Singkirkan 6 Ketakutan Ini Jika Ingin Menjadi Pengusaha

Singkirkan 6 Ketakutan Ini Jika Ingin Menjadi PengusahaTIPSWIRAUSAHA.COM – Banyak orang bermimpi menjadi seorang pengusaha, namun mereka sering tidak menyadari impian mereka karena ketakutan yang terkait dan ketidakmampuan mereka untuk mengatasinya.

Terlepas dari bagaimana briliannya ide Anda, itu tidak berarti apa-apa jika Anda tidak dapat menemukan keberanian untuk mengatasi enam ketakutan berikut:

1. Takut menghadapi risiko dan kegagalan

Jika Anda ingin melakukan sesuatu, Anda harus mampu mengatasi rasa takut terhadap risiko dan kegagalan.

Mark Organ, CEO sukses dari sebuah perusahaan software pemasaran, pernah berkata: “Tidak ada cara bagi pengusaha untuk mencari nafkah tanpa mengambil risiko.”

Dengan risiko, datang imbalan yang lebih besar dan menguntungkan. Orang sering melihat risiko sebagai hal yang negatif, tetapi harus dirangkul. Daripada menghindari dan menyembunyikan diri darinya, Anda harus memahami dan mengambil langkah-langkah untuk menguranginya.

Bersama dengan risiko datang kegagalan, memang, tapi kegagalan menyajikan peluang! Anda tidak akan pernah memberikan diri Anda kesempatan untuk berhasil sebagai pengusaha jika Anda tidak merangkul kemungkinan kegagalan.

2. Takut pada apa yang akan dikatakan orang di sekitar

Kita hidup di dunia di mana orang menikmati kegagalan orang lain daripada keberhasilan mereka. Ketakutan melihat orang lain yang menunggu Anda gagal sering dapat membuat sulit untuk mencapai keberhasilan.

Seorang pengusaha akan menghadapi banyak kritik dari teman-teman dan orang-orang dekat mereka, jadi penting untuk percaya pada diri sendiri dan pada apa yang Anda capai, atau Anda tidak memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha.

3. Takut salah mengambil keputusan

Ketakutan umum yang menahan banyak pengusaha potensial ialah membuat keputusan yang salah.

Orang-orang yang bercita-cita menjadi pengusaha sering telah memiliki pekerjaan penuh waktu, tapi mereka selalu ingin bekerja untuk diri mereka sendiri. Mereka khawatir jika harus melepaskan pekerjaan mereka dan mencoba melakukan sesuatu yang tidak begitu pasti di masa depan, mereka akan menyesalinya.

Jika Anda merasa sulit hanya dengan mendapatkan ide, ada cara yang dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri. Lakukan riset pasar terhadap profitabilitas ide Anda, bicara dengan mentor dan pengusaha sukses lainnya, uji produk Anda pada kelompok fokus dan buat rencana bisnis untuk memberikan diri Anda kesempatan terbaik menuju sukses.

4. Takut tidak memiliki pengalaman atau keahlian

Ketakutan bahwa Anda tidak cukup berpendidikan atau berpengalaman adalah hal wajar bagi pengusaha pemula. Orang melihat semua individu sukses dengan resume yang luas dan berkata pada diri sendiri “Saya tidak bisa melakukan ini!”

Tapi Anda bisa!

Richard Branson pernah berkata: “Cara terbaik untuk belajar tentang apapun adalah dengan melakukan.”

Banyak pengusaha paling sukses di dunia berjuang dengan pendidikan formal. Memulai bisnis secara resmi dengan berpendidikan bukan merupakan prasyarat, jadi mengapa membatasi diri Anda sendiri karena Anda tidak memiliki gelar sarjana? Ambillah kesempatan!

Jika Anda memiliki passion terhadap apa yang Anda lakukan, itu saja akan membawa Anda lebih jauh dari gelar apapun.

5. Takut gagal secara finansial

Ketidakamanan keuangan adalah ketakutan yang dimengerti bagi pengusaha. Dibutuhkan banyak keberanian untuk mempertaruhkan tabungan dan gaya hidup Anda sehingga Anda dapat mengikuti impian Anda.

Menurut Wells Fargo/Gallup Small Business Index, kebanyakan usaha kecil dimulai dengan sekitar $ 10.000 dari tabungan pribadi pendiri mereka. Menghindari hutang berlebihan dan meregangkan setiap sen dalam tahap memulai bisnis Anda akan membantu Anda menghindari risiko tambahan ketidakamanan keuangan.

Anda juga dapat membatasi ketidakseimbangan keuangan Anda dengan melakukan persiapan. Sebuah rencana bisnis, bersama dengan laporan kemajuan dan perkiraan penjualan akan membantu memetakan arah bisnis Anda dan memastikan bahwa Anda tetap di jalur.

6. Takut bisnis akan memakan waktu seumur hidup

Memulai bisnis Anda sendiri membutuhkan banyak waktu dan kerja keras jika ingin memiliki kesempatan untuk sukses. Penting untuk familiar dengan ini dan menerimanya sebelum mengambil langkah ke dunia kewirausahaan.

Bisnis Anda akan membutuhkan perhatian Anda dan ini dapat mengambil waktu jauh dari keluarga dan teman-teman. Cobalah untuk menemukan aspek bisnis yang dapat Anda delegasikan kepada orang lain dan coba untuk membuat proses bisnis Anda semudah mungkin untuk dikelola. Hal ini akan mengurangi beban kerja Anda sehingga Anda dapat menemukan waktu untuk dihabiskan bersama teman-teman dan keluarga.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengambil lompatan dan menjadi seorang pengusaha, bersiaplah untuk bekerja keras!

(photo: lifehack.org)