Lakukan Ini Sebelum Membuat Rencana Bisnis

Lakukan Ini Sebelum Membuat Rencana BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Jadi, Anda telah diminta untuk menulis sebuah rencana bisnis. Kemungkinan pikiran Anda akan dipenuhi dengan gambar dokumen lama, kenangan buruk penulisan makalah, dan kekhawatiran dalam melakukan riset pasar dan menciptakan prakiraan keuangan.

Ambil napas dalam-dalam.

Hari ini, kami akan memandu Anda melalui cara yang lebih mudah untuk memulai rencana bisnis Anda, dan menunjukkan cara untuk mengembangkan strategi menang.

Tapi pertama-tama, mari kita bicara tentang mengapa Anda menulis rencana bisnis.

Kebanyakan bisnis memulai proses perencanaan karena mereka mengajukan kredit atau mencari dana dari investor. Tapi, di luar perlunya untuk mengembangkan rencana yang akan terkesanmengesankan bank atau investor, Anda tentu ingin membangun sebuah perusahaan yang solid. Anda ingin mengembangkan strategi yang akan membantu bisnis Anda tumbuh dan menjadi sukses.

Sementara rencana bisnis tradisional dapat membantu Anda mengembangkan strategi, mereka memiliki beberapa kelemahan.

Rencana bisnis tradisional memakan waktu terlalu lama untuk ditulis, mereka jarang diperbarui, dan mereka memakan waktu untuk dibaca.

Sekarang, mungkin ada titik dalam karir bisnis Anda dimana Anda akan perlu untuk memberikan rencana bisnis resmi pada bank, investor, atau mitra bisnis lainnya. Tapi, sampai saat itu, kami sarankan Anda mulai merencanakan Anda dengan proses picth yang lebih sederhana, yang akan membantu Anda mengembangkan strategi bisnis Anda.

Membangun pitch membutuhkan waktu kurang dari 20 menit. Anda bahkan dapat membangun beberapa untuk mencoba ide-ide bisnis yang berbeda.
Membangun pitch membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

Sebuah pitch memaksa Anda untuk menyaring ide-ide bisnis Anda ke dalam inti dari strateg. Sebagai ahli perencanaan Tim Berry mengatakan, “strategi yang baik adalah tentang apa yang Anda tidak lakukan.”

Dan, sekali Anda telah dipaku strategi bisnis Anda, Anda dapat memperluas dengan dokumen rencana bisnis yang lebih banyak yang merinci pitch Anda.

Pitch merupakan ikhtisar bisnis Anda dalam tngkatan yang sangat tinggi. Setiap bagian harus menjadi poin-poin sedikit, sehingga Anda harus dapat menyelesaikan draft awal dari lapangan di 20 menit atau kurang.

Apa yang harus ada dalam pitch Anda:

1. Identitas Anda

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari orang lain? Apa fokus Anda? Misalnya, identitas toko sepeda mungkin, “Kualitas tinggi gigi sepeda untuk keluarga dan orang-orang biasa.” Dengan identitas ini, toko sepeda ini memiliki fokus.

Ini menggambarkan siapa mereka dan apa yang mereka coba lakukan. Idealnya, Anda harus mampu menggambarkan identitas Anda dalam satu atau dua kalimat pendek.

2. Masalah apa yang Anda coba pecahkan

Bagaimana Anda membantu pelanggan Anda? Masalah apa yang akan Anda coba bantu untuk mereka atasi? Jangan berpikir bahwa bisnis Anda tidak memecahkan masalah; misalnya, sebuah restoran baru akan mengisi kebutuhan untuk jenis tertentu masakan, atau suasana tertentu yang saat ini tidak tersedia di lingkungan tertentu.

3. Solusi Anda terhadap masalah

Bagaimana bisnis Anda memecahkan masalah pelanggan? Apa produk atau jasa Anda? Pastikan produk atau jasa Anda dapat menangani kebutuhan pelanggan Anda.

4. Palanggan Anda

Siapa pelanggan ideal Anda? Sebuah latihan yang baik adalah untuk menciptakan suatu persona pembeli, tapi Anda hanya bisa menuliskan beberapa catatan pada tahap ini tentang siapa pelanggan Anda. Fokus pada pelanggan atau kelompok tertentu. Berfokus pada “semua orang” bukanlah strategi bisnis yang sehat.

5. Kompetisi

Siapa pesaing Anda, dan apa yang membedakan Anda? Bagaimana Anda lebih baik atau berbeda dari pilihan lain yang tersedia untuk pelanggan Anda?

6. Saluran penjualan

Bagaimana Anda akan mencapai target pelanggan Anda? Apakah Anda memiliki sebuah toko tunggal? Apakah Anda menjual secara online? Apakah Anda mengandalkan distributor untuk menyalurkan produk Anda ke toko-toko?

7. Aktivitas pemasaran

Bagaimana Anda akan membiarkan pelanggan Anda tahu tentang produk atau jasa Anda? Apakah Anda perlu mengunjungi pameran dagang? Apakah Anda akan membeli iklan online?

8. Tim Anda

Mungkin kunci tunggal untuk bisnis yang sukses adalah sekelompok besar orang untuk mengubah ide menjadi kenyataan. Apakah Anda memiliki orang yang tepat? Jika Anda membutuhkan anggota tim kunci tambahan untuk membantu Anda membangun bisnis, identifikasi mereka di sini.

9. Model bisnis Anda

“Model bisnis” terdengar seperti istilah yang membingungkan, tapi itu adalah cara untuk menjelaskan tentang bagaimana Anda akan menghasilkan uang.

Pada tahap awal munculnya ide bisnis Anda, Anda hanya dapat menuliskan poin-poin tentang bagaimana Anda akan menghasilkan uang dan apa biaya kunci yang diperlukan. Ketika Anda memperbaiki ide bisnis Anda, Anda akan ingin mengubah catatan awal ini ke dalam perkiraan penjualan dan anggaran biaya.

Tapi di awal 20-menit pitch Anda, tuliskan saja daftar singkat dari hal-hal yang akan dikenakan dan biaya penting saat Anda menjalankan bisnis.

10. Batu loncatan

Ide tak berarti apa-apa tanpa eksekusi yang dapat mengubah ide Anda menjadi sebuah bisnis yang nyata. Gunakan “batu loncatan” untuk membuat daftar hal-hal penting yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis Anda.

Apakah Anda perlu mencari lokasi? Mungkin Anda perlu untuk mendapatkan persetujuan FDA untuk perangkat medis baru. Buat daftar tonggak penting yang perlu Anda capai di sini. Idealnya, tambahkan tanggal perkiraan dan daftarkan siapa yang akan menyelesaikan setiap tugas.

11. Mitra dan sumber daya

Jika Anda perlu bekerja dengan perusahaan lain atau mitra bisnis untuk mendapatkan ide Anda dari awal, daftarkan para mitra dan sumber daya di sini. Apakah Anda membutuhkan produsen atau pemasok untuk produk Anda? Apakah Anda memerlukan distributor untuk mendapatkan produk Anda di rak-rak toko?

(photo: http://youthvillage.co.za)