Tips dan Trik Membangun Public Relations untuk Bisnis Anda

Tips dan Trik Membangun Public Relations untuk Bisnis AndaTIPSWIRAUSAHA.COM – Membangun PR dan rencana pemasaran yang efisien merupakan landasan untuk membangun kesuksesan organisasi Anda. Pemasaran dan PR, sayangnya, kadang-kadang bisa mahal, terutama jika Anda baru memulai.

Untungnya, ada kiat dan trik yang mencakup beberapa PR dan pemasaran yang mungkin menawarkan usaha kecil Anda dengan cara yang hemat biaya untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan basis konsumen Anda.

Anda mungkin memiliki produk atau layanan yang sangat baik, namun jika tidak ada yang memiliki pengetahuan tentang hal itu, menghasilkan penjualan mungkin sulit. Public relations dan pemasaran meliputi metode proaktif bagi Anda untuk menyebarkan pesan ke pasar Anda dan menarik pelanggan dan klien potensial.

Pemasaran ialah tentang menemukan metode untuk mencapai audiens yang ditargetkan – pelanggan dan klien potensial yang memiliki minat dan kemungkinan keperluan pada apa yang Anda jual. Public relations meliputi mendapatkan pers dan publisitas positif terhadap bisnis Anda mengenai jasa terbaru, merek, dan inovasi perusahaan.

Berikan tindak lanjut pada pelanggan melalui email

Email merupakan salah satu metode untuk memberikan info pada pembeli mengenai produk baru dan perkembangannya. Karena tingginya spam di luar sana, Anda harus membuat komunikasi email lebih informatif dan menarik.

Mengirimkan email newsletter setiap bulan dengan menargetkan segmen yang berbeda dari basis pelanggan Anda dapat membantu usaha kecil Anda dalam memasarkan produk baru atau menarik bisnis baru.

Menggunakan kekuatan media sosial

Menjadi manajer media sosial Anda sendiri termasuk metode yang sangat berharga untuk mempromosikan perusahaan Anda. Media sosial memberikan pembeli Anda platform untuk terlibat dengan bisnis Anda dengan memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan mengenai produk Anda. Situs media sosial seperti Twitter dan Facebook, Linkedin, Pinterest, dan YouTube merupakan metode ekonomis bagi jaringan dan iklan perusahaan Anda.

Memelihara dan membangun situs Anda sendiri meningkatkan basis pelanggan Anda dan visibilitasnya. Dengan memanfaatkan teknik SEO, perusahaan Anda mungkin muncul di bagian atas jajaran investor, dan klien mencari layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan Anda. Selain itu, menghubungkan ke situs lain memberikan perusahaan Anda bahkan lebih banyak promosi.

Membangun merek melalui blogging

Dirikan blog reguler untuk mempromosikan bisnis Anda, dan jadilah blogger tamu fitur untuk situs tambahan. Menurut direktur B2B Marketing di StraightNorth, Brad Shorr, pengunjung blog telah menjadi sumber publisitas bebas biaya yang sangat baik untuk ia secara pribadi dan agensinya.

Menjadi bagian dalam percakapan online

Hootsuite merupakan alat pemasaran internet tambahan yang terjangkau. Menurut Nellie Akalp, untuk memperluas basis pelanggan, ia menemukan bahwa jalan yang paling hemat biaya termasuk sign up ke Hootsuite dan menggunakan alat pencarian mereka. Ia telah mendirikan frase dan istilah pencarian yang relevan dengan industri dan saat ia melihat seseorang menanyakan masalah atau pertanyaan melalui Twitter, lalu ia memberikan nasihat yang baik.

Menurut Zammuto dari Brand.com, dianjurkan untuk memotong pendekatan tradisional untuk PR sama sekali: Berhenti mengandalkan siaran pers dan mulai melepaskan konten berita asli tentang merek Anda seperti yang Anda mau, serta bagaimana Anda ingin.

Menjaga hubungan dengan jurnalis

Hubungan tidak berhenti setelah berita perusahaan Anda diliput. Bagaimana merek terlibat dengan media atau wartawan setelah cerita dilaporkan dapat membantu menjangkau masa depan. Sebuah email terima kasih singkat untuk jurnalis tersebut tentu merupakan ide yang sangat bagus.

(photo: Getty Images)