Tips Mencapai Kesuksesan Finansial

Tips Mencapai Kesuksesan Finansial TIPSWIRAUSAHA.COM – Ada banyak miliarder di dunia ini saat ini, tapi bagaimana mereka sampai ke tingkat finansial tersebut mungkin akan mengejutkan Anda.

Mereka tidak mencolok, bukan seorang pemboros seperti yang Anda saksikan di banyak acara spesial Hollywood. Bahkan, banyak dari mereka hidup cukup hemat.

Berikut adalah tips menyimpan uang dari beberapa orang yang paling kaya di dunia:

Michael Bloomberg: Bertahanlah dengan apa yang terbaik

Michael Bloomberg dikenal sebagai salah satu walikota yang paling kontroversial dari New York City, dan pemegang saham mayoritas di Bloomberg LP, perusahaan informasi keuangan internasional.

Tapi satu hal yang kebanyakan orang tidak tahu tentang Walikota Bloomberg adalah kenyataan bahwa selama 10 tahun terakhir ia hanya memiliki dua pasang sepatu kerja. Keduanya memberikan kenyamanan dan fungsionalitas bagi sang miliarder.

Ia tahu apa yang terbaik untuknya dan memilih menyimpan uangnya untuk hal-hal lain daripada menghabiskan banyak untuk sepatu yang tidak akan pernah benar-benar dipakai.

Bill Gates: Belajar dari kesalahan masa lalu

Membuat kesalahan dengan uang adalah umum terjadi dalam hidup. Kita semua melakukannya, tetapi orang-orang yang akhirnya mencapai kesuksesan finansial dalam hidup tidak hanya membuat kesalahan, tetapi lebih penting lagi, belajar dari kesalahan tersebut.

Ingvar Kamprad: Hindari pengeluaran yang tidak perlu

Ingvar Kamprad, pendiri IKEA, percaya bahwa beberapa pengeluaran tidak diperlukan bahkan jika Anda memiliki banyak uang untuk dihamburkan.

Seperti banyak orang super kaya lainnya, ia lebih memilih untuk terbang dengan kelas ekonomi, bukan dengan jet pribadi. Dalam memoarnya, Kamprad menulis: “Kita tidak perlu mobil mewah, status mengesankan, seragam atau simbol status lainnya. Kita mengandalkan kekuatan dan keinginan kita!”

Warren Buffet: Belilah rumah yang sesuai dengan kebutuhan

Warren Buffet adalah contoh klasik dari peraturan ini. Ia masih tinggal di rumah di Omaha, Nebraska yang ia beli pada tahun 1958 dengan hanya $31.500.

Meskipun memiliki miliaran dolar, Buffet tidak menemukan alasan untuk tinggal di sebuah rumah yang sangat besar hanya karena ia mampu membelinya. Sebaliknya, ia nyaman di rumahnya yang sederhana.

Oprah Winfrey: Temukan passion sejati Anda

“Anda menjadi apa yang Anda percaya. Anda berada di mana Anda berada saat ini dalam hidup Anda berdasarkan segala sesuatu yang Anda percaya,” katanya.

Cari tahu apa yang Anda sukai, dan kemudian mengejarnya dengan segala sesuatu yang Anda miliki akan sering memberikan imbalan terbaik dalam hidup Anda.

Richard Branson: Tetapkan tujuan dan lakukan segalanya dengan kekuatan Anda untuk mencapainya

Miliarder Inggris dan pendiri Virgin Group, Richard Branson pernah memulai dengan hanya daftar tujuan. Daftar tersebut bahkan tidak begitu realistis, tapi ia menetapkan tujuan-tujuan tersebut dan berusaha.

Carlos Slim Helú: Mulai menabung lebih dini

Carlos Slim, pengusaha Meksiko yang baru-baru ini tercatat sebagai orang terkaya di dunia, menawarkan salah satu tips yang paling penting jika Anda ingin menikmati kesuksesan finansial. Mulai menyimpan penghasilan Anda sedini mungkin. Semakin cepat Anda mulai menabung uang Anda dan mengelolanya dengan baik, semakin baik bagi Anda di kemudian hari.

John Caudwell: Gunakan mode transportasi alternatif

Pengusaha Inggris ini telah membuat peruntungan di industri ponsel, tapi itu tidak berarti ia merasa perlu untuk berkeliling dengan mobil mencolok dan memamerkan kekayaannya.

Bahkan, ia masih menikmati berjalan, naik sepeda dan menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke suatu tempat.

