5 Tips Mendorong Perilaku Positif

5 Tips Mendorong Perilaku PositifTIPSWIRAUSAHA.COM – Jika Anda menempatkan pikiran Anda di zona positif, pasti ada saja yang bisa menghambat Anda, di tempat kerja, di rumah, atau di mana pun.

Berikut adalah lima cara sederhana untuk menjaga sikap Anda – dan diri Anda sukses – bahkan dalam masa-masa sulit:

1. Mengelola penolakan

Sangat mudah untuk berkecil hati ketika peristiwa yang tak diharapkan terjadi. Caranya adalah dengan menempatkannya dalam perspektif: Sebagian besar akan berlalu dan menjadi tidak penting seiring waktu. Sangat mudah untuk merasa seolah satu saja kegagalan atau penolakan adalah akhir dari dunia, tapi sebenarnya tidak.

Bahkan, kemunduran sering memberikan Anda kesempatan untuk mengubah penolakan menjadi suatu kemenangan.

Sebagai seorang entrepreneur, bisnis kadang berjalan cepat sehingga seringkali mengalami kegagalan. Gunakan saja sebagai pembelajaran lalu terus bergerak maju. Percayalah, tidak ada kegagalan dalam hidup, hanya penundaan. Kegagalan adalah batu loncatan, bukan batu sandungan, untuk mencapai sukses yang lebih besar. Jika tak pernah gagal, bagaimana bisa sukses?

2. Bersihkan diri dari kebencian

Kebencian yang sedang berlangsung mengikis sikap dan semangat, dan memberikan kesan yang salah bahwa Anda tidak memiliki kontrol atas hidup Anda. Tapi Anda membuat pilihan yang menempatkan Anda di mana Anda berada, dan tidak akan ada gunanya menyalahkan keadaan Anda pada orang lain.

Menerima tanggung jawab. Terimalah bahwa Anda adalah penguasa kapal Anda – dan mengambil alih komando. Untuk menjaga sikap positif, rangkul konsep bahwa tidak ada kebencian yang dibenarkan dalam hidup.

3. Bergaul dengan orang-orang positif

Orang negatif menarik lain ke bawah. Jika Anda ingin tetap positif, menjauhlah dari mereka.Habiskan sesedikit-mungkin waktu bersama mereka. Orang yang positif, di sisi lain, hampir selalu menjadi pemenang, dan keberhasilan mereka menular ke orang-orang yang bergaul dengan mereka.

4. Berikan pujian setidaknya satu orang setiap hari

Bila Anda memberikan pujian, itu membuat mereka merasa baik. Bahkan lebih baik, itu membuat Anda merasa baik. Anda melakukan sesuatu yang baik bagi mereka dan mengangkat semangat mereka.

Satu kata peringatan: Berikan hanya pujian yang tulus. Jika Anda berpura-pura, orang akan bisa memgetahuinya, dan hal itu malah akan menimbulkan kecurigaan bagi mereka.

5. Jadilah antusias

Antusiasme itu menular dan menarik orang lain pada Anda seperti magnet. Anda mungkin tidak selalu merasa antusias, tapi untungnya ada sesuatu yang dapat Anda lakukan: Paksakan! Seperti Dale Carnegie mengajarkan, “Ketika Anda bertindak antusias, Anda akan antusias.”

Positif adalah komoditas berharga di dunia yang kacau ini, tetapi mereka yang mengolahnya secara teratur berakhir lebih baik. Menggunakan tips ini sebagai titik awal, mencari kesempatan untuk menanamkan hari Anda dengan kebahagiaan!

Semoga bermanfaat!