Tips Membuka Toko Komputer

peluang bisnis toko komputerZaman Sekarang membuka usaha sendiri adalah suatu solusi bagi pemecahan masalah mengenai keuangan yang dirasa kurang memuaskan. Tapi layaknya suatu usaha sendiri dibutuhkan dedikasi dan integritas yang tinggi tidak seperti seorang karyawan yang bergantung pada bos-nya, maka pengusaha atau pemiliki toko harus mengandalkan kemampuan diri sendiri dan harus mampu memanfaatkan kekuatan orang lain.

Anda bisa memulai bisnis Anda sendiri dengan menyusun toko komputer Anda sendiri. Sebelum membuka toko komputer Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut akan menentukan keberhasilan bisnis Anda.

Membangun bisnis akan lebih mudah dengan meminta bantuan dari orang-orang yang Anda tahu telah lebih dulu berkecimpung di dunia bisnis. Yang paling penting Anda harus terlebih dahulu mencintai apa yang Anda lakukan sehingga bisnis yang Anda geluti akan berhasil.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai toko komputer Anda:

Sebelum memulai Anda harus bertanya pada diri sendiri apa jenis toko komputer yang Anda rencanakan. Toko komputer Anda bisa menjual merek komputer baru atau notebook, menjual komputer bekas, atau menjadi toko hardware, toko komputer grosir bahkan toko internet. Bisa juga dengan menjual perangkat komputer secara umum (menggabungkan 2 jenis toko) misalnya menjual komputer dan aksesorisnya. Atau menjual komputer baru dan bekas.

Apabila Anda telah menetapkan tujuan untuk toko komputer, Anda harus menetapkan anggaran yang akan Anda  habiskan untuk bisnis Anda tersebut. Anda tidak selalu harus merogoh uang dalam setiap aspek bisnis yang Anda jalankan. Ataupun Anda akan menjual komputer bekas, Anda bisa meminta teman atau kerabat untuk menyumbangkan komputer lama atau spare partnya.

Pilih tempat bisnis, Anda harus mempertimbangkan kompetitor Anda Periksa untuk melihat apakah ada toko komputer lain di daerah yang sama yang memiliki produk dan layanan yang sama pula seperti yang Anda lakukan. Cara terbaik untuk memulai bisnis yaitu pilihlah lokasi di mana Anda tidak memiliki persaingan.

Dapatkan izin yang diperlukan, ada lisensi yang berbeda dan izin yang harus Anda  dapatkan untuk memulai bisnis. Ini diperlukan agar Anda dapat beroperasi secara legal. Dapatkan dokumen yang Anda butuhkan sebelum membuka bisnis. Pilihlah nama untuk toko Anda yang akan menempel di benak pelanggan. Pilih nama yang berbeda dari sejumlah nama dan pastikan bahwa Anda adalah satu-satunya yang memiliki nama itu.

Promosikan toko Anda dan beritahu teman dan keluarga tentang toko komputer yang Anda miliki sehingga mereka dapat menyebarkan berita kepada orang lain. Anda juga dapat beriklan di koran lokal, papan buletin, atau bahkan posting di FB atau memberikan selebaran di jalan-jalan.

Ketika bisnis Anda sudah berjalan, maka akan lebih baik jika Anda menambahkan lebih banyak produk toko Anda seperti, menambahkan bagian aksesoris ataupun software. Anda bahkan bisa menambahkan bagian di mana pelanggan Anda bisa online. Ini merupakan langkah dasar yang Anda akan harus lalui dalam mendirikan sebuah toko komputer. Cara terbaik adalah Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai semua jenis bisnis.

Inti dalam suatu bisnis sekali lagi yaitu tetap fokus apa pun bisnis yang Anda lakukan sekarang tetaplah selalu fokus pada bisnis Anda , jangan hanya karena ada halangan kecil atau melihat teman sukses dalam bisnis lainnya Anda jadi tidak fokus akan usaha Anda. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa dalam dunia bisnis pada tahun pertama merupakan tahun yang amat berat bagi toko yang baru buka. maka usahakan Anda selalu menyiapkan dana operasional selama satu tahun. Sekian dulu pembahasan Bagaimana Cara Membuka Toko Komputer , semoga bermanfaat bagi Anda.