David Cheriton: Pelajari apa yang dapat Anda lakukan sendiri

David Cheriton adalah salah satu investor pertama di Google dan menikmati hasilnya sejak awal dengan investasinya sebesar $100.000 pada tahun 1998. Namun ia menolak untuk pergi ke tukang cukur dan memotong rambutnya sendiri.

Bahkan tabungan yang tampaknya kecil ini akan semakin banyak, terutama ketika Anda mengadopsi ke area lain dari kehidupan Anda. Bayangkan berapa banyak uang yang Anda dapat berikan pada orang lain untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya Anda mampu lakukan sendiri.

Mark Zuckerberg: Mengendarai kendaraan sederhana

Bahkan pendiri Facebook hidup hemat dalam banyak cara. Salah satunya adalah fakta bahwa ia mengendarai sedan sederhana. Padahal ia bisa membeli mobil apapun yang ia inginkan, tapi ia malah memilih kendaraan sederhana dan praktis.

John Donald MacArthur: Buat anggaran dan taati

MacArthur, yang merupakan pemegang saham tunggal dari Bankers Life dan Casualty Company of Chicago, memulai karir bisnisnya dengan salah satu akuisisi kecil dan kemudian membangunnya. Meskipun hidup di era mewah dan glamor di Hollywood, MacArthur menolak untuk mengikuti gaya hidup tersebut dan memilih hidup hemat.

Rose Kennedy: Kreatiflah dan cari alternatif belanja

Rose Kennedy yang terkenal karena menjadi ibu pemimpin keluarga yang tidak terkenal, tapi taktik menabungnya cukup mengejutkan melihat jumlah kekayaan yang terakumulasi.

Alih-alih membeli kertas memo, ia akan menunggu hingga akhir tahun dan membeli kalender meja tua yang usang. Ini cenderung jauh lebih murah daripada kertas memo, yang memungkinkan dirinya untuk menghemat bahkan hal-hal terkecil.

T. Boone Pickens: Buat daftar belanja dan bawa uang tunai secukupnya

Saat berbelanja, bawalah sejumlah uang yang benar-benar Anda butuhkan untuk daftar belanja Anda. Pickens selalu berlatih satu cara yang pasti untuk membantu menghemat uang; ia tidak pernah membawa lebih banyak uang dalam dompetnya dari yang ia butuhkan.

Jim Walton: Anda tidak selalu butuh yang terbaru dan terbaik

Walton, putra bungsu pendiri WalMart Sam Walton, menjalani hidup hemat seperti yang diajarkan ayahnya. Meskipun kaya, ia masih mengendarai sebuah truk pick-up yang berusia lebih dari 15 tahun.

Donald Trump: Bekerja keras

Donald Trump mencapai keberhasilan karena etos kerjanya. Banyak orang luar melihat Trump sebagai sosok yang “beruntung” dalam dunia keuangan, tetapi Trump mengatakan bahwa keberuntungan datang dari kerja keras.

Robert Kuok: Menangkap peluang selagi bisa

Robert Kuok, orang terkaya di Malaysia, hidup hanya dengan aturan yang ia pelajari dari ibunya, yaitu jangan pernah serakah, jangan mengambil keuntungan dari orang lain, dan selalu memiliki moral yang tinggi ketika berurusan dengan uang.

Kuok menjelaskan bahwa untuk mencapai kesuksesan finansial, Anda harus berani dan selalu menangkap peluang karena mereka datang dengan cara Anda, bahkan ketika orang lain meragukan kemampuan Anda.

Li Ka-shing: Hidup dengan kerendahan hati

Kerajaan yang dibangunnya meliputi 52 negara dan mempekerjakan lebih dari 270.000, namun ia dulunya putus sekolah. Ia mencapai kesuksesan yang luar biasa untuk hidup dengan bersikap rendah hati dan sederhana.

Jack Ma: Pelanggan selalu menjadi yang pertama

Jack Ma, pendiri Alibaba Group dan seorang miliarder, percaya bahwa pelanggan harus selalu menjadi prioritas pertama. Di belakang pelanggan, ada karyawan dan di baris terakhir ada pemegang saham. Ma percaya bahwa sikap seseorang dalam menjalani hidup lebih penting daripada kemampuannya.

Howard Schultz: Sadarilah bahwa uang bukanlah segalanya

Howard Schultz, Chairman dan CEO Starbucks, menyatakan bahwa nilai-nilai seseorang jauh lebih penting daripada kekayaan bersih yang dimilikinya.