5 Hal Yang Diperlukan dalam Melakukan Inovasi

5 Hal Yang Diperlukan dalam Melakukan InovasiTIPSWIRAUSAHA.COM – Inovasi merupakan proses suatu upaya dalam mencari cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik daripada sebelumnya. Inovasi ini adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis agar bisnis yang kita jalani ini bisa bertahan dan berkembang.

Sudah banyak perusahaan perusahaan yang tidak mampu melakukan inovasi sama sekali, baik itu produk yang dijual ataupun strategi marketingnya, dan sudah dapat dipastikan perusahaan tersebut akan segera gulung tikar atau bangkrut dari dari dunia binsis.

Berikut ini adalah beberapa hal yang diperlukan dalam berinovasi untuk memajukan suatu bisnis:

Melakukan eksperimen atau percobaan

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencoba melakukan percobaan atau suatu eksperimen. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari pengalaman orang lain, namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dari pengalaman kita sendiri, dan itulah gunanya suatu bisnis untuk melakukan eksperimen.

Kita harus melakukan percobaan dalam suatu bisnis, karena kita dapat mengetahui bahwa suatu rencana dapat berhasil atau tidak berhasil jika kita telah mencobanya sendiri.

Selain itu, kita juga perlu mengumpulkan data-data tentang percobaan yang hendak kita lakukan, seperti berkomunikasi dengan investor, pelanggan atau konsumen dan tim.

Mampu bangkit saat mengalami kegagalan

Hal penting selanjutnya adalah mampu bangkit dengan segera jika telah mengalami suatu kegagalan. Semua pebisnis yang sukses itu mengaku bahwa mereka juga pernah mengalami kegagalan dalam membangun bisnis mereka, namun seorang yang memiliki jiwa entrepreneurship tidak akan membiarkan sebuah kegagalan menghabiskan semangatnya.

Karena suatu kegagalan itu dapat dijadikan acuan untuk mengambil langkah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang serta menyempurnakan suatu planning atau rencana bisnis berikutnya.

Memberikan bantuan dan kesempatan pada Tim

Sebagai seorang pengusaha yang membutuhkan orang lain untuk menjalankan bisnisnya, kita harus memberitahu anggota atau tim dalam perusahaan bahwa kita akan memberikan bantuan jika mereka membutuhkannya.

Selain itu, tim dalam suatu perusahaan juga harus tahu bahwa pendapat, rencana bisnis yang mereka ajukan sangalah dihargai oleh perusahaan dan akan dipertimbangkan untuk dilaksanakan jika memang dibutuhkan dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Berikan kesempatan jenjang karir yang lebih baik kepada orang-orang yang mempunyai kemampuan atau kredibilitas dan loyalitas pada suatu perusahaan.

Berikan kesempatan sepantasnya pada yang gagal

Dalam melakukan sebuah inovasi, terkadang kita membutuhkan keberanian untuk melakukan sesuatu yang benar-benar berbeda.

Mungkin saja dalam suatu perusahaan Anda ada yang mengalami kegagalan dalam melakukan rencara suatu bisnis. Dan jika itu memang terjadi, sebaiknya Anda tidak memberikan sanksi yang amat berat kepada mereka yang gagal karena sama saja kita telah membuat orang lain dalam perusahaan takut untuk membuat suatu perbedaan dalam rencara bisnis di kemudian hari lagi.

Pengalaman adalah pelajaran yang sangat berharga, jadi sebaiknya kita bisa menghargainya walaupun itu adalah suatu kegagalan.

Berdiskusi unuk memajukan bisnis bersama

Dalam proses inovasi itu sendiri, tentunya melibatkan beberapa orang yang yang memang harus berdiskusi sebelum melakukan suatu inovasi di dalam perusahaan. Lebih baik lagi jika kita fokus pada satu tujuan masa depan perusahaan dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengeluarkan perkataan dan tindakan yang menyalahkan orang lain.

Dengan melakukan diskusi, maka akan banyak ide segar dari orang-orang dalam perusahaan, maka proses inovasi itu pun akan bisa berjalan ke arah yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.

(photo: govci.com)