6 Cara Sederhana Agar Karyawan Anda Bahagia

6 Cara Sederhana Agar Karyawan Anda BahagiaTIPSWIRAUSAHA.COM – Membuat para karyawan Anda terus bahagia memang bukan perkara mudah, namun bukan juga hal yang mustahil. Yang perlu dilakukan adalah menerapkan kebijakan yang memudahkan sehingga membuat mereka merasa nyaman dan sejahtera.

Anda pun perlu melihat kondisi dan lingkungan bekerja mereka, hal ini akan semakin meyakinkan Anda apakah mereka sangat termotivasi, nyaman, dan bahagia saat bekerja. Terlepas dari pertimbangan dasar yang dimiliki, Anda pun harus memastikan bahwa mereka benar-benar mendapat beberapa keuntungan, seperti insentif.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat membuat karyawan Anda bahagia, dilansir dari Magforwomen.com:

Transparan

Jika Anda menginginkan karyawan Anda bahagia, maka pastikan setiap informasi tersampaikan dengan baik. Jika Anda menyembunyikan suatu kebenaran mengenai perusahaan, dan mereka menemukannya sendiri, maka bukan tak mungkin Anda akan kehilangan kepercayaan dari mereka.

Tak peduli, seberapa banyak keuntungan, penghargaan atau pun bentuk promosi yang Anda berikan kepada mereka, transparansi menjadi kunci untuk menjaga kepercayaan karyawan dan membuat mereka tetap nyaman bekerja.

Beri peran penting

Anda juga harus membuat para karyawan Anda merasa dipentingkan jika Anda menginginkan mereka memberikan segala potensinya. Maka, sangat esensial jika Anda menempatkan mereka sebagai bagian organisasi tempat mereka bekerja. Hitunglah segala kontribusi signifikan mereka terhadap perusahaan Anda.

Membuat para karyawan merasa penting, tak hanya membuat mereka senang bekerja dengan Anda, namun juga akan memberikan kemampuan terbaiknya.

Komunikasi

Sebagai seorang bos, Anda pun tak diperkenankan bersikap kaku sehingga membuat karyawan Anda merasa ragu untuk berbicara. Anda pun harus menciptakan lingkungan yang kondusif agar karyawan Anda bisa leluasa mengutarakan segala pemikirannya.

Ketika Anda mendorong komunikasi yang baik antara karyawan dan perusahaan, maka hal ini secara tak langsung akan menciptakan suasana kerja yang teratur dan jauh dari tekanan. Hal inilah salah satunya yang membuat karyawan Anda bahagia.

Minta saran

Sebagai pemberi kerja Anda pasti paling mengetahui hal apa saja yang harus diselesaikan. Namun, untuk membuat karyawan Anda bahagia, berilah peluang bagi mereka untuk memberi masukan dan saran demi kemajuan perusahaan. Ketika Anda menciptakan lingkungan bekerja sesuai dengan saran mereka, hal ini pun akan semakin membuat mereka dihargai.

Beri pengakuan

Jika karyawan Anda bekerja dengan baik, maka bukan hal aneh jika mereka mencari persetujuan. Tentu merupakan sifat yang manusiawi untuk mencari pengakuan untuk sebuah hasil kerja yang baik. Dalam organisasi Anda, ketika sesorang melakukan sesuatu yang baik, ucapkanlah terima kasih di depan publik, hargai mereka, dan biarkan mereka tahu bagian kerja terbaik mereka yang perlu dihargai.

Begitu pun sebaliknya, jika mereka berbuat salah, beri tahu mereka secara baik-baik tanpa harus membicarakan kesalahan di depan umum. Hal ini biasanya akan membuat karyawan makin betah bekerja dengan Anda, jangan lupa untuk selalu mendorong mereka bekerja lebih baik dan baik lagi.

Paket keuntungan

Untuk membuat karyawan Anda terus merasa bahagia dari waktu ke waktu, Anda pun harus memberi mereka keuntungan ekstra di atas harapan mereka. Misalnya, voucher belanja, penawaran anggota pusat kebugaran, asuransi kesehatan dan seterusnya.

Ketika Anda menawarkan berbagai keuntungan yang tak mereka duga, maka mereka akan menyadari bahwa Anda adalah bos yang sangat peduli dengan mereka dan keluarga.

(photo: www.simpletranslation.com)