6 Tips Sukses ala Richard Branson

6 Tips Sukses ala Richard BransonTIPSWIRAUSAHA.COM – Beberapa tips sukses yang dikemukakan oleh salah seorang pengusaha kawakan dunia Richard Branson ini memang betul-betul bisa menjadi pencapaian sejati.

Sebagai seorang taipan sukses global, Anda mungkin tak terlalu suka, tapi orang akan selalu mendengar apa yang akan ia katakan, atau semacam uang berbicara!

Anda pun tak akan bisa mengelak dari kesuksesan seorang Richard Branson. Setelah meninggalkan bangku sekolahnya di usia 16 tahun, ia pun memulai usaha rekaman kecil-kecilan yang dinamakan Virgin Records, dan hingga saat ini sudah berkembang menjadi kerajaan bisnis yang mendunia, mencakup industri media, teknologi penerbangan, perkeretapian, dan keuangan.

Nah, berikut adalah beberapa tips sukses dari Richard Branson, khususnya bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha, dilansir dari Allwomenstalk.com:

Ikuti mimpi Anda

Semua kesuksesan pada dasarnya datang dari mimpi. Kendati Anda belum mampu menjadi bos bagi diri sendiri, namun dalam diri Anda terdapat penemuan menakjubkan, jika Anda ingin membantu orang, maka akan selalu ada motivasi untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Salah satu tips paling top dari Richard Branson, apapun yang menjadi motivasi Anda, ketika Anda memulai suatu bisnis, pastikan hal itu didasarkan pada sesuatu di mana Anda begitu bersemangat melakukannya. Jika Anda hanya berambisi untuk mendapat banyak uang, itu tidaklah cukup.

Jadi yang terbaik

Yakini apa yang menjadi ide-ide Anda dan berjuanglah untuk mewujudkannya menjadi yang terbaik. Ketika Anda memulai dan menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda akan berada dalam posisi harus melakukan hal baik.

Bahkan, Anda membawa sesuatu untuk ditawarkan pada orang lain yang membutuhkan atau menciptakan lapangan pekerjaan. Anda bisa membuat perbedaan dengan memperjuangkan sesuatu yang terbaik dari Anda. Jadilah yang terbaik dan buatlah tim Anda terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

Tekun

Jika menjadi pengusaha itu mudah, maka semua orang pun akan menjadi pengusaha. Tantangan akan selalu datang silih berganti, terutama saat Anda memulai bisnis di awal. Namun jika Anda percaya dan tekun, Anda pun akan mendapat kesempatan lebih baik untuk meredam berbagai tantangan tadi.

Selalu ada waktu di mana Anda bisa bangkit dan menemukan solusi atas masalah yang terjadi. Ketika Anda gagal, bangkit, introspeksi, dan lanjutkan misi Anda.

Buat daftar visi dan tantangan

Berapa banyak artikel mengenai motivasi dan nasihat bisnis yang Anda baca untuk menuliskan segala sesuatunya tentang visi, misi dan berbagai tantangan yang berpotensi dihadapi? Richard Branson percaya langkah tersebut merupakan strategi yang berharga.

Ia pun membuat daftar detil hal-hal yang ingin dicapai, karena filosofinya bahwa segala sesuatu yang kecil akan membuat perusahaan tumbuh di atas rata-rata.

Segala sesuatu mendetil akan membuat Anda mencapai target baru dan mengatasi tantangan. Jika anda tak menuliskan sesuatu yang ingin dicapai, maka bisa saja Anda malah membuang waktu dan tak banyak yang dicapai.

Senang saat bekerja

Richard Branson mengatakan “Saya percaya 100 persen bahwa penting jika kita merasa bahagia saat bekerja dan jika Anda tak cukup bahagia, selalu ada waktu untuk bergerak dan berpindah.”

Kesenangan dimulai dari atas dan bekerja di bawah. Ciptakan atmosfer dan lingkungan di mana orang ingin bekerja sama dan bantu mereka untuk merasa bahagia juga. Cari orang-orang terbaik dan mulailah untuk menghargai, bukan sekedar mengkritik.

Delegasikan tugas

Satu hal penting lainnya yang disampaikan Richard Branson untuk belajar memulai karir sebagai pengusaha adalah seni mendelegasikan tugas.

Richard Branson mengatakan salah satu alasan kesuksesannya karena ia menyadari bahwa ia merupakan pengusaha yang baik dan bukan seorang yang manajer yang baik. Ia pun mencari orang yang jago mengatur bisnisnya, sedangkan dirinya akan fokus untuk mencari peluang bisnis yang lebih luas.

——

Kita semua tahu untuk menjadi sukses, Anda harus mengaturnya. Seringnya, hal tersebut akan melibatkan banyak pengorbanan. Namun, anda harus mencari waktu agaknya menjauh sejenak dari segala urusan bisnis, dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang yang membuat anda bahagia.

Belajar untuk mengatur waktu dengan baik, juga akan membuat Anda kembali bersemangat saat bekerja dan mengurus bisnis lagi. Bagaimana? Anda punya tambahan tips untuk dibagi?

(photo: http://economia.icaew.com)