Belajar Bisnis Daur Ulang Plastik Dari Baedowy

Kisah sukses Mohammad Baedowy TIPSWIRAUSAHA.COM~Nama Baedowy mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang telah menekuni bisnis daur ulang plastik.

Dari tangannyalah terlahir mesin-mesin pencacah plastik yang kini banyak digunakan oleh pengusaha bisnis sejenis.

Tidak hanya menjual mesin daur ulang plastik, Pria yang bernama lengkap Mohammad Baedowy ini juga membuka pelatihan  bagaimana cara berbisnis plastik daur ulang.

Bisnis daur ulang plastik, telah ditekuni Baedowy sejak 14 tahun lalu. Dari usaha inilah ribuan dollar mengalir lancar ke kantongnya. Wajar saja jika kini Ia telah memiliki rumah seharga 2 milyar dan juga 2 mobil mewah.

Awalnya bijih plastik dan cacahan plastik yang diproduksi Baedowy hanya dijual dipasaran lokal saja. Produksinya dilakukan di sebuah lokasi dekat rumah kontrakannya dulu. Baedowy bekerja sama dengan supplier dan eksportir. Namun sejak tahun 2003, Baedowy telah mampu mengekspor sendiri biji plastik tersebut kebeberapa negara utamanya ke negara tirai bambu, China.

Bermodalkan uang tabungan dan pinjaman yang totalnya berjumlah 50 juta rupiah Baedowy pun memulai usahanya. Baedowy kemudian membeli sebuah mesin dan menyewa lahan untuk usaha.

Saat itu bersama satu orang karyawannya, Baedowy mulai berkeliling mencari lapak-lapak pengumpul plastik beraneka jenis di malam hari. Di siang harinya barulah plastik-plastik tersebut digiling untuk dijadikan plastik cacahan.

Susuri Jalur Produknya!

Sulit rasanya jika menghasilkan sebuah produk namun tidak menemukan pasarnya. Tentunya barang produksi akan terbengkalai dan kita mengalami kerugian. Dari sini Baedowy belajar bagaimana caranya menemukan pembeli. Lantas  Baedowy pun mulai menelusuri jalur produksi.

Pertamanya Baedowy menjual cacahan dan biji plastik hasil produksinya  melalui teman yang kemudian disalurkan ke eksportir. Selanjutnya Baedowy menjual sendiri langsung ke eksportirnya. Dari informasi yang ia peroleh lambat laun Baedowy kenal dengan pembeli di China. Akhirnya Baedowy mampu mengekspor sendiri ke pembeli tersebut.

Berbekal pengalaman yang dimilikinya, Baedowy ingin berbagi pengetahuan dengan mengajak Anda menjadi pengusaha daur ulang plastik lewat pelatihan bisnisnya. Tidak hanya itu Anda pun diajak menjadi mitra kerjanya untuk sama-sama mendulang rejeki dari apa yang orang anggap sebagai sampah selama ini.

Buatlah sesuatu menjadi lebih bernilai dengan kreatifitas Anda

Salam Wirausaha!