Tips Berdagang Ala Orang Cina

Tips Berdagang Ala Orang CinaAnda pasti penasaran kenapa toko orang Cina selalu rame oleh pembeli meskipun banyak saingan di sekitar mereka. Mereka selalu memilih untuk menjadi pedagang daripada menjadi seorang pegawai perusahaan.

Nah kami mempunyai beberapa tips yang bisa membantu toko Anda lari manis seperti halnya toko orang-orang Cina.

Hal yang paling perlu diperhatikan adalah selalu bisa membaca peluang dimanapun dan kapanpun bisnis yang bisa menghasilkan uang. Contohnya menjelang hari raya Idhul Fitri Anda bisa menjual baju-baju khususnya busana muslim.

Atau mendekati hari Imlek Anda bia menjual barang-barang seperti gaun, kaos, hem yang berwarna merah atau menjual accesoris imlek misalnya lilin, lampion, dan amplop angpaow. Jadi Anda bisa menjual barang sesuai dengan musim dan kecendrungan kebutuhan orang banyak.

Nah, berikut ini adalah sejumlah hal yang patut Anda pertimbangkan untuk menjalankan bisnis Anda seperti halnya kebanyakan orang Cina melakukannya sehingga cepat sukses:

Mendapatkan Modal

Setiap orang yang ingin usaha pasti bertanya-tanya modal didapatkan dari mana? Sebetulnya banyak pilihan mulai dari pinjam ke bank atau kita bisa menjual barang tanpa mengeluarkan uang sama sekali hanya dengan sistem konsinyasi yaitu sistem kerja sama dengan pemilik barang untuk dijualkan dengan sistem bagi hasil.

Dalam hal ini memang dibutuhkan suatu kepercayaan, jadi dalam hal ini harus ada seseorang yang mau menjamin bahwa Anda adalah seorang pengusaha yang jujur dan bisa dipercaya.

Memilih Lokasi Toko

Lokasi toko perlu kita pertimbangkan juga karena hal ini berpengaruh terhadap barang dagangan yang kita jual dan konsumen yang akan membeli.

Misalkan saja Anda buka toko di perumahan yang sepi belum banyak penduduknya, disana jauh dari kota Anda bisa membuka toko dengan menjual barang-barang sembako seperti beras, gula, minyak, elpiji dan sebagainya.

Dengan tidak adanya pesaing lebih memudahkan Anda berjualan, karena konsumen di perumahan pasti juga membutuhkan sembako.

Mengelola Barang Dagangan

Rahasia sukses suatu toko yaitu mampu mengolah barang dagangan menjadi uang. Jika semakin cepat perputarannya maka semakin banyak pula keuntung yang akan didapat. Sebaiknya modal kita jadikan barang dagangan semua jika masih berupa uang pun sebaiknya ditabungkan.

Penetapan Harga

Kadang kita merasa bingung untuk menetapkan harga, untuk hal itu Anda bisa mencari tahu harga barang yang Anda jual melalui pesaingan Anda.

Caranya mudah Anda bisa membeli satu barang dari pesaing Anda sekalian tanya harga barang yang lain, dengan cara tersebut Anda bisa menetapkan harga barang di toko Anda.

Mengatur Keuangan Toko

Sebagai pemilik toko Anda harus bisa mengatur keuangan, meskipun Anda kecil sekalipun, jika tidak bisa mengatur keuangan bisa-bisa malah bangkrut.

Nah apabila hari ini banyak pembeli yang membeli di toko Anda, dan penghasilan melebihi target perhari sebaiknya uang itu dikumpulkan dan jangan gunakan untuk kebutuhan.

Mempromosikan Toko

Cara mempromosikan toko banyak sekali caranya, mulai dari mencetak brosur kemudian dibagi-bagikan ke rumah-rumah ataupun di jalan-jalan, mengajak tetangga baru berkenalan untuk mampir di toko Anda, yang pada akhirnya orang baru itu akan malu jika tidak mampir ke toko Anda.

Pelayanan yang Baik

Pelayanan diutamakan dalam berjualan, karena dengan pelayanan yang baik dan ramah maka konsumen akan lebih memilih membeli di toko Anda dibandingkan membeli ke toko lain yang pelayanannya tidak ramah.

###

Semoga tips ini bisa menambah percaya diri Anda dalam berjualan dan membuat toko Anda semakin laris. Karena salah satu cara yang kita ketahui tapi tidak kita sadari orang Cina bisa bertahan berjualan dikarenakan mereka ulet dan bekerja keras tidak mengenal kata menyerah.