6 Cara Mengetahui Apakah Ide Bisnis Anda Bagus atau Tidak

6 Cara Mengetahui Apakah Ide Bisnis Anda Bagus atau TidakTIPSWIRAUSAHA.COM – Jadi Anda memiliki ide bagus untuk bisnis? Bisa jadi ini akan mengubah segalanya, dan menempatkan Anda pada peta. Anda akan dicari-dicari investor.

Namun, bagaimana Anda tahu jika itu benar-benar ide yang bagus? Perlu diingat, dunia ini penuh dengan orang-orang yang ingin sukses dalam bisnis.

Untuk menemukan jawaban yang lebih baik daripada “insting,” pemilik usaha kecil sukses berbagi tentang bagaimana mereka melindungi nilai taruhan mereka, dan jawabannya kreatif serta mudah diimplementasikan.

Berikut adalah enam hal yang dapat Anda lakukan untuk mencari tahu apakah Anda memiliki ide yang baik.

1. Tanyakan sekelompok kolega, mentor, atau penasihat

Mungkin Anda memiliki orang-orang dalam kehidupan Anda, terutama jika Anda telah bekerja dengan mereka berkaitan masalah bisnis sebelumnya, yang menurut Anda merupakan rekan-rekan yang terpercaya atau penasehat.

Jika Anda memiliki ide bisnis Anda ingin Anda uji, pertimbangkan untuk meminta orang-orang ini memberikan umpan balik yang jujur.

Bagaimana jika Anda baru memulainya dan tidak mengenal siapapun dalam bisnis? Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Mentor bisa berarti orang-orang dalam bidang yang sama, atau bahkan mentor gratis atau penasihat bisnis melalui lembaga lain, tetapi nilai untuk mendapatkan opini profesional mengenai ide Anda