Bob Sadino dan Celana Pendeknya

Bob Sadino dan Celana PendeknyaTIPWIRAUSAHA.COM – Pengusaha nyentrik ini punya ciri khas sendiri yang membuatnya beda dari yang lainnya.

Jika kebanyakan pengusaha tampil rapi dengan stelan jas, pria berusia 75 tahun ini sangat mudah dikenali dari penampilannya yang hanya mengenakan kemeja putih dan celana pendeknya.

Bob Sadino atau yang akrab disapa dengan panggilan Om Bob adalah seorang enterpreneur yang bergelut di bidang pangan dan peternakan.

Usaha yang digelutinya ini benar-benar ia rintis dari bawah. Sebelumnya Om Bob pernah bekerja sebagai supir taksi dan kuli bangunan yang hanya mendapatkan upah Rp 100 per harinya.

Bob Sadino sebenarnya adalah anak dari keluarga yang berkecukupan. Nama aslinya adalah Bambang Mustari Sadino. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Menginjak usia 19 tahun, orang tua Om Bob menutup usia dan semua harta warisannya diserahkan pada Om Bob sebab saudara yang lainnya sudah dianggap mapan.

Sebagian warisan yang ia dapatkan, dihabiskan untuk berkeliling dunia termasuk ke Belanda dimana akhirnya Ia menemukan pasangan hidupnya Soelami Soejoed.

Beberapa tahun tinggal disana, akhirnya Bob Sadino memboyong keluarganya  termasuk 2 Mercedes Benz buatan tahun 60-an  kesayangannya kembali ke tanah air. Salah satu mobil tersebut kemudian ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang.

Selang beberapa tahun tinggal di Indonesia, Om Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya di Unilever dan mulai berdikari. Semua keputusan itu bukan berdasar pada penghasilan yang tidak cukup.

Sebelum bekerja di Indonesia, gaji yang diterima Om Bob saat bekerja di Eropa tentu lebih besar, namun kehidupan yang monoton di sana membuatnya ingin mencari pengalaman baru dan tantangan baru di negerinya sendiri. Om Bob memulai karir barunya sebagai sopir taksi dengan memanfaatkan Mercedes Benz miliknya yang sengaja tidak dijual.

Sayangnya kecelakaan fatal menyebabkan mobil kesayangan Om Bob rusak parah. Karena tidak mempunyai biaya untuk memperbaiki Mercedes Benz nya. Akhirnya Om Bob banting stir dan menjadi kuli bangunan.

Pengalaman buruk yang dialami Om Bob sempat membuatnya depresi. Bahkan untuk membeli beras saja ia harus menghentikan kebiasaannya merokok. Tuntutan hidup mengharuskan dirinya berhenti membeli rokok agar bisa beli beras untuk makan keluarganya.

Tuhan memang tidak akan membiarkan hambanya yang mau berusaha jatuh tidak berdaya. Sebuah awal baru dimulai ketika seorang teman menyarankan Bob Sadino untuk memelihara ayam negeri. Selain sebagai penghibur untuk menghilangkan depresinya, memelihara ayam negeri juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Om Bob pun akhirnya tertarik dan kemudian mulai menjalani bisnis ini. Pada saat itu bisnis ayam negeri beserta telurnya boleh dibilang punya peluang kecil karena dominasi dari penjualan ayam kampung. Orang Indonesia belum mengenal ayam negeri dan Om Bob lah yang pertama kali memperkenalkannya di Indonesia.

Om Bob beserta istrinya tidak kehabisan akal, telur ayam negeri ia pasarkan door to door kepada ekpatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah kemang. Om Bob tahu betul jika Ekspatriat adalah target pasar yang baik karena telah mengenal telur ayam negeri.

Usaha telur pun mulai berkembang, namun Om Bob tidak berhenti disitu saja. Ia pun melanjutkan dengan membuka usaha baru yaitu berjualan daging ayam olahan.

Kini usaha yang dijalani serius tersebut telah menjadi besar dengan nama PT Kemfoods (Pabrik Olahan Sosis dan Daging). Tidak hanya itu Bob Sadino pun memiliki usaha agrobisnis dengan sistem hidroponik. Sistem ini baru pula diperkenalkan di Indonesia melalui Om Bob.

Keberanian dan tekadnya untuk terus maju membuat Bob Sadino menjadi salah satu Ikon Enterpreneur di Indonesia. Menurut Bob Sadino, sekedar tahu tanpa mempraktekannya tidak akan membuat Anda maju.

Ia pun merumuskan jika Anda ingin maju pada bidang yang Anda geluti Anda tidak boleh hanya sekedar tahu tapi harus juga bisa kemudian menjadi terampil dan akhirnya menjadi Ahli di bidang tersebut. Itulah kunci sukses Bob Sadino selama ini.

Semoga dengan membaca kisah sukses Bob Sadino bisa memberikan Anda motivasi untuk gigih dalam berusaha.

“Your future is determined by what you start today. Masa depan Anda ditentukan dari apa yang Anda mulai hari ini.”