6 Trik Tampil Percaya Diri dari Pengusaha Sukses

6 Trik Tampil Percaya Diri dari Pengusaha SuksesTIPSWIRAUSAHA.COM – Mampu dan percaya diri tidak selalu berjalan beriringan – ada banyak pengusaha yang hebat dalam melakukan pekerjaannya namun masih mengalami kesulitan ketika menyampaikan ide-ide mereka, saat berusaha untuk membuat jaringan dan bahkan ketika berhadapan dengan bawahan mereka.

Di sisi lain, dalam kasus-kasus tertentu, mereka yang percaya diri dan berani lah yang dapat memotivasi atau menarik orang lain, meskipun orang-orang ini mungkin tidak begitu terampil. Untuk menjadi pemimpin tim yang efektif, Anda harus menunjukkan percaya diri.

Nah, dalam artikel ini kami akan berbagi trik yang digunakan oleh orang-orang sukses untuk membuat diri mereka tampak tinggi dan penting, tahu apa yang mereka lakukan dan dapat dipercaya. Simak yuk!

1. Mereka belajar isyarat bahasa tubuh percaya diri dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Tidak banyak orang yang hanya dengan berjalan keluar pintu, bisa menunjukkan karakteristik bahasa tubuh para pemimpin dan individu yang kuat dan sangat percaya diri. Sedangkan yang lainnya perlu belajar tentang semua isyarat bahasa tubuh yang tepat dan mempraktekkannya di siang hari.

Tampilan percaya diri bukanlah sesuatu yang dapat diaktifkan saat dibutuhkan lalu dilupakan, itu adalah sesuatu yang Anda perlu latih hingga menjadi sifat kedua. Berjalan ke toko dengan kecepatan tetap dan kepala terangkat tinggi atau membusungkan dada dan menjaga kontak mata saat berbicara dengan seseorang dapat menjadi cara normal jika Anda melakukan latihan yang cukup.

2. Mereka menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan

Ada perbedaan antara percaya diri dan sombong atau delusi. Yang terbaik dari yang terbaik adalah mereka yang mampu menyembunyikan kelemahan, dan mereka jarang membiarkan orang melihat hal-hal selain sisi baik mereka.

Dalam percakapan, mereka akan fokus pada topik yang mereka kenal dengan baik dan mereka akan dapat memberikan atasan mereka beberapa alasan mengapa mereka adalah aset berharga bagi perusahaan tanpa berkedip.

Mereka akan mencari masalah yang dapat diselesaikan dengan menggunakan keahlian mereka yang unik, dan mendelegasikan yang lainnya, sementara menghitung setiap keberhasilan yang dicapai oleh delegasi yang mereka pilih sebagai bukti manajemen tim atau keterampilan kepemimpinan mereka.

Sama seperti riasan dan pakaian yang tepat, yang dapat membantu Anda meningkatkan beberapa fitur Anda dan menyembunyikan beberapa yang kurang diinginkan, sehingga dapat melakukan pendekatan taktis dan promosi diri guna membantu Anda memamerkan keterampilan dan pengetahuan, sekaligus menyembunyikan kekurangan Anda.

3. Mereka mengadopsi dan memperkuat sikap mental positif

Bahkan yang paling berani dan paling kuat di antara kita bisa merasa takut, sedih, cemas, terintimidasi, depresi, sadar diri, dan umumnya pesimis. Namun, apa yang membuat orang-orang tangguh dan percaya diri berbeda adalah mereka tidak suka berhenti dan menyerah dalam keputusasaan.

Mereka akan bangun setiap pagi dengan ide yang jelas tentang siapa mereka dan apa yang harus mereka lakukan – dan mereka menghabiskan waktu dengan memperkuat gagasan itu. Mereka melakukan rutinitas pagi, menghilangkan keraguan dan ketakutan.

Tak mengapa untuk sesekali menghadapi ketakutan Anda, jujur dengan diri sendiri dan menyelesaikan isu-isu tertentu. Menghabiskan sebagian besar waktu dengan pikiran negatif hanya akan mencegah Anda melangkah maju, sehingga Anda akan perlu mengeluarkannya dari kepala Anda dan fokus pada pikiran positif.

4. Mereka mengembangkan persona pengusaha sukses dan berlatih memainkan peran mereka

Agar dianggap sebagai orang yang tangguh dan percaya diri, Anda harus bertindak. Orang biasanya berpikir bahwa Anda perlu menemukan kepercayaan diri dalam diri Anda sendiri sebelum terpancar secara lahiriah, tetapi itu dapat bermanfaat untuk fokus mencari dan bertindak dengan penuh percaya diri, dan biarkan pikiran Anda berkembang secara bertahap sesuai dengan perilaku Anda.

Jika Anda ingin memproyeksikan citra sebagai pengusaha yang tangguh, sukses, kompeten dan percaya diri, Anda memerlukan pakaian yang tepat, alat peraga dan dialog untuk pergi dengan persona itu. Lebih siap dan memainkan peran juga membantu membuat Anda merasa lebih nyaman, yang merupakan ciri penting dari orang yang percaya diri.

5. Mereka tidak ragu mengambil tindakan dan menyampaikan pendapat tanpa berusaha menyenangkan orang lain

Banyak peluang besar yang tidak terjawab karena seseorang gagal untuk mengambil tindakan pada saat yang tepat, dan kemudian kesempatan mereka untuk membuat perbedaan hilang. Keraguan biasanya lahir dari rasa takut dan pikiran berlebihan – yang merupakan ciri-ciri orang yang tidak aman.

Sangat penting untuk dicatat bahwa mengambil tindakan berarti membuat pilihan dan kemudian benar-benar melihat ke depan. Agar tampak percaya diri Anda perlu proaktif, menawarkan pendapat tulus Anda pada hal-hal yang berbeda dan berdiri untuk diri Anda sendiri. Ini tidak berarti bahwa Anda harus konfrontatif atau membuat keputusan impulsif gila, itu hanya berarti bahwa Anda tidak perlu ragu untuk bertindak ketika kesempatan yang baik datang.

6. Mereka bertindak seolah berada di rumah sendiri dalam situasi apapun

Ketika kita menggabungkan semua poin sebelumnya, kita mendapatkan seseorang dengan sikap percaya diri, yang tahu bagaimana untuk menahan diri dalam situasi sosial yang berbeda, berpakaian baik, memiliki pola pikir yang positif dan tidak takut untuk menyampaikan pikiran mereka dan mengambil tindakan.

Namun yang paling penting untuk diingat, adalah bahwa orang semacam ini akan merasa nyaman dan santai dalam pertemuan, entah itu di restoran, bandara yang sibuk atau pertemuan bisnis, seolah mereka sedang duduk di rumah dan ngobrol dengan teman-teman ditemani segelas kopi.

Mereka berpakaian sesantai mungkin, tidak gelisah atau berdiri kaku seperti robot di tengah ruangan dan selalu tampak tahu apa yang mereka lakukan.

Banyak pengusaha telah membangun kerajaan bisnis yang sukses dengan modal percaya diri dan tidak pernah meragukan kemampuan mereka sendiri ataupun takut pada kemungkinan. Hampir setiap orang bisa menandingi seorang pengusaha sukses dengan menggunakan trik ini untuk mengembangkan kepribadian yang kuat dan percaya diri.

Dengan melakukan upaya dan fokus untuk membuat perbaikan yang tepat, Anda akan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda secara bertahap, dan hal ini akan mempengaruhi karir dan kehidupan pribadi Anda secara positif.

(photo: lifehack.org)