Bagaimana Cara Memulai Bisnis Butik Pakaian?

TIPSWIRAUSAHA.COM – Bisnis butik pakaian dapat menjadi salah satu jenis usaha yang menguntungkan. Kuncinya adalah membangun niche tertentu untuk butik pakaian Anda.

Misalnya, Anda bisa mengkhususkan diri dalam pakaian dan aksesoris resmi wanita, termasuk perhiasan. Pertimbangkan membeli waralaba yang sudah ada jika Anda memiliki cukup modal untuk berinvestasi.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Butik Pakaian
Memulai Bisnis Butik Pakaian

Anda bisa mengunjungi pameran-pameran waralaba dan francise untuk mencari potensi waralaba butik pakaian. Jika ingin yang lebih mudah,  Anda juga bisa mulai butik pakaian dengan menggunakan pemasok grosir.

Selain itu, masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan jika ingin memulai bisnis butik pakaian seperti yang kami kutip dari smallbusiness berikut ini:

Langkah 1

Hubungi bank dan dapatkan aplikasi untuk account pedagang, seperti rekening bisnis atau kartu kredit yang dapat meningkatkan potensi penjualan Anda.

Langkah 2

Dapatkan bisnis lisensi anddoing vendor sebagai aplikasi melalui kantor lokal administrasi kabupaten. Gunakan nama bisnis Anda sebagai DBA Anda ketika menerapkannya. Mengisi aplikasi dan mengirimkannya kembali dengan biaya aplikasi Anda.

Langkah 3

Buatlah daftar semua jenis pakaian yang ingin Anda jual. Kunjungi butik pakaian kompetitif yang menjual barang dagangan ini. Perhatikan bagaimana para pengecer ini menjualnya dan berapa harga yang mereka tetapkan.

Langkah 4

Carilah pemasok grosir untuk butik pakaian Anda jika Anda memulai usaha ini dari awal. Mintalah kontak beberapa orang yang menyediakan daftar grosir pakaian.

Langkah 5

Cari toko grosir yang menawarkan semua produk yang Anda ingin jual. Pilih grosir yang menawarkan unit biaya terendah dari produk pakaian agar Anda dapat menetapkan harga yang tepat nantinya.

Langkah 6

Cari lokasi strategis untuk toko butik pakaian Anda. Pilihlah daerah di mana lalu-lintasnya cukup ramai dan banyak pejalan kaki seperti di pinggir mall atau persimpangan jalan. Pelajari klien dari toko-toko tetangga. Jika Anda kesulitan mencari tempat, gunakan rumah Anda sebagai butik untuk sementara waktu sembari mencari tempat yang sesuai.

Langkah 7

Ingat, perkirakan berapa banyak investasi yang Anda butuhkan dalam enam bulan dalam bisnis, termasuk biaya produk dan iklan.

Langkah 8

Jika Anda sudah mendapatkan toko grosir yang sesuai dan tempat yang cukup strategis, saatnya untuk mengatur counter, unit rak, dan mendekorasi butik.  Selain itu, pastikan semua cash register dan komputer Anda bekerja.

Langkah 9

Untuk karyawan, Anda dapat mengambil dari keluarga untuk membantu sembari mencari orang yang memiliki pengalaman di bidang sales.

Langkah 10

Bagikan selebaran ke pengecer non-kompetitif, termasuk toko muffler dan salon kecantikan. Tempatkan selebaran di papan iklan atau bulettin untuk membantu mempromosikan toko butik Anda.

Jika Anda memiliki tabungan lebih, pertimbangkan untuk menghubungi seorang reporter dari surat kabar lokal untuk menulis tentang butik Anda. Jika ingin lebih mudah, gunakan media sosial dan internet untuk mempromosikan butik Anda.

Selamat mencoba!