Cara Berbisnis Bakmi Surabaya

Usaha Bakmi SurabayaTIPSWIRAUSAHA.COM ~ Nama kota Surabaya lekat dengan berbagai macam jenis kuliner di tanah air kita. Contohnya saja ayam goreng surabaya dan usaha bakmi Surabaya.

Kelezatan kuliner dari kota Surabaya memang sudah dikenal oleh banyak orang sehingga tidak heran bila banyak pedagang yang memanfaatkan nama Surabaya di dagangannya untuk menarik pelanggan.

Jika Anda punya ketertarikan yang sama Anda bisa mencoba membuka usaha Bakmi Surabaya di tempat Anda.

Perlu Anda ingat, yang dicari konsumen dari bakmi surabaya ini adalah citarasanya yang khas. Rasa pedas yang pas yang membuat makanan ini memiliki tempat tersendiri di masyarakat.

Mari kita analisa bagaimana cara berbisnis bakmi Surabaya.

Menu dan Harga Bakmi Surabaya

Bakmi Surabaya biasanya disajikan dengan 2 pilihan yaitu bakmi goreng dan bakmi kuah atau rebus. Sebagai menu tambahan pedagang bakmi surabaya juga biasanya menambahkan nasi goreng spesial dan nasi goreng gila.

Sebenarnya menu tidak harus monoton tergantung kreasi Anda. Anda bisa mengkreasikan sendiri menu utama dan juga menu tambahannya. Tujuannya agar kebutuhan konsumen bisa terpenuhi dan tidak harus berpindah kesana kemari.

Anda bisa mengkreasikan menu utama misalnya Bakmi Surabaya Spesial, Bakmi Surabaya Tokcer dan lain-lain. Lalu apa yang membedakan dari ragam menu tersebut? Anda bisa mengkreasikan toping misalnya untuk bakmi surabaya Spesial topingnya lebih lengkap dan untuk bakmi surabaya tokcer adalah bakmi yang level kepedasan kuahnya bisa dipilih.

Untuk harga perporsi bisa Anda sesuaikan dengan toping yang digunakan. Umumnya bakmi surabaya dijual dengan harga Rp 6000 –  Rp 7.500 / porsinya.

Peralatan Usaha Bakmi Surabaya

Berdagang Bakmi Surabaya tidaklah membutuhkan peralatan yang sulit dan juga bahan baku yang susah didapatkan.  Peralatan yang dibutuhkan diantaranya : gerobak untuk menyimpan berbagai macam bumbu dan juga bahan masakan dan berbagai macam peralatan untuk memasak seperti wajan, kompor gas dan minyak goreng.

Bahan baku yang dibutuhkan tentu saja mie, kwetiau, nasi, sayuran dan bahan pelengkap seperti telur, ayam, hati ampela, nasi, cabai dan lain sebagainya.

Proses Pembuatan Bakmi Surabaya

Ada berbagai macam resep bakmi surabaya yang dengan mudah bisa Anda dapatkan di buku atau di internet untuk lebih gampangnya. Cara memasak bakmi surabaya cukup mudah untuk dipelajari.

Pertama Anda bisa memasukkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kecap asin, kemudian masukkan telur ayam yang di oseng dengan sedikit minyak sampai harum. Setelah itu Anda bisa memasukkan sayuran kemudian aduk hingga rata.

Jika proses diatas sudah selesai tambahkan sedikit air, saus dan sedikit penyedap. Aduk semua bahan hingga rata.  Proses terakhir barulah anda memasukkan mie nya kemudian ditambahkan kecap manis sesuai dengan selera.

Anda bisa mengkreasikannya sendiri. Resep dan cara membuat bakmi surabaya juga bisa Anda pelajari di youtube. Proses trial error harus Anda lakukan untuk menemukan racikan yang pas.

Perkiraan Keuntungan dari Usaha Bakmi Surabaya

Dengan lokasi yang strategis dan pelayanan prima, berikut ini perkiraan pemasukan yang bisa Anda raih:

Pemasukan

  • Pemasukan rata rata per harinya  Rp 3.000.000,00-
  • Pemasukan 1 bulan : 30 x Rp. 300.000,00- = Rp. 9.000.000,00-

Pengeluaran

Pengeluaran per bulan meliputi:

  • Belanja bahan masakan : Rp. 160.000,00- x 30 = Rp 4.800.000,00-
  • Listrik : Rp. 50.000
  • Transportasi : Rp. 150.000
  • Sewa Tempat : Rp. 200.000

Total pengeluaran : Rp 5.200.000,00-

Keuntungan Bersih Per Bulannya :

Dengan melihat kalkulasi pemasukan dan pengeluaran di atas, maka kita bisa menghitung potensi keuntungan bisnis jualan bakmi Surabaya ini, yaitu: Rp. 9.000.000,00 – Rp 5.200.000,00 = Rp 3.800.000,00-.

Bagaimana menurut Anda? Cukup menarik, bukan?