Tips Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

Tips Sukses Memulai Bisnis Rental MobilSalah satu model bisnis yang cukup menjanjikan di era globalisasi seperti sekarang ini adalah bisnis rental mobil.

Tak hanya bagi pengusaha berduit saja, Anda yang memiliki modal pas-pasan pun bisa memulai bisnis menjanjikan ini saat ini juga.

Tapi jangan salah, walaupun bisnis rental mobil merupakan salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan, namun tak sedikit para pelaku usaha rental mobil yang mengalami gulung tikar. Penyebabnya tentu saja adalah kurangnya pemahaman tentang seluk-beluk bisnis rental mobil.

Banyaknya para pengusaha rental mobil yang gulung tikar membuat banyak pemilik modal yang ketakutan untuk memulai model bisnis yang satu ini. Padahal, jika kita tahu tips dan cara berbisnis rental mobil, Anda pasti akan mendulang banyak keuntungan.

Hal yang harus selalu diperhatikan adalah jangan coba-coba memulai bisnis rental mobil dengan cara melakukan kredit mobil. Kredit mobil memang semakin mudah akhir akhir ini, persyaratan yang dibebankan pun tidak terlalu memberatkan.

Namun, dibalik semua kemudahan yang ada tersimpan beban yang sangat berat untuk Anda sebagai pelaku bisnis rental mobil. Harga sebuah mobil bisa saja naik beberapa kali lipat jika Anda membelinya dengan cara kredit.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam memulai bisnis rental mobil yang bisa Anda lakukan.

Bangun relasi sebanyak banyaknya

Membangun relasi sebanyak banyaknya adalah salah satu pondasi utama dari setiap bisnis, tak terkecuali bisnis rental mobil. Anda bisa membangung kerjasama dengan orang orang yang memiliki mobil, baik itu teman maupun keluarga.

Untuk tahap awal, Anda bisa bekerjasama dengan melakukan bagi hasil, misalnya saja 50 persen keuntungan adalah menjadi milik Anda dan 50 persennya lagi menjadi milik pemilik mobil.

Dalam melakukan bisnis rental mobil model ini, prinsip saling percaya merupakan hal yang paling utama. Oleh karena itu, bangunlah relasi sebaik mungkin dan tunjukkanlah bahwa diri Anda adalah sosok orang yang bisa dipercaya.

Bangun kepercayaan dengan kartu nama

Bangunlah kepercayaan dengan rekan bisnis dan para pelanggan Anda dengan memberikan mereka kartu nama. Walaupun terkesan sangat sederhana, namun kartu nama bisa menjadi sebuah tanda  bahwa Anda merupakan orang yang bisa dipercaya dan mudah untuk dihubungi.

Hal yang wajib untuk dicantumkan dalam kartu nama Anda tentu saja adalah nama dari rental mobil yang Anda miliki. Buatlah kartu nama semenarik mungkin sehingga banyak orang yang tertarik untuk menyimpannya untuk digunakan di kemudian hari.

Perhatikan strategi marketing

Strategi marketing yang baik bisa menjadi faktor penentu kesuksesan Anda dalam berbisnis rental mobil atau rent car. Semakin baik cara Anda melakukan promosi, maka akan semakin baik pula image branding dari perusahaan rental mobil yang Anda miliki.

Beberapa model promosi yang bisa Anda coba diantaranya adalah berpromosi melalui televisi dan radio. Berpromosi dengan menggunakan dua media ini terbuksi sangat efektif untuk meningkatkan image branding dalam waktu yang bisa dibilang instan.

Tapi melakukan promosi dengan menggunakan media televisi dan radio bukanlah hal yang mudah dan murah. Anda harus menyiapkan uang dalam jumlah yang tak sedikit jika ingin berpromosi melalui kedua media tersebut.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa berpromosi dengan menggunakan brosur, baliho atau melalui media cetak seperti koran dan majalah. Cara apapun yang Anda pilih, tergantung dari budget yang Anda miliki karena semuanya memiliki nilai plus dan minus.

Selamat mencoba dan semoga sukses!