3 Alasan Mengapa Mentor Dibutuhkan oleh Pengusaha Muda

3 Alasan Mengapa Mentor Dibutuhkan oleh Pengusaha Muda
Mentor Bisnis Sangat Dibutuhkan oleh Pengusaha Muda

TIPSWIRAUSAHA.COM – Di tahun 2012 yang lalu, jumlah pengusaha muda di Indonesia mencapai angka 1,56 %. Meski belum mencapai target yang diinginkan, kenaikan ini dapat dikatakan cukup bagus. Itu berarti peluang untuk menjadi pengusaha masih terbuka luas.

Menjadi pengusaha dalam usia yang muda memang cukup sulit, dimana tingkat kompetisi yang harus dihadapi sangatlah tinggi di tengah ketatnya persaingan pasar.

Jika anda masih muda dan ingin terjun ke dalam dunia bisnis, anda membutuhkan mentor untuk membimbing anda. Jangan anda membayangkan seorang mentor seperti guru SD yang akan meminta anda untuk melihat apa yang ia kerjakan dan memberikan anda berbagai nasihat.

Mungkin anda merasa bisa melakukannya semua seorang diri, namun pada kenyataannya, keberadaan mentor dapat membantu sebuah bisnis yang baru berjalan. Selain membimbing, seorang mentor juga berfungsi untuk memaksimalkan bakat dan kemampuan yang anda miliki.

Anda bisa mendapatkan mentor untuk memulai bisnis anda melalui berbagai cara, seperti mengikuti seminar ataupun talkshow mengenai kewirausahaan. Saat ini telah banyak berbagai seminar yang mengangkat cara berbisnis yang diadakan di berbagai kota di Indonesia.

Selain dari acara-acara tersebut, anda juga bisa mendapatkannya lewat program penghargaan. Saat ini sedang banyak event-event yang bertajuk wirausaha, jika proposal wirausaha anda dinilai berkualitas dan memberi manfaat, maka bentuk penghargaan yang diberikan biasanya berupa dana awal dan mentor untuk mendampingi anda dalam mengerjakan bisnis tersebut.

Perlu diketahui, bahwasannya seorang mentor memiliki fungsi yang spesifik yang tentunya bermanfaat bagi anda calon pebisnis muda, karena itu anda tidak perlu bertanya apalagi mengelak jika dianjurkan untuk mencari mentor.

Berikut alasan pentingnya keberadaan mentor bagi calon pebisnis muda:

Mentor Mampu Mengisi Kekosongan Skill

Anda ingin berbisnis tetapi tidak tahu harus memulai dari mana. Anda bertanya kepada orang-orang disekitar, namun mereka juga tidak tahu. Satu-satunya solusi ialah dengan mencari mentor untuk mengisi kekosongan skill anda.

Misalnya, anda ingin berbisnis di bidang teknologi, maka anda harus mencari mentor yang expert di bidang tersebut, yang juga mengerti bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan, mengatur keuangan, ataupun meluncurkan produk ataupun jasa.

Anda bisa mencarinya melalui media online seperti forum-forum yang berisikan orang-orang berpengalaman, twitter, facebook, dan media online lainnya.

Pada dasarnya, mentor bersifat seperti pelatih yang akan menuntun anda mulai dari awal bisnis akan dirintis hingga mengantisipasi tantangan yang datang dengan baik.

Mentor Mampu Menyeimbangkan

Bisnis apapun itu, kecil ataupun besar, pastinya akan menjadi besar jika dimulai oleh seseorang yang masih baru akan terjun ke dalam bisnis.

Dengan adanya mentor, anda akan terbantu dan tahu apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dan bagaimana mengaturnya. Jika anda mampu menyelesaikan hal yang menjadi prioritas terlebih dahulu, maka segalanya akan berlangsung dengan lancar.

Mungkin anda berpikir bahwa anda adalah orang yang teroganisir dan mampu mengatur segalanya dengan baik, akan tetapi hal itu belum tentu terlaksana di dalam bisnis yang sebelumnya tidak pernah anda lakukan.

Karena itulah, anda sangat membutuhkan mentor untuk mampu menyeimbangkan anda, mengingat seorang mentor telah lebih dahulu bekerja di bidang itu dan tentunya berpengalaman.

Mentor Membantu Membangun Relasi

Seorang mentor telah lebih dulu terjun di bisnis yang ingin anda geluti dan tentunya ia memiliki jaringan dan relasi dengan banyak orang yang expert di berbagai bidang. Relasi yang dimiliki antara mentor dan orang-orang tersebut dapat menjadi aset berharga bagi anda, terlebih di waktu-waktu awal anda menjadi pebisnis.

Umumnya para mentor bisnis menjalin relasi dengan distributor, supplier, dan pihak-pihak lain yang berurusan dengan marketing dan juga periklanan. Dengan adanya koneksi seperti ini, bisnis anda akan lebih terbantu dari segi finansial.