6 Ritual Pagi Yang Memberdayakan dan Mengubah Hidup Anda

6 Ritual Pagi Yang Memberdayakan dan Mengubah Hidup AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Sebagian realitas Anda dibentuk oleh harapan, keyakinan dan pikiran. Sebuah potongan besar keyakinan dan harapan dikodekan ke dalam kebiasaan Anda, terintegrasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Ya, beberapa kebiasaan ini terbentuk secara tidak sadar dan dapat menjadi kontra-produktif atau membatasi, tetapi sebaliknya Anda sadar dapat membentuk kebiasaan positif yang akan mengubah dan memberdayakan hidup Anda secara signifikan.

Sifat yang paling umum dari orang yang sangat sukses adalah pengakuan dari kekuasaan yang mereka miliki dalam menciptakan realitas dengan mengubah cara mereka berpikir, percaya atau mengharapkannya menjadi kenyataan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengubah pola keyakinan kita adalah dengan berlatih dan menjaga ritual sehari-hari.

Tradisi kuno telah jelas memahami kekuatan ritual dalam memperkuat kebiasaan dan mengubah cara kita melihat dan menciptakan realitas kita untuk waktu yang sangat lama. Sekali lagi, jika Anda melihat ke dalam sejarah kehidupan setiap individu yang sukses, Anda akan menemukan beberapa bentuk ritual dalam rutinitas sehari-harinya.

Berikut adalah beberapa ritual paling mudah namun mengubah hidup Anda yang dapat Anda lakukan setiap pagi. Tentu saja, Anda dapat memiliki ritual sore hari atau waktu tidur sendiri, tetapi ritual pagi sangat efektif dalam memberdayakan hari Anda karena membantu Anda mengisi diri sendiri sebelum semuanya dimulai.

1. Bersyukur

Bersyukur dan menghargai hal-hal kecil dalam hidup Anda mungkin merupakan salah satu ritual yang paling sering diabaikan atau diremehkan. Ini adalah ritual pagi yang sempurna untuk memulai hari Anda dengan cara yang sangat positif.

Kekuatan sebenarnya dari syukur adalah bahwa hal itu membuat Anda memilih dan fokus pada apa yang bekerja dalam hidup Anda apa yang selaras dengan Anda secara keseluruhan. Hal ini selektif positif.

Cukup sering kita hanya memilih titik-titik nyeri, masalah, apapun itu yang tidak bekerja dalam hidup kita dan menyebabkan kecemasan dan ketidakbahagiaan. Ini seperti terus-menerus menulis ulang naskah hidup Anda dengan nada negatif atau tragis. Pikiran bawah sadar Anda mengikut pada apa yang Anda tulis, apakah itu negatif atau positif.

Mulailah hari Anda dengan bersyukur untuk hal-hal positif yang terjadi pada hari sebelumnya atau sepanjang minggu. Ini bisa menjadi sesuatu yang sangat kecil dan kecil. Lakukan setiap pagi dan lihat apa yang terjadi pada siang harinya.

2. Tuliskan tugas terpenting Anda

Ini adalah ritual yang sangat praktis. Mulailah hari Anda dengan mengidentifikasi dan menuliskan satu sampai tiga tugas yang paling penting yang perlu untuk diselesaikan siang hari itu. Tugas ini berupa tugas yang mendukung tujuan jangka panjang atau gairah Anda.

Yang penting dengan ritual ini adalah bahwa Anda mengidentifikasi tugas-tugas dan menyelesaikannya di awal hari sebisa-mungkin.

Menuliskan tugas-tugas terpenting di pagi hari membantu Anda fokus sesuai dengan apa yang penting. Ini membantu Anda memprioritaskan dan mengatur waktu Anda lebih baik. Sebagai hasilnya, Anda menyederhanakan hidup Anda dengan menerapkan fokus dan energi pada apa yang benar-benar penting untuk kemajuan hidup Anda secara keseluruhan.

3. Tegaskan tujuan Anda dengan menulis atau menggambar

Hal ini mirip dengan ide sebelumnya, tetapi berbeda dalam penerapannya dan tujuan. Menuliskan tugas-tugas terpenting Anda di hari itu adalah cara agar tindakan mengikuti. Menegaskan tujuan Anda, di sisi lain, adalah cara yang sangat ampuh mengkristalisasikan visi dan tujuan dalam hidup ke ruang mental sehari-hari Anda.

Menuliskan atau mencoret-coret tujuan Anda di selembar kertas membantu Anda mengeksternalkan tujuan-tujuan dengan memberikan mereka bentuk. Sebagai imbalannya, mereka dipantulkan kembali ke dalam pikiran bawah sadar Anda sehingga memperkuat dan mengintegrasikannya sepenuhnya.

4. Latihan Qi Gong

Menurut filosofi China, Qi (dibaca ‘Chee’) berarti kekuatan hidup atau energi yang melekat dalam segala hal dan Qi Gong adalah latihan untuk mengolah dan mengedarkan energi yang ada dalam tubuh Anda. Hal ini mungkin terdengar esoterik atau rumit, namun sebenarnya Qi Gong merupakan satu set latihan sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas. Ada banyak bentuk dan praktek yang tersedia secara gratis melalui media online.

5. Air Panas dengan Lemon

Cukup tambahkan sepotong lemon dalam segelas air panas dan minum setiap pagi. Ini adalah ritual yang sangat sederhana. Selain sebagai sumber vitamin C, juga merupakan cara yang bagus untuk membilas racun di pagi hari, menyeimbangkan dan memelihara tingkat PH dalam tubuh, mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sendi dan lutut dan membantu menutrisi otak dan sel saraf.

6. Bangun lebih awal

Bangun lebih awal praktis lebih menguntungkan. Misalnya Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk melakukan latihan seperti berjalan, bersepeda atau Qi Gong seperti yang disarankan di atas. Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk bersama diri Anda, bercermin, bermeditasi atau, yang lebih penting, melaksanakan ritual pagi lainnya!

Jadi bangun lebih awal dapat dilihat sebagai dasar untuk semua ritual pagi lainnya.

Juga, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak manfaat lain dari bangun satu atau dua jam lebih awal di pagi hari. Misalnya, telah menunjukkan bahwa tidur lebih awal dan bangun lebih awal membantu membiasakan tubuh dengan ritme sirkadian bumi sehingga mempromosikan tidur yang lebih restoratif. Mereka yang bangun pagi juga cenderung lebih optimis dan dapat mengantisipasi dan memecahkan masalah dengan lebih efisien.

(photo: lifehack.org)