Peluang Usaha Membuka Kedai Kopi

Tips Membuka Usaha WarkopKopi sudah sejak lama telah dianggap sebagai minuman populer yang secara turun temurun dan sudah menjadi ciri khas Indonesia.

Indonesia selain identik sebagai Negara penghasil kopi di dunia, di Indonesia juga sudah sangat khas dengan keberadaan usaha warung kopi yang biasanya berada di pinggir pingir jalan hingga kedai kopi modern yang sangat potensial untuk di dijadikan salah satu peluang usaha.

Usaha kedai kopi ini selalu menjanjikan serta menguntungkan, mengingat tradisi minum kopi yang telang manjadi trend atau gaya hidup masyarakat Indonesia.

Selain itu, fungsi kedai kopi yang sering dijadikan tempat istirahat atau melepas lelah setelah pulang kerja, tempat bersantai, tempat diskusi pekerjaan, tempat bernegosiasi, tembapt transaksi bisnis, serta seringkali dijadikan tempat meeting atau yang lain sebaginya.

Ada beberapa hal dan persiapan saat Anda hendak membuka bisnis kedai kopi ini. Pada kesempatan ini kita akan membahas persiapan dari peluang usaha kedai kopi.

Persiapan Usaha Kedai Kopi

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuka atau merintis usaha kedai kopi:

Lokasi Usaha

Pikirkanlah lokasi usaha kedai kopi yang tepat serta strategis . lakukanlah pengamatan lokasi atau survey-lah daerah sekitar lingkungan Anda yang banyak dilalui orang dan dekat dengan keramaian seperti pusat belanja, kampus, perkantoran, sekolahan dan lain lain.

Survey pasar dan konsumen

Sebelum memulai usaha kedai kopi ini, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi usaha kedai kopi yang lain serta mencari tahu minat para konsumen dan jenis minuman kopi kesukaanya, serta lihat dari kedai kopi yang lain yang bisa Anda jadikan ide usaha pada kedai kopi Anda seperti desain kedainya, menu yang ada di kedainya, pelayanannya, serta tarifnya dan lain sebagainya.

Perijinan usaha

Janganlah Anda melawatkan hal ini, karena jika tidak ada perijinan usaha akan membahayakan usaha atau bisnis Anda. Demi kelancaran usaha kedai kopi Anda, sebaiknya selesaikan dahulu  perijinan usaha yang diwajibkan lapor ke pihak yang berwenang serta penuhi persyaratan yang dibutuhkan sehingga di masa depan Anda dapat terhindar dari masalah perijinan yang tidak diinginkan.

Menu pada kedai

Hal yang harus diperhatikan yaitu dengan menyediakan berbagai jenis menu minuman kopi serta makanan pendamping yang cocok dijual sebagai teman minum kopi.

Pemilihan sumber daya manusia

Dalam hal merintis usaha kedai kopi ini hal yang penting adalah pemilihan sumber daya manusia. Pekerjakanlah beberapa karyawan yang kompeten dalam melayani konsumen dengan ramah dan mengerti cara meracik kopi yang baik dan lezat.

Jika usaha Anda sudah berkembang, Anda bisa menambah pegawai yang kompeten untuk membantu usaha Anda agar lancar.

Mental usaha yang kuat

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses Anda harus memiliki sikap mental yang selalu optimis dan tidak pernah takut akan mengalami kegagalan.

Maka dari itu, persiapkanlah diri Anda terhadap berbagai persaingan usaha yang akan muncul di pasar dengan terus memperlajari berbagai hal mengenai usaha kopi dan melakukan berbagai macam inovasi usah pada kedai kopi Anda seperti memodifikasi menu, merenovasi desain kedai kopi Anda dan lain lain.

Strategi Promosi

Dalam menjalankan suatu usaha, diperlukan promosi yang baik. Hal ini dimaksudkan supaya masyarakat luas mengetahui usaha yang sedang kita rintis. Promosi tidaklah harus berlebih-lebihan.

Promosi yang efektif dapat menghemat biaya dan tujuan pun tercapai. Beberapa contoh  promosi yang efektif yaitu promosi lewat sosial media (facebook, twitter, linkedin dll), promosi lewat radio dan promosi dari mulut ke mulut.

Dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah juga menjamin kualitas kopi yang Anda sajikan, dengan sendirinya orang akan menceritakan tentang kedai kopi Anda.

####

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membuka usaha kedai kopi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mulai merintis suatu usaha kedai kopi ini.