4 Alasan Pelanggan Tidak Membagi Konten Anda di Sosial Media

4 Alasan Pelanggan Tidak Membagi Konten Anda di Sosial MediaTIPSWIRAUSAHA.COM – Strategi pemasaran konten dan media digital sering (jika tidak selalu) meliputi berbagi sosia. Menciptakan konten yang sangat menarik, luas dan terkait merupakan langkah penting untuk mendapatkan perhatian audiens.

Tapi sementara tampilan halaman berperan, pemasar perlu pemahaman yang lebih mengenai mengapa orang membagi atau tidak membagi konten.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagi motivasi, Inc.com melakukan survey pada lebih dari 1.000 orang dewasa dan menanyai mereka tentang aspek identitas yang paling penting ketika mereka berbagi secara online.

1. Sebanyak 71% pengguna enggan berbagi konten

Sebanyak 71% dari pengguna Facebook menyensor komentar atau posting yang mereka tulis, menurut sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Facebook dan Carnegie Mellon University. Selama periode penelitian 17 hari, mereka menemukan bahwa 15,3 miliar komentar dan posting ditulis namun dihapus sebelum dibagikan.

Ada banyak pertimbangan yang menjadi faktor proses sensor ini. Salah satu kekhawatiran pengguna ialah bagaimana komentar atau sepotong konten dapat merefleksikan diri mereka sendiri. Lainnya adalah kesesuaian pesan untuk berbagai kalangan sosial – mulai dari teman-teman hingga keluarga – yang semuanya dapat menjadi bagian dari daftar kontak yang sama, dan dengan demikian semua akan melihat posting yang sama.

Terlepas dari penyebabnya, tindakan luas sensor diri adalah informasi bagi pencipta konten bahwa penonton sangat selektif mengenai apa yang mereka share dan secara aktif meninjau dan mempertimbangkan konten.

2. Konten di-share berdasarkan bagaimana pengguna ingin dilihat

Menurut ilmu sosial, lima kategori besar mencakup aspek diri kita yang membantu menentukan bagaimana kita berperilaku:

– Identitas relasional
– Identitas pribadi
– Identitas sosial
– Identitas superficial
– Identitas kolektif

Kami menilai pentingnya setiap faktor dalam setiap situasi sosial yang kita hadapi, dan memprioritaskan aspek ini sesuai dengan keadaan kita saat ini.

Peringkat identitas ini penting untuk memahami ketika bicara mengenai berbagi secara online. Aspek yang paling menonjol ketika pengguna media sosial menentukan jenis konten mereka yang paling mungkin untuk di-share. Semakin banyak konten mengenai bagaimana cara mereka ingin dilihat, semakin banyak share konten yang Anda akan dapatkan.

3. Pengguna ingin dilihat sebagai teman baik

Sebanyak 84% dari responden dalam survei mengatakan bahwa “menjadi teman yang baik untuk orang-orang yang saya pedulikan” merupakan faktor penting yang mereka pertimbangkan ketika mereka menggunakan media sosial; 20% mengatakan bahwa hubungan “sangat penting.”

Pencipta konten akan mendapatkan paling banyak daya tarik dengan membangun kampanye yang membantu orang berhubungan satu sama lain ketika mereka berbagi. BuzzFeed telah menemukan kesuksesan online yang unik dengan memanfaatkan wawasan ini, menurut Ze Frank, kepala BuzzFeed video, dan berfokus pada konten yang mendorong pengguna untuk berbagi.

4. Berbagi tujuan dan nilai

Setelah hubungan, 63% dari pengguna media sosial mengatakan bahwa nilai-nilai mereka, tujuan, dan impian – aspek identitas pribadi – adalah masalah paling penting berikutnya dalam daftar mereka. Hal ini terutama berlaku untuk generasi muda.

(photo: Getty Images)