Tips Memulai Bisnis dan Tetap Bekerja

Tips Memulai Bisnis dan Tetap BekerjaTIPSWIRAUSAHA.COM – Menguji ide Anda untuk bisnis baru sebelum Anda berhenti dari pekerjaan Anda selalu merupakan ide yang bijaksana.

Ini memberi Anda kesempatan untuk memastikan Anda benar-benar menikmati bekerja untuk diri sendiri dan bisnis Anda secara ekonomi, sekaligus memungkinkan keamanan keuangan gaji tetap. Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk “test-drive” impian kewirausahaan Anda.

Namun melakukan keduanya tidaklah mudah. Faktanya, hal ini menguji apakah Anda punya dedikasi dan motivasi yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha. Jika Anda dapat mengelola stres kehidupan ganda kerja dan impian Anda, kemungkinan Anda punya apa yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda sendiri.

Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat untuk menjaga bisnis Anda (dan kewarasan Anda!) tetap berada di bawah proses:

Belajar berkata “Tidak”

Membuat daftar hal yang harus dilakukan adalah sama pentingnya dengan membuat daftar hal yang tidak harus dilakukan. Sekarang bukan waktunya untuk mencoba membuat semua orang senang atau menjadi teman bagi semua orang; sekarang adalah waktu untuk mengetahui batas Anda dan mengambil sikap.

Berlatih dan menjadi nyaman dengan ungkapan-ungkapan seperti, “Maaf, tapi saya sedang sibuk,” dan, “Saya berharap saya bisa, tapi saya sudah ada janji.” Kunci untuk mengatakan tidak tanpa terdengar menjengkelkan adalah untuk tetap sederhana (tidak lama, biarkan alasan mengalir), ungkapkan penyesalan tulus Anda, dan berhenti di situ.

Anda punya hak untuk mengatur sendiri prioritas Anda.

Segalanya 80/20

Anda mungkin pernah mendengar tentang Prinsip Pareto: 80 persen dari hasil Anda berasal dari 20 persen usaha Anda. Pada dasarnya, ia berargumen bahwa memfokuskan energi Anda pada tugas-tugas yang memberikan keuntungan tertinggi atas investasi adalah langkah cerdas. Segala sesuatu yang lain? Anda mungkin bisa lolos dengan membiarkannya meluncur.

Hal ini berlaku tidak hanya ketika bicara mengenai bisnis Anda, tetapi juga ketika bicara mengenai bagian hidup Anda yang lain. Ketika Anda menekan dua pekerjaan, Anda tidak bisa memegang terlalu banyak ketika hal-hal tertentu dalam hidup Anda berjatuhan di pinggir.

Daripada mencoba untuk melakukan segala sesuatu, cobalah fokus hanya untuk melakukan hal-hal penting. Rumah Anda mungkin sedikit berantakan, tapi setidaknya Anda bisa melakukan laundry untuk menjaga kebutuhan pakaian keluarga Anda dan cukup hidangan untuk dimakan setiap malam. Anda mungkin tidak dapat membuat makanan dari awal, tetapi cobalah untuk mendapatkan pesan-antar sehat pada malam Anda mengejar waktu.

Sediakan waktu untuk diri sendiri

Saat Anda harus memulai bisnis dan memikirkan pekerjaan Anda, Anda mungkin merasa egois dan membuang-buang waktu jika harus melakukan sesuatu yang tidak menghasilkan uang. Jika Anda tidak bisa beristirahat sekarang atau kemudian untuk kepentingan Anda sendiri, usahakanlah demi bisnis Anda.

Jika membantu, jadwalkan waktu untuk diri sendiri di kalender Anda seperti Anda akan menjadwalkan waktu untuk sebuah proyek. Perlakukan diri Anda sebagai klien lain, dan patuhi jadwal “me time” Anda dengan disiplin sama seperti ketika Anda akan mematuhi batas waktu klien.

(photo: bplans.com)