Memulai Bisnis Jasa

Memulai Bisnis JasaTIPSWIRAUSAHA.COM – Siapa yang bisa menjual jasa? Jawabannya sederhana, Siapapun dan semua orang.

Semua orang memenuhi syarat karena masing-masing dari kita memiliki keterampilan, pengetahuan atau pengalaman yang orang lain bersedia membayar dalam bentuk jasa; atau mereka bersedia membayar Anda untuk mengajari mereka keterampilan atau pengetahuan khusus.

Menjual jasa tidak mengenal batas, mereka dengan kebutuhan atau keinginan untuk mendapatkan uang ekstra, bekerja dari rumah, atau memulai dan menjalankan bisnis penuh waktu, bisa menjual jasa tanpa memandang usia, pengalaman bisnis, pendidikan atau sumber daya keuangan saat ini.

Ada banyak keuntungan yang terkait dengan memulai bisnis jasa Anda sendiri. Mungkin keuntungan terbesar adalah Anda menjadi bos diri Anda sendiri, mengendalikan masa depan Anda sendiri.

Mengoperasikan bisnis Anda sendiri juga memberikan potensi untuk mendapatkan lebih banyak uang, dalam beberapa kasus malah dua, lima atau bahkan sepuluh kali lebih besar dari pendapatan Anda saat ini.

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda dapat menduplikasi diri dengan mempekerjakan karyawan dan tenaga penjualan untuk meningkatkan pendapatan; Anda dapat menduplikasi pelanggan Anda dan menemukan lebih banyak orang seperti mereka untuk membeli jasa Anda; dan Anda dapat menduplikasi model bisnis Anda dan membuka di wilayah geografis baru untuk melayani lebih banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan lebih besar.

Manfaatkan Keterampilan Anda

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki keterampilan bisnis dan pengalaman di berbagai bidang seperti manajemen waktu, negosiasi, pembukuan dan kemampuan untuk membuat iklan yang efektif. Tidak ada yang meragukan, semua keterampilan penting untuk dimiliki, tapi pada saat yang sama mereka juga merupakan keterampilan yang dapat dipelajari dan dikuasai dengan praktek.

Pertanyaan yang lebih penting adalah: “Keterampilan apa yang dapat Anda jual sebagai jasa?”

Apapun keterampilan yang Anda miliki bisa menjadi aset. Anda mungkin berpikir pengetahuan atau keahlian khusus Anda nilainya tak seberapa, tetapi jika orang lain membutuhkan atau ingin belajar tentang pengetahuan itu, itu sangat berharga bagi mereka.

Menjual Jasa Paruh Waktu

Pilihan pertama adalah memulai menjual jasa Anda secara paruh waktu, yang merupakan ide yang baik karena memungkinkan Anda untuk menghilangkan risiko dengan membatasi investasi keuangan Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menguji, untuk memastikan bahwa menjadi wiraswasta adalah sesuatu yang Anda nikmati dan ingin kejar.

Jika semua berjalan dengan baik, Anda dapat memutuskan untuk bertransisi dari pekerjaan Anda saat ini, mencurahkan lebih banyak waktu untuk perusahaan baru Anda setiap minggu, sambil mengurangi waktu pada pekerjaan Anda saat ini sampai Anda bekerja di bisnis baru Anda secara penuh waktu.

Ada banyak keuntungan untuk memulai dengan paruh waktu, termasuk menjaga pendapatan mengalir masuk, mengambil keuntungan dari manfaat kesehatan dan karyawan saat ini, dan membangun bisnis Anda selama jangka waktu yang lama, yang umumnya memberikan dasar yang lebih stabil.

Jika ternyata Anda bukan tipe orang yang nyaman menjadi bos, Anda hanya mempertaruhkan sedikit dan masih memiliki keamanan pekerjaan Anda.

Tentu saja, jika ambisi Anda hanya untuk mendapatkan uang tambahan guna membayar hipotek, menabung untuk pensiun, melanjutkan sekolah, atau melunasi kartu kredit, menjual jasa paruh waktu adalah pilihan yang sempurna. Sangat penting untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan dan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Menjual Jasa Penuh Waktu

Anda juga bisa melompat dengan kedua kaki dan mulai bisnis menjual jasa Anda penuh waktu. Pilihan ini akan menarik bagi orang-orang tanpa pekerjaan saat ini atau mereka yang percaya diri mampu menjadi bos dan menjalankan usaha.

