Tips Agar Tidak Bingung Memulai Usaha dengan Modal Kecil

modal usaha 10 jutaTIPSWIRAUSAHA.COM – Kesuksesan tidak akan pernah datang jika Anda hanya duduk diam dan berongkang-ongkang kaki. Setiap usaha yang dilaksanakan dengan keseriusan dan sepenuh hatilah yang akan mengantarkan Anda menuju ke gerbang kesuksesan.

Tiap usaha tentunya akan mendapatkan rintangan dan untuk menuju jalan kesuksesan, rintangan yang dihadapi tidaklah ringan. Segalanya mesti diawali dengan keringat, bersimbah peluh, jatuh bangun yang bahkan bisa mematahkan semangat Anda untuk berusaha.

Berbagai macam kondisi terkadang membuat kita ragu untuk melangkah. Misalkan saja sebuah kondisi dimana Anda memiliki modal 10 juta rupiah namun tidak tahu harus berbisnis apa? Bahkan dalam benak Anda timbul sebuah ganjalan dengan modal yang Anda miliki apakah sudah bisa menjalankan sebuah usaha?

Memang dalam kondisi seperti saat ini uang 10 juta rupiah bukanlah sebuah nilai yang besar mengingat mahalnya harga bahan baku, namun buang jauh-jauh keraguan Anda untuk tidak memulainya. Meski berat namun jika tidak dimulai dari sekarang sama juga bohong.

Untuk memulai usaha sebaiknya mulailah dari titik nol. Usaha yang dirintis dari bawah akan memberikan fondasi kuat serta pengalaman usaha yang berharga. Pengalaman tersebut yang akan mengantar Anda menjadi pengusaha sukses dan besar.

Lihat saja beberapa pengusaha besar Indonesia seperti Om Bob Sadino, Om Liem, Eka Tjipta Widjaja dan beberapa konglomerat lainnya yang merintis kerajaan bisnis mereka dari bawah. Pengalaman bertarung dengan peruntungan nasib dan kegigihan mereka menjalani proses yang mematangkan mereka dalam bisnis hingga akhirnya menjadi seorang miliarder.

Dengan modal minim, sebenarnya kita diajarkan bagaimana menjadi pengusaha yang tangguh dan menghargai proses. Sabar dalam berusaha serta tekun dalam menjalaninya. Oleh karena itu segera tentukan jenis usaha apa yang Anda akan jalani dan yakinkan diri Anda bahwa dengan bisnis ini Anda akan menjadi seorang pengusaha besar kelak.

Ketika konsep bisnis telah ditemukan maka usaha siap untuk dijalankan. Saatnya Anda memulai persiapan usaha tersebut. Belajarlah dan kenali usaha yang ingin Anda jalankan.

Untuk meminimalisir resiko dalam bisnis Anda akibat kesalahan perencanaan, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan. Secara umum, hal yang Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis adalah produk, manajemen, analisa pasar, bagaimana strategi pemasarannya dan tentu saja perencanaan keuangan.

Produk yang ingin Anda Jual

Ada beberapa hal yang menyangkut masalah produk yang ingin Anda jual, yaitu :

  • Keunggulan dari produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang sejenis
  • Adakah nilai lebih yang dimiliki produk tersebut ketimbang pesaingnya
  • Bahan baku, cara memperolehnya dan biayanya
  • Apakah membutuhkan keahlian tertentu untuk membuat produk tersebut, serta informasi teknologi untuk menghasilkannya.
  • Bentuk kemasan dan kualitas produk yang bisa menarik pelanggan.

Manajemen Usaha

Ada beberapa hal yang menyangkut manajemen usaha yang akan Anda jalankan, yaitu :

  • Siapakah pemilik usaha ini?
  • Jika ada orang lain, apa saja tugas dan sejauh mana wewenangnya?
  • Sangat disarankan kepada Anda yang baru memulai usaha untuk menggunakan sistem kepemimpinan tunggal, yang tujuannya agar dalam usaha yang Anda jalani tidak ada kebijakan tumpang tindih dan pembagian tugas jelas.
  • Berapa jumlah ruangan yang dibutuhkan dan seberapa besar space yang dibutuhkan untuk usaha ini?
  • Bagaimana dengan pengiriman, pengantaran, apakah ada pengepakan atau pengemasan yang harus dilakukan?
  • Bagaimana dengan jalur operasional usaha ini?

Analisa Pasar

Sebelum menjual produk, Anda perlu untuk menganalisa pasar terlebih dahulu agar lebih jelas jalur operasional penjualan Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Target konsumen produk Anda

Uji coba produk pada konsumen, mencari tahu tanggapan konsumen terhadap produk Anda sekaligus melihat seberapa besar animonya. Dengan begitu anda bisa mengetahui berapa target kebutuhan konsumen akan produk Anda.

Anda juga bisa menentukan target pemenuhan produk tersebut. Anda perlu mencari tahu siapa kompetitor Anda dan bagaimana cara mereka melayani dan menjalankan usahanya.

Bagaimana Strategi Pemasarannya

Pemasaran merupakan ujung tombak dari usaha yang Anda jalani. Untung rugi usaha Anda juga tergantung dengan bagaimana cara Anda memasarkan produk yang Anda jual. Berikut ini merupakan hal yang perlu Anda persiapkan untuk pemasaran produk:

  • Apa nama brand (merek ) produk Anda? Nantinya Pastikan produk yang Anda miliki sudah terdaftar di dinas terkait
  • Jika sudah ada, apakah nama tersebut mudah diingat atau diucapkan.
  • Bagaimana cara Anda mempromosikannya? Anda bisa memilih menggunakan sales, melalui media sosial, media cetak atau kah menggunakan internet atau website.
  • Untuk pemasaran produk apakah, konsumen harus datang ke tempat Anda atau Anda yang mendatangi mereka.
  • JIka konsumen yang akan mendatangi Anda, apakah tempat jualan Anda mudah untuk dijangkau?

Perencanaan Keuangan

Keuangan merupakan hal yang paling krusial dalam menjalankan usaha. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk perencanaan keuangan usaha Anda.

  • Berapa kebutuhan total investasi Anda?
  • Darimana kebutuhan modal tersebut dapat terpenuhi, apakah dari tabungan atau pinjaman?
  • Darimana pendapatan usaha ini berasal?
  • Berapa banyak jenis produk yang ingin Anda produksi, berapa jumlah produksinya, harga per pcs nya dan berapa target penjualan produk tersebut?
  • Pertimbangkan berapa harga bahan baku, biaya operasional, biaya pengangkutan?
  • Hitung pula berapa keuntungan bersih tiap bulannya dan perkirakan berapa lama Anda bisa balik modal atau ROI (Return of Investment)

Demikianlah beberapa tips penting agar Anda tidak bingung ketika memulai sebuah usaha kecil. Semoga bermanfaat!