Prinsip Dalam Menjalankan dan Membangun Jaringan Suatu Bisnis

prinsip bisnisAda beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dan persiapkan untuk menjalankan suatu bisnis seperti halnya ada beberapa prinsip yang harus kita perhatikan dalam hal menjalankan sebuah bisnis usaha, hal ini dilakukan agar suatu usaha yang kita lakukan dapat berjalan secara maksimal.

Berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus kita perhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis:

Datanglah 15 menit lebih awal

Prinsip yang pertama adalah dengan datang 15 menit lebih awal dan jika Anda datang tepat pada waktu yang sudah ditentukan itu sama saja dengan terlambat. Sedangkan waktu istirahat sebelum kegiatan meeting atau ada sebuah rapat dimulai adalah waktu yang sangat tepat untuk Anda mendapatkan kenalan baru untuk bisnis. Dan ketika Anda telah mengikuti rapat, Anda sudah memiliki beberapa orang jaringan yang duduk bersama Anda.

Berteman Dengan Orang Yang Bisa Membantu Kita

Prinsip kedua adalah  Jadikan kenalan bisnis Anda itu sebagi teman Anda. Kita sering sekali menemukan para pengambil keputusan yang membuat kita kesulitan, seperti halnya petugas resepsionis, sekretaris, security bahkan seorang manajer.

Jangan menunjukan sikap yang tidak menghormati mereka, karena tugas merekalah yang menyaring siapa tamu yang akan bertemu dengan atasan mereka.

Pastikan juga Anda memiliki beberapa kontak yang bisa membuka jalan Anda untuk bertemu dengan orang yang bertugas mengambil keputusan itu. Jadikanlah mereka teman Anda, karena mungkin saja mereka itu akan menolong Anda untuk bertemu dengan orang-orang penting yang Anda butuhkan dan memudahkan dalam hal bisnis Anda.

Memastikan Sudah Ada Kontrak Sebelum Memulai Kerja

Prinsip yang ketiga adalah dengan memastikan Anda itu sudah dikontrak atau belum, jika belum maka mintalah kepastiannya. Hal ini perlu kita perhatikan bahwa surat kontrak bisnis adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis.

Sebagai contohnya, ada seorang pemilik usaha kecil bisa saja sangat bersemangat ketika bertemu dengan calon klien yang akan mengatakan bahwa ia akan menggunakan layanan mereka, dan jika tanpa memiliki kontrak pemilik usaha kecil tersebut melakukan pekerjaannya, tentu saja ini sangat merugikan sang pemilik usaha kecil tersebut, karena mereka tidak memiliki acuan dalam melakukan pekerjaannya.

Mencari SDM Cadangan

Prinsip yang selanjutnya adalah mencari orang cadangan. Orang-orang yang terbaik yang ada di dalam perusahaan kita, bisa saja sewaktu waktu dia meninggalkan perusahaan kita dengan alasan mereka sendiri. Alasan mereka mungkin karena mereka ingin mencoba untuk menjalankan bisnisnya sendiri atau mereka sudah mendapatkan tawaran kerja di tempat lain dengan gaji yang lebih besar dari perusahaan kita.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari dan menyiapkan SDM (sumber daya manusia)  yang berkompeten   yang bisa menggantikan posisi orang orang penting yang telah resign tersebut sehingga kita tidak terlalu kesulitan ketika orang-orang Andalan tersebut pergi meninggalkan Anda dan perusahaan Anda.

Mencari Tahu Keuntungan dari Suatu Kontrak Bisnis

Prinsip yang terakhir  adalah dengan mencari tahu keuntungan dari kontrak suatu bisnis. Dalam menjalin suatu kontrak bisnis, kita harus mengetahui persis keuntungan yang bisa kita dapatkan dari suatu bisnis tersebut dengan klien. Oleh karena itu, kita harus mempelajari setiap pengeluaran serta pemasukan yang terdapat yang tertera di dalam kontrak tersebut.

Terkadang sebuah bisnis ini harus mengeluarkan dana yang ekstra sebelum mendapatkan pembayaran dari kontrak kerja mereka. Pastikanlah bahwa proses pembayaran pengeluaran dana ekstra tersebut tidak terlalu lama, karena akan menganggu cash flow perusahaan Anda.

Anda juga harus teliti dalam menghitung detail pengeluaran untuk setiap biaya administrasi, biaya tenaga, hingga akomodasi untuk menjalankan usaha Anda tersebut.

Nah itulah beberapa prinsip yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan suatu bisnis, semoga bermanfaat.