11 Tips Sukses Menjadi Entrepreneur

11 Tips Sukses Menjadi EntrepreneurTIPSWIRAUSAHA.COM – Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan perusahaan Anda sendiri tetapi tidak memiliki semua jawaban, seorang entrepreneur serial adalah salah satu dari orang-orang terbaik untuk dimintai saran.

Salah satu sumber pengetahuan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Mitch Berk, CEO layanan perjodohan Search Selective, yang memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun meluncurkan dan mengembangkan usaha, serta bekerja pada kampanye pemasaran yang melibatkan orang-orang seperti Rolling Stones, Kenny Rogers, dan Tim McGraw.

Berikut nasihat beliau agar bisa berhasil sebagai seorang entrepreneur:

1. Miliki visi yang jelas

Ketika Anda memulai bisnis Anda, Anda harus jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Apa yang unik dari yang Anda tawarkan pada dunia? Bagaimana ia lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengimplementasikan visi Anda?

2. Percaya pada diri sendiri

Jika Anda tidak percaya pada diri Anda sendiri, terlebih lagi orang lain. Bahkan, keyakinan Anda harus tahan dalam menghadapi ujian tak terelakkan yang akan menyerang semangat Anda.

“Energi positif melahirkan hasil positif,” kata Berk. “Anda tidak boleh menunjukkan kelemahan atau kurangnya komitmen pada apa yang Anda coba lakukan.”

3. Memupuk ketahanan

Ini mungkin sifat yang paling penting dari setiap entrepreneur sukses, mengingat jatuh-bangun adalah salah satu hal yang Anda dapat andalkan lebih dari apapun. “Biasakan untuk itu,” kata Berk. “Anda [harus] melupakan rasa sakit hari kemarin dan membawa semua energi positif Anda.”

4. Pekerjakan orang cerdas dan berkomitmen

Pekerjakan orang-orang tersebut sebagai kualifikasi. Kemudian, ketika perusahaan Anda menghadapi rintangan di jalan, Anda dapat yakin bahwa orang-orang terbaik ada di sisi Anda. “Lihatlah ke jiwa mereka untuk menilai apakah mereka berkomitmen dan berkualitas,” katanya.

5. Berusahalah untuk mengembangkan inovasi

Inovasi – terutama sesuatu yang dapat dipatenkan atau dilindungi – akan memisahkan perusahaan Anda dari kompetisi, meningkatkan permintaan untuk produk atau jasa, dan meningkatkan ekuitas Anda ketika berpikir mengenai strategi keluar Anda.

“Tidak ada tempat dalam bisnis apapun untuk produk atau jasa yang sekedar ikut-ikutan. Tidak ada hambatan masuk. Mereka akan tersingkir dengan begitu mudah,” katanya.

6. Kembangkan dewan penasihat

Anda tidak tahu segalanya. Orang pintar mengelilingi diri dengan mentor yang bijaksana, dapat dipercaya, dan berpengalaman yang dapat memberikan saran mengenai strategi jangka panjang maupun pendek, dan keputusan keuangan.

“Anda dapat memberikan forum ini otoritas yang nyata untuk melakukan pengawasan atau Anda hanya dapat meminta mereka untuk melayani sebagai penasihat, tapi bagaimanapun, jenis informasi dan perspektif yang akan Anda peroleh dari jenis-jenis orang pintar akan memotivasi, merangsang, dan sangat membantu,” katanya.

7. Upayakan untuk membangun keuntungan operasi dan nilai ekuitas

Meskipun Anda mungkin berfokus untuk menghasilkan uang dan memaksimalkan keuntungan, hal itu sama pentingnya untuk mengelola arus kas Anda dengan benar. “Sebagai entrepreneur, Anda akan membuat keputusan dengan cara yang berbeda dan Anda akan menjalankan perusahaan berbeda jika nilai ekuitas merupakan tujuan yang sejajar dengan profit dari awal,” katanya.

8. Jangan mengambil jalan pintas

Anda tidak akan pernah memiliki cukup anggaran untuk melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan, karena itu Anda harus memprioritaskan apa yang benar-benar penting dan mengeksekusinya pada tingkat tertinggi.

“Ini akan mencegah pengusaha dari harus menghabiskan lebih banyak waktu dan lebih banyak uang untuk mengulangi item yang dikembangkan sebagai pendekatan Band-Aid,” katanya. “Tidak pernah cukup waktu untuk melakukannya, tapi selalu ada cukup waktu untuk mengulang itu.”

9. Pahami bahwa uang adalah raja

Arus kas Anda adalah apa yang membuat Anda hidup, dan kurangnya hal tersebut akan mengakibatkan jalan pintas, pengambilan keputusan yang buruk, dan mengambil terlalu banyak utang. “Semua hal ini dapat menjadi bencana dalam hal usia dan kehidupan bisnis Anda,” katanya.

10. Menciptakan ide-ide yang baik dalam skala

Buatlah setiap keputusan seolah-olah perusahaan Anda suatu hari nanti akan menjadi 100 kali lebih besar dari itu. “Ada nilai yang unik untuk model bisnis terukur dari satu hari,” katanya. “Pada titik tertentu, skalabilitas yang akan memberikan keadilan … [yang] akan membuat Anda merasa bersyukur untuk semua jam-jam kerja keras dan semua tekanan dan pengorbanan yang Anda buat untuk membangun bisnis Anda.”

11. Tetap jujur dengan asal ide bisnis Anda

Dengan kata lain, melakukan hal-hal yang konsisten dengan integritas, kepribadian, dan merek. Bahkan, budaya internal Anda adalah hal yang sama seperti merek Anda.

“Ketika bisnis tumbuh, ia cenderung menjauh dari akar mengapa mereka didirikan,” katanya. “Dengan memiliki budaya yang kuat yang tidak terpisahkan, Anda cenderung mampu mempertahankan intensitas asal ide Anda lebih lama.”

(photo: Getty Images)