Alternatif Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

kredit usaha rakyatTIPSWIRAUSAHA.COM – Rasanya keren dan bangga ya jika punya usaha. Bisa menghidupi diri sendiri dan juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Tetapi sangat disayangkan kalau usaha yang kita ingin geluti hanya sebatas niat dan angan-angan saja. Perlu ada aksi untuk mewujudkan impian tersebut.

Langkah awal untuk membuka usaha ya harus ada ide bisnisnya terlebih dahulu. Setelah itu barulah merencanakan seberapa besar skala usahanya, mencari tahu siapa saja kompetitornya dan bagaimana cara mendapatkan bahan baku nya.

Ide bisnis biasanya timbul dari hobi seseorang. Karena yang akan digeluti itu hobi tentu menjalaninya lebih mudah dan lebih besar kemauan untuk mewujudkannya.  Beberapa pengusaha besar di dunia ini memulai usahanya dari hobi.

Jika ide bisnis telah didapatkan, informasi tentang usaha tersebut juga sudah lengkap, calon wirausahawan biasanya terbentur pada masalah modal. Nah modal usaha bisa Anda dapatkan dari tabungan jika saldo anda mencukupi . Kalau tabungan tak mencukupi solusinya bisa mencari pinjaman pada teman dan keluarga.

Sibuk cari pinjaman sana sini belum juga ada yang ngasih, tidak perlu putus asa dan jangan sampai salah langkah. Jangan mencari modal usaha pada lintah darat atau rentenir. Alih-alih mau untung bisa bisa malah buntung.

Selalu ada jalan menuju kesuksesan, yang jelas Anda mau bersungguh-sungguh. Cara mendapatkan alternatif pinjaman modal,bisa dengan ikut program pembiayaan dari pemerintah.

Pemerintah melalui kementerian koperasi memberikan kemudahan dengan layanan kredit usaha rakyat (KUR) . Alternatif pinjaman modal ini memang diarahkan untuk membiayai wirausaha pemula dan juga mahasiswa yang ingin berbisnis. Sayangnya nilai pinjaman yang diberikan tidaklah besar. Hanya maksimal sampai Rp 20 juta  saja (tanpa jaminan tambahan).