Tips Memulai Bisnis Kecil: Tetapkan Model Bisnis Anda!

Tips Memulai Bisnis Kecil: Pilih Bisnis Anda!TIPSWIRAUSAHA.COM – Salah satu keputusan yang paling sulit dalam memulai bisnis kecil ialah bidang pekerjaan apa yang ingin Anda geluti.

Anda mungkin tidak yakin apa bakat Anda yang akan memungkinkan Anda untuk berhasil tanpa nama sebuah perusahaan yang didirikan di belakang Anda. Atau Anda mungkin unggul dalam begitu banyak bidang yang Anda tidak yakin mana yang lebih baik.

Apapun situasi Anda, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut sebelum menetapkan konsep bisnis yang akan Anda jalankan:

Kekuatan dan Minat Anda

Jika Anda mengembangkan interaksi dengan orang lain, bekerja sendiri dari meja Anda sebagai editor naskah akan membuat Anda gelisah. Jika Anda lebih suka terkena flu daripada mengangkat telepon dan menelepon orang asing, jangan mulai menjual asuransi.

Anda akan menghabiskan banyak waktu seputar bisnis Anda – mungkin lebih dari 40 jam seminggu. Idealnya, Anda harus bangun setiap pagi, merasa energik dan bergairah tentang pekerjaan yang ada di depan Anda. Paling tidak, ide bisnis kecil Anda harus menjadi sesuatu yang Anda minati dan yang bermain dengan kekuatan Anda.

Proses mencari tahu jenis bisnis apa yang ingin Anda bangun berbeda dari mencari tahu apa yang Anda inginkan ketika Anda sedang mencari pekerjaan baru lainnya. Tampaknya menakutkan karena kemungkinan terbuka lebar, tapi itu juga menjadi daya tarik utama dari bekerja untuk diri sendiri. Anda tidak perlu membatasi diri dengan resume Anda agar terlihat baik.

Apa yang membuat Anda bersemangat? Jangan takut untuk mempertimbangkan setiap kemungkinan. Bahkan orang-orang yang di awal tampaknya tidak memiliki uang – memiliki potensi, Anda dapat bekerja jika Anda cukup termotivasi.

Permintaan Potensial

Apakah ada permintaan pasar untuk produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan? Sebelum Anda berhenti dari pekerjaan Anda, Anda perlu melakukan beberapa penelitian untuk melihat apakah ide Anda memiliki potensi untuk berhasil.

Jika Anda ingin bekerja secara independen sebagai perencana keuangan, lihat apakah Anda dapat menarik klien berdasarkan mandat yang ada dan pengalaman. Jika Anda ingin menawarkan sebuah produk, maka Anda akan ingin untuk mulai melakukan riset pasar, pengujian produk dan survei.

Sulit menemukan waktu untuk mengejar bisnis Anda sendiri sementara Anda masih bekerja untuk orang lain, tapi itu cara yang paling aman untuk menguji ide Anda tanpa mengambil risiko keuangan yang besar. Dan jika Anda tidak cukup termotivasi untuk menemukan waktu untuk itu, mungkin Anda tidak benar-benar tertarik untuk memulai usaha kecil.

Pendapatan Potensial

Berapa banyak yang Anda butuhkan? Anda perlu mempertimbangkan potensi penghasilan dari setiap bisnis yang ingin Anda mulai untuk melawan pengeluaran bulanan Anda.

Berapa banyak yang ingin Anda dapatkan? Beberapa dari kita ingin menjadi kaya. Sementara yang lainnya menemukan kenyamanan walau hanya mendapatkan sedikit. Ketika memilih bidang usaha Anda, mempertimbangkan apa jenis pendapatan potensial yang bisa diperoleh tidak hanya di beberapa tahun pertama saja.

Apakah ide Anda menawarkan kemungkinan untuk ekspansi, pertumbuhan dan kemajuan karir?

Interaksi Pelanggan

Apakah Anda ingin berinteraksi dengan orang lain? Beberapa usaha kecil memilih menyendiri, sementara yang lain meminta Anda untuk keluar, terus membujuk dan menjual diri kepada orang-orang.

Gaya Hidup

Jam dan hari apa Anda ingin bekerja? Anda dapat memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jam apapun yang Anda inginkan. Banyak perusahaan mengharuskan Anda bekerja sesuai dengan jadwal klien Anda. Ini berarti mengatur hidup Anda agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Berapa jam dalam seminggu Anda ingin bekerja? Jika Anda memutuskan untuk membuka sebuah restoran, Anda mungkin ingin membuat kamar tidur di kantor Anda – jika Anda memiliki harapan untuk bisa tidur lagi. Sebuah bisnis berbasis penjualan yang melibatkan komisi besar, di sisi lain, bisa meninggalkan Anda dengan lebih banyak waktu luang jika Anda cukup terampil.

Berapa banyak waktu yang Anda bisa habiskan jauh dari rumah? Bagi sebagian orang, kemampuan untuk tinggal di rumah sepanjang hari adalah minat utama menjadi pemilik bisnis kecil, tapi tidak semua usaha kecil adalah bisnis rumahan.

Menjadi konsultan mungkin mengharuskan Anda untuk menghadiri banyak pertemuan dan sering bepergian. Membuka butik dan Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di toko Anda, paling tidak pada awalnya.

Setelah mengetahui bisnis apa yang Anda ingin lakukan, saatnya untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa mendapatkannya.