7 Tanda Anda Bisa Jadi Pengusaha

7 Tanda Anda Bisa Jadi PengusahaTIPSWIRAUSAHA.COM – Jika Anda harus mengungkapkan dengan sebuah kata yang menggambarkan sosok pengusaha, mana yang akan Anda pilih? Semangat? Pengabdian? Optimis? Tentu saja, semuanya bisa mewakili. Namun “tak aman” dan “pembuat masalah” nampaknya lebih akurat, berdasarkan pengakuan sebagian orang yang mengetahui sukses ketika mereka mulai melihatnya.

Apakah beberapa sifat dan karaktertistik berikut bisa menggambarkan diri Anda? Nah, mungkin saja Anda punya bakat menjadi pengusaha, meski hanya dalam hati, dan belum dipraktikkan.

Mari simak beberapa sifat-sifat dan tanda bahwa anda pengusaha sejati berikut dirangkum dari Enterpreneur.com.

Ambil tindakan

Pendiri Corcoran Group, Barbara Corcoran, sekaligus penulis Shark Tales: How I Turned $1000 Into a Billion Dollar Business mengatakan, seseorang yang memiliki konsep tanpa dibarengi strategi mendetil diibaratkan lebih seperti enterprenerurial je na sais quoi. “Saya benci para pengusaha yang hanya bertumpu pada rencana bisnis yang indah,” katanya.

Faktanya, ia meyakini jika orang yang memiliki pengalaman hidup lebih mampu memecahkan masalah dibandingkan hanya membaca buku pintar. Menurutnya, pelajaran bisnis terlalu banyak menganalisa situasi dibanding mengambil tindakan.

Tak aman

Menurut Corcoran, banyak kalangan pengusaha menganggap bahwa menjadi ambisius bisa jadi akan jauh dari titik aman. Ketika mengevaluasi investasi potensial, dia menambahkan, “Saya ingin seseorang yang takut pada kematian.”

Siapa pun yang merasa ragu dan takut gagal akan menjadi super fokus dan rela melakukan apa pun untuk meraih sukses. Jika Anda merasa tak aman, gunakan emosi tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis Anda.

Terampil

CEO Zappos, Tony Hsieh, tak pernah benar-benar memiliki sumber daya yang dibutuhkan, namun pada akhirnya mampu membuat segala sesuatunya berhasil. Ia sangat mengagumi kombinasi tokoh serial TV MacGyver atas kreativitas, optimisme, dan jalan yang cerdas.

Pada akhirnya, menjadi seorang pengusaha adalah bagaimana memainkan peran MacGyver tersebut. “Ini bukan sekedar punya sumber daya yang cukup, ia menjelaskan, jadilah berdaya dengan apa yang Anda punya.

Terobsesi arus dana

Sebelum mendapat pendanaan atas Mass sebuah pengembang teknologi untuk presentasi bisnis, Joe Gustafson hanya berpikir tentang arus dana dan likuiditas. “Terjadi 7 kali di perjalanan 8 tahun perusahaan ketika saya menghabiskan gaji saya dan tak punya kas cukup untuk membuatnya berhasil,“`ujarnya.

Bagaimana ia merespon? “Pada tahap awal, Anda harus melangkah dan menaruh pengeluaran pada kartu kredit, sejauh ini itu yang terjadi.” Rekomendasi lainnya, adalah cobalah bekerja sama dengan kawan guna menyediakan pendanaan di berbagai proyek dan mempertahankan komunikasi dengan para pemasok.

Tidak takut

Ini mungkin adalah ciri khas paling menonjol dari seorang pengusaha. Menurut chef dan host Food Network’s Restaurant: Impossible, ketika kebanyakan orang menghindari risiko, justru pengusaha akan melihat potensi.

Sebagian rela menggadaikan rumah atau menaikkan kredit sebagai upaya menciptakan investasi baru. Mereka pun memiliki optimisme tinggi, karena mereka menjalankan usaha di bawah kepercayaan bahwa seluruh investasi mereka, baik waktu dan uang , akhirnya akan terbayar kembali.

Mampu bekerja lebih lama

Seorang pengusaha memiliki energi yang tak terkekang yang bisa membakar semangat lebih lama ketika semua karyawan telah pulang. Pengusaha memiliki keinginan kuat, kegembiraan, dan sangat bersemangat mengenai bisnis yang membuat mereka mencolok.

Merasa tertantang

Ketika dihadapkan pada banyak masalah, banyak karyawan berupaya untuk menghindarinya atau bahkan cuci tangan atas situasi. Sementara, seorang pengusaha, berupaya tampil pada setiap momentum. “Tantangan akan memotivasi mereka untuk bekerja keras,”kata CEO Sky Zone Trampoline Park Jeff Platt.

Selain itu, seorang pengusaha juga tak pernah berpikir bahwa segala sesuatunya tak bisa diatasi, mereka melihat keragaman dan tetap terus berjalan.

(photo: http://tuchangemakers.files.wordpress.com)