Tidak ada yang salah dengan mulai dari penuh-waktu, terutama jika Anda mengambil waktu yang dibutuhkan untuk penelitian bisnis, industri dan pasar. Anda juga harus mengembangkan rencana bisnis dan pemasaran, dan memiliki sumber daya keuangan yang diperlukan untuk memulai bisnis dan membayarnya sendiri hingga akhirnya memperoleh keuntungkan.

Kelemahan utama memulai dengan penuh waktu ialah risikonya. Jika Anda melompat dari kapal dan meninggalkan pekerjaan Anda, Anda berisiko kehilangan imbalan kerja saat ini dan tidak memiliki jaminan penghasilan tetap.

Namun, memulai dari penuh waktu juga memiliki manfaat potensial, termasuk kesempatan untuk membuat lebih banyak uang daripada yang Anda dapat dari pekerjaan Anda saat ini, dan untuk mendapatkan kontrol dari masa depan Anda. Keputusan Anda untuk mengoperasikan bisnis baru Anda secara penuh waktu akan sangat ditentukan oleh situasi keuangan Anda saat ini.

Menjual Jasa Musiman

Pilihan lain adalah memulai bisnis jasa musiman, yang dapat dioperasikan dengan penuh atau paruh waktu. Tapi kebanyakan menjalankannya secara penuh waktu untuk memaksimalkan pendapatan dan keuntungan selama rentang waktu yang singkat.

Usaha musiman akan menarik bagi orang-orang yang ingin kemampuannya dapat menghasilkan uang yang cukup selama beberapa tahun untuk melakukan apa yang mereka harapkan dengan sisa tahun – berwisata, melanjutkan pendidikan, atau melakukan usaha musiman lainnya.

Kelemahan utama untuk bisnis musiman, terutama yang dapat dioperasikan sepanjang tahun, adalah bahwa Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang dan ratusan jam untuk mempromosikan bisnis Anda hanya untuk menutupinya selama setengah tahun ke depan, membuat pelanggan potensial berlari ke pesaing Anda saat usaha musiman Anda sedang tutup. Terbukti sulit untuk menarik pelanggan Anda lagi ketika Anda membuka kembali bisnis Anda.

Menjual Jasa Untuk Tambahan Pensiun

Pilihan keempat adalah untuk menjual jasa untuk menambah penghasilan pensiun Anda atau hanya untuk bersenang-senang dan tetap aktif di tahun emas Anda. Bisnis pensiun telah menjadi sangat populer di dekade terakhir, terutama karena biaya hidup telah meningkat secara dramatis, sering melampaui upah dan tabungan pensiun.

Kompabilitas Finansial

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis menjual jasa, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan tentang kompatibilitas finansial – Pendapatan dan uang investasi. Pertama, ketika memutuskan apa jenis layanan untuk dijual, Anda harus mempertimbangkan berapa banyak uang yang Anda ingin dapatkan dan berapa banyak uang yang Anda butuhkan.

Berapa banyak uang yang Anda ingin mendapatkan menggambarkan seberapa ambisius Anda. Sekali lagi, Anda harus realistis dan relatif yakin terhadap pilihan jasa yang ingin Anda jual.

Masalah kompatibilitas finansial besar kedua mempengaruhi keputusan Anda tentang bisnis apa yang Anda mulai atau beli, adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk memulai atau membeli bisnis. Anda tidak hanya harus memiliki akses pada investasi yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan, tetapi Anda juga akan membutuhkan uang tambahan untuk modal kerja, untuk menutupi biaya operasional sehari-hari sampai bisnis mencapai arus kas positif. Hal ini dapat mengambil waktu seminggu, sebulan atau bahkan setahun.

Menemukan Pasangan Tepat

Anda juga harus sangat cocok untuk memulai dan menjalankan bisnis dan layanan yang Anda sedang pertimbangkan. Anda dan bisnis Anda harus menjadi pasangan yang baik. Anda mungkin memiliki kepentingan dan bahkan pengalaman dalam bisnis tertentu atau dalam memberikan jasa tertentu, tapi hal tersebut tidak selalu berarti cocok.

(photo: http://businesscashadvance.co/)