7 Pelajaran Kewirausahaan dari Walt Disney

7 Pelajaran Kewirausahaan dari Walt DisneyTIPSWIRAUSAHA.COM – Walt Disney Company adalah sebuah perusahaan media massa multinasional bernilai $ 45,429 Miliar. Ini merupakan perusahaan penyiaran dan kabel terbesar kedua di dunia, dan telah membentuk masa kecil dan budaya pop bagi jutaan atau bahkan mungkin milyaran orang.

Sederhananya, ini adalah perusahaan yang paling terkenal dalam sejarah dunia. Dan semuanya dimulai dari seorang pria.

Walt Disney membuktikan bahwa keadaan dan pendidikan tidak mendikte akan jadi apa Anda nanti. Pelajaran hidupnya mengingatkan bagi para pengusaha muda.

1. Anda harus menjadi salesman

Penjualan mungkin sering mendapat reputasi buruk, tapi jangan salah, penjualan adalah keterampilan paling penting yang dapat Anda kuasai. Dan seperti yang dikatakan Walt, mimpi membutuhkan uang dan uang berasal dari penjualan. Walt percaya pada diri dan mimpi-mimpinya dan karena itu bisa meyakinkan orang lain untuk percaya kepadanya juga.

2. Kepemimpinan adalah inspirasi, inovasi dan fokus

Kunci kepemimpinan Walt Disney ialah bahwa ia adalah seorang pendongeng yang luar biasa. Itu merupakan salah satu hal yang Anda lakukan saat memberitahu karyawan Anda untuk melakukan sesuatu, cara lain untuk menginspirasi mereka agar bertindak.

Walt akan memberitahu mereka suatu cerita. Ia akan bercerita secara detail dan ekstrim, dan membuatnya menjadi hidup bagi mereka. Ia akan menginspirasi para pekerjanya dan membuat mereka menjadi bagian dari cerita itu, dan sebagai hasilnya ia akan mendapatkan lebih banyak dari mereka.

Walt mengenal pekerjanya. Ia tahu apa yang mereka mampu lakukan dan tidak menerima apapun kurang dari yang terbaik.

3. Selalu maju secara konstan

Walt Disney percaya pada masa depan. Setelah berhasil dengan Disney Classic seperti Cinderella, Alice in Wonderland dan Fantasia, ia bisa beristirahat karena kemenangannya, tapi itu bukan gayanya. Sebaliknya, ia benar-benar beralih dan berangkat untuk membangun sebuah taman hiburan di mana orang tua dan anak-anak bisa bersenang-senang bersama.

Setelah Disneyland dibuka, Walt akan berjalan di sekitar taman, secara pribadi menguji semua wahana, melihat jika ada yang keluar dari tempat itu dan meminta pendapat pengunjung. Jika melihat sesuatu yang salah, ia akan memperbaikinya.

4. Mengembangkan toleransi tinggi terhadap risiko

Walt mengambil banyak risiko dalam karirnya. Beberapa kali masa depan seluruh perusahaan Disney tergantung pada apakah usaha tersebut sukses atau gagal. Beberapa kali Walt bahkan harus menggadaikan atau menjual harta pribadinya.

Ia tidak pernah melakukannya dengan ringan. Ia akan hati-hati menimbang kedua belah pihak dan membuat keputusan untuk tindakan berani dan, sekali memutuskan, tidak pernah goyah.

5. Ubah sikap Anda terhadap kegagalan

Walt Disney gagal, seringkali. Studio pertamanya, Laugh O’ Grams tidak pernah membuat keuntungan. Tapi yang paling penting adalah kegagalan dari Oswald the Lucky Rabbit. Ia kehilangan segalanya, studio, peralatannya, animator dan ciptaannya.

Namun dari kegagalan besar, ia menemukan salah satu karakter paling dicintai yang pernah dibuat. Dari perjalanan kereta menuju ke rumah, ia tahu ia telah kehilangan Oswald, dan kemudian menciptakan Mickey Mouse.

6. Percaya pada diri sendiri, bahkan ketika semua orang menganggap Anda gila

Sepanjang karirnya, Walt diberitahu apa yang tidak bisa ia lakukan. Seseorang bahkan mengatakan kepadanya bahwa Mickey Mouse adalah ide yang buruk karena tikus akan menakutkan bagi perempuan.

Ia membuktikan bahwa hanya karena belum pernah dilakukan sebelumnya, tidak membuatnya menjadi tidak mungkin. Mustahil adalah kata dari orang yang berpikiran sempit dan Walt Disney memiliki mimpi besar. Ia memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan dalam dirinya dan apa yang ia lakukan; itu yang penting.

7. Ketahanan adalah teman terbaik seorang pengusaha

Butuh 16 tahun bagi Walt Disney untuk mendapatkan hak membuat Mary Poppins, sekarang dianggap sebagai salah satu film terbaik saat itu. Ia ditolak 302 kali ketika mencoba mencari biaya untuk Disneyland sebelum mendapatkan kesepakatan dengan studio televisi. Dan dalam cerita yang paling luar biasa, ia dipecat dari pekerjaan pertamanya di sebuah surat kabar karena dirasa tidak cukup kreatif dan inovatif!

Ketahanan adalah kemampuan untuk bertahan atau segera pulih dari keadaan sulit. Walt menghadapi banyak kesulitan yang akan membuat rata-rata orang menyerah. Walt mampu terus mendorong karena ia percaya pada dirinya dan mimpinya, ia bertahan, bekerja keras dan membuatnya menjadi kenyataan.

Ketika Walt ditanya apa rahasia kesuksesannya, ia berpikir sejenak dan kemudian berkata: “Saya bermimpi, saya menguji impian saya terhadap keyakinan saya, saya berani mengambil risiko, dan saya melaksanakan visi saya untuk membuat mimpi-mimpi menjadi kenyataan.”

Hari ini aturan kesuksesan tidak berbeda. Jika Walt Disney, seorang pria dengan pendidikan yang terbatas dari keluarga miskin, bisa membangun kerajaan hiburan dari hampir tidak ada, apa yang menghentikan Anda dari mimpi besar Anda?

(photo: lifehack.org)