sebab sudah banyak literatur yang membahas cara menanam merica berikut tips agar panennya bisa melimpah. Salah satunya teknologi pembibitan lada satu ruas yang dipublikasikan oleh BPTP Sulawesi Tenggara lewat situs resminya.

Sekarang pun sudah banyak orang yang menjual bibit merica unggul yang telah berukuran 25-30 cm. Anda bisa mencarinya lewat internet, atau mendatangi tempat penjualan bibit merica di daerah Anda.

Dengan cara penanaman dan pemeliharaan yang baik, merica pastinya akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Jangan biarkan lahan Anda menganggur dan waktu Anda terbuang sia-sia. Siapkan modal, siapkan lahan, beli bibitnya, budidayakan dan pasarkan merica.