5 Cara Merayakan Kerja Keras Anda

5 Cara Merayakan Kerja Keras AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Sebagai seorang wirausaha, kadang Anda mungkin memberikan diri Anda tepukan di punggung, dan mengucapkan terima kasih kepada diri kita sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Kita tahu bahwa tidur malam, keputusan bisnis yang sulit, dan stres menunggu klien tak jarang membuat lemah hati.

Anda layak mendapatkan pengakuan! Mari kita merayakan kerja keras melalui 5 cara:

1. Mengambil waktu cuti

Ya, Anda memang seorang workaholic! Namun, penelitian menunjukkan bahwa menjauh dari bisnis – bahkan untuk istirahat sejenak sekedar meneguk kopi – dapat memberikan perbaikan besar dalam kinerja dan produktivitas.

Salahkan teknologi. Ini membuat sulit bagi kita untuk menjauh dari bisnis, dan itu tidak pernah sepenuhnya dilakukan. Inilah kesempatan Anda untuk berterima kasih pada diri sendiri: mengambil cuti.

2. Berikan hadiah untuk diri sendiri

Anda mungkin sudah sering memberikan hadiah bagi klien Anda. Nah, mengapa tidak sesekali memberikan hadiah pada diri Anda sendiri? Bagaimanapun Anda telah berkerja keras membangun bisnis Anda.

Beli hadiah apa saja yang Anda sukai dan tulislah catatat apresiasi yang Anda tujukan pada diri Anda sendiri.

3. Mendapatkan pijatan

Atau membaca buku. Bersantai di bak mandi. Apapun kesenangan yang membuat Anda rileks dan bahagia. Karena jika Anda tidak mengurus diri sendiri, Anda tidak bisa mengurus bisnis Anda (atau keluarga Anda, dalam hal ini).

Ini tidak harus memakan waktu atau mahal. Menyalakan lilin beraroma kopi dan mengejar episode terakhir dari serial Revenge, melakukan manikur, menghabiskan waktu di taman. Hanya secara mental keluar dari pekerjaan Anda dan menikmati waktu senggang.

4. Berinvestasi dalam bisnis Anda (dan diri Anda)

Jika Anda telah berjuang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan komputer kuno, atau mungkin menemukan beberapa perangkat lunak yang Anda yakin akan membuat pekerjaan Anda lebih cepat, katakan kepada diri sendiri bahwa Anda dan bisnis Anda layak untuk ini.

Jika bukan peralatan atau perangkat lunak yang Anda butuhkan, berinvestasi dalam pelatihan atau pendidikan untuk memperluas keterampilan Anda.

5. Tetapkan tujuan bisnis

Jangan lupa untuk selalu menetapkan tujuan bisnis Anda. Dan sementara itu, berikan diri Anda reward setelah mencapainya. Akan sangat menyenangkan memberikan diri Anda hadiah kecil ketika Anda berhasil.

Mungkin Anda menjanjikan diri Anda bonus ketika Anda mencetak bahwa klien $10.000, dan kemudian Anda pergi berbelanja dengan rejeki nomplok. Atau Anda mengambil hari libur setelah menyelesaikan sebuah proyek besar. Anda akan menemukan bahwa bekerja menuju tujuan-tujuan tersebut akan lebih menyenangkan dengan adanya reward.

Menjadi seorang wirausaha tentu amat bernilai, tapi itu tidak berarti Anda tidak pantas untuk melangkah mundur dan menghargai semua kerja keras yang telah Anda lakukan. Luangkan waktu untuk berterima kasih pada diri sendiri dan memperlakukan diri dengan penghargaan sederhana.

(photo: forbes.com)