Tips Promosi Online Bisnis Kuliner Anda

Bisnis kulinerTIPSWIRAUSAHA.COM ~ Bisnis kuliner boleh dibilang tidak ada matinya. Setiap orang butuh makan dan tidak banyak orang yang sempat untuk menyediakan atau membuat makanan sendiri karena kesibukannya atau satu dan lain hal.

Bisnis kuliner di Indonesia begitu menjamurnya, dewasa ini makin banyak tempat makan yang buka dengan beragam jenis makanan, beragam jenis minuman yang mereka tawarkan.

Menjamurnya bisnis ini tidak harus melunturkan niat Anda untuk menjalaninya.  Anda hanya perlu berinovasi dari berbagai jenis bahan yang ada sehingga apa yang Anda sajikan berbeda dari yang lainnya.

Anda dapat memanfaatkan beragam jenis bahan makanan yang mudah didapat di daerah tempat tinggal Anda. Sebagai contoh misalkan di daerah Anda terdapat banyak pisang. Anda dapat membuat olahan pisang dengan kreasi berbeda. Anda dapat membuat pisang nugget, es pisang ijo, kripik pisang, pallu butung, pisang goreng kipas dengan sedikit modifikasi atau menambahkan rasa yang beda.

Bergelut di bisnis kuliner tentunya berbeda dengan bisnis lainnya sebab kita berkejaran dengan waktu. Dimana makanan atau minuman yang kita jual memiliki masa kadaluarsa. Untuk itu Anda perlu memperhatikan berapa banyak persediaan yang harus Anda beli untuk bisa digunakan dan habis dalam waktu yang tidak lama.

Cara Promosi Bisnis Kuliner Anda

promosi bisnis kulinerUntuk mempercepat jualan Anda laku, tentunya Anda membutuhkan promosi yang efektif. Sudah tidak diragukan lagi jika sosial media menjadi pilihan yang tepat dan efektif untuk promosi bisnis kuliner Anda.

Selain gratis, sosial media dipercaya sangat efektif menggait calon pembeli. Ada beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Facebook, Instagram, Line dan Twitter bisa menjadi pilihan.

Namun saran kami Anda bisa mengoptimalkan penggunaan facebook dan Instagram. Karena kebanyakan orang lebih tertarik pada sesuatu yang tampak visualnya.

Bayangkan jika Anda adalah seorang yang hobi makan kemudian ada seorang teman yang membagikan gambar makanan yang dikemas menarik di sosial media. Tentunya Anda akan penasaran dan menanyakan dimana Anda bisa mendapatkannya. Nah hampir seperti itulah cara kerjanya.  Anda kemas foto dari makanan yang Anda jual semenarik mungkin.

Jika ingin tempat Anda didatangi, cobalah trik foto dengan mengajak beberapa teman untuk memenuhi tempat Anda sehingga terlihat ramai. Biasanya orang akan tertarik untuk datang jika melihat sebuah tempat dikerumuni banyak orang. Itu menandakan bahwa makanan yang Anda jual enak dan laris.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone seperti kamera 360 dan aplikasi lainnya untuk mempercantik foto makanan Anda.  Jika Anda punya budget yang lebih Anda bisa menyewa jasa foto kuliner. Tentunya foto yang didapatkan akan terlihat lebih profesional.

Silahkan gunakan kreasi Anda untuk mempromosikan bisnis yang Anda punya. Jamin rasanya, kreasikan tampilannya. Dijamin bisnis Anda akan menggugah selera banyak orang.

Salam Wirausaha!