Tips Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Tips Mengubah Hobi Menjadi BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Untuk membantu Anda mengetahui bagaimana mengubah hobi Anda sendiri menjadi sebuah bisnis, beberapa CEO yang telah berhasil dengan menjadikan hobi sebagai karir berbagi cerita.

1. Cari cara mengubah hobi Anda menjadi bisnis

Nancy Collamer, penulis Second-Act Careers: 50+ Ways to Profit from Your Passions During Semi-Retirement, memberikan 6 saran. Jika Anda tahu bahwa Anda ingin mengubah hobi Anda menjadi sebuah bisnis, tetapi Anda tidak yakin persisnya bagaimana, ini adalah tempat yang baik untuk mulai berpikir.

– Mengajarkan orang lain untuk melakukan apa yang Anda sukai. Apakah itu pelajaran gitar, kelas memasak, atau perbaikan sepeda, praktis apapun dapat diajarkan. Anda dapat melakukan ini secara online melalui kursus web, atau melalui perguruan tinggi atau program pendidikan berkelanjutan.
– Menjual, mengimpor, menemukan, atau membuat produk kerajinan atau aksesori untuk penggemar hobi Anda.
– Ajarkan bisnis dari hobi.
– Berbicara atau menulis tentang hobi Anda. Hobi terkait topik how-to, perspektif sejarah, atau cerita-cerita menarik bagi penggemar.
– Buat tur atau performance apa yang Anda sukai. Contohnya Tony Mula, ia mengubah contanya pada pizza dan Brooklyn menjadi wisata pizza A Slice of Brooklyn. Dan, jika Anda seorang penggemar sepeda dengan kecenderungan untuk perjalanan, bagaimana memulai sebuah perusahaan tur sepeda bagi wisatawan?
– Menilai dan memperbaiki item yang terkait dengan apa yang Anda sukai. Kebanyakan hobi memiliki barang-barang yang terhubung dengan hobi tersebut, dan kadang-kadang, barang itu perlu diperbaiki oleh seorang ahli dan berpengetahuan. Jadi Anda bisa memperbaiki komputer, menilai koleksi, memperbaiki sepeda, mencari sumber kerusakan yang tidak biasa, atau hal serupa.

2. Lakukan penelitian dan susun rencana

Setelah Anda tahu bagaimana Anda akan mengubah hobi Anda menjadi sebuah bisnis, langkah berikutnya adalah mencari tahu sebanyak mungkin tentang industri Anda. Pengacara bisnis Nina Ries dari Ries Law Group di Los Angeles, merekomendasikan proses 5 langkah:

– Penelitian. Belajar sebanyak mungkin tentang industri yang Anda bisa. Ketahui ruangnya. Luangkan waktu untuk memahami pemain dan bagaimana mereka berpikir.
– Evaluasi. Setelah Anda memahami ruang, Anda harus mengambil beberapa waktu untuk kembali mengevaluasi kualitas ide. Jangan takut untuk menjadi hiper-kritis. Mintalah ide dari orang lain.
– Mengembangkan rencana. Ketika Anda mengembangkan rencana bisnis dan rencana membangun, dan pikirkan setiap langkah, dan apa yang akan Anda butuhkan untuk mengambil setiap langkah. Rencana untuk memiliki informasi dan sumber daya yang Anda akan butuhkan pada setiap penanda. Anda akan membutuhkan sebuah tim untuk memastikan bahwa rencana Anda adalah komprehensif dan bahwa Anda telah menyentuh semua isu utama.
– Membangun sebuah tim. Pertimbangkan siapa saja yang Anda perlukan.
– Lakukan. Lemparkan diri ke dalamnya. Dan jangan melihat ke belakang. Bekerja keras, namun kendurkan beberapa saat. Anda akan membuat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut, lakukan penyesuaian, dan lanjutkan.

3. Bersikeras

Alden Mills, mantan Angkatan Laut SEAL, Pendiri Perfect Fitness, dan penulis buku Be Unstoppable, The 8 Essential Actions to Succeed at Anything, adalah orang yang tepat jika Anda membutuhkan banyak motivasi. Tidak hanya menulis, tetapi ia juga memiliki gelar MBA dari Carnegie Mellon dan telah mengubah kecintaannya pada kebugaran menjadi pekerjaan penuh-waktu. Jika Anda membutuhkan motivasi serius, saran orang ini adalah untuk Anda:

– Tentukan. Ketahui apa itu kesuksesan, dan buat agar terukur. Mengatakan bahwa kesuksesan adalah untuk menjadi bahagia bukanlah tujuan terukur. Untuk menjadi sukses adalah tahu apa yang Anda inginkan dari kesuksesan dan tahu kapan Anda telah mencapai tujuan.
– Memahami alasan. Setelah Anda mengetahui apa, maka Anda harus tahu alasan di balik kesuksesan yang Anda cari. Anda melihat terlalu banyak orang di luar sana yang terjebak dalam apa yang orang lain pikirkan atau lihat dalam suatu keberhasilan. Agar benar-benar sukses, Anda harus memahami bagaimana Anda ingin sukses dan mengapa Anda menginginkannya. Setelah Anda menentukan alasannya, maka Anda akan berada di jalan untuk mencari tahu cara Anda.
– Bertahan.

4. Tips untuk bisnis berbasis produk

Jika Anda akan menjual produk fisik, Lauren Fritsch, pendiri Let Them Wear Green, sebuah perusahaan yang menjual aroma khas Lauren, Adalene Love Perfume Balm, telah berbagi beberapa tips yang sangat berguna:

– Memahami biaya. Kebanyakan hobi kita lakukan karena cinta, dan kemudian berubah menjadi sebuah bisnis, kita perlu memahami baik biaya bahan dan biaya waktu.
– Jangan pernah meremehkan kekuatan dari pengecer.
– Memupuk penggemar konsumen. Jual langsung kepada konsumen kini lebih mudah berkat internet. Margin keuntungan menjadi lebih tinggi, kuantitas (dan oleh karena itu investasi) menjadi lebih rendah.
– Bersiaplah untuk penjualan siklus. Penjualan dalam satu bulan mungkin besar, namun berikutnya bisa menjadi tenang. Gunakan waktu itu untuk melakukan upaya pemasaran, jangan panik, bagaimanapun hobi Anda menghasilkan uang!

(photo: bplans.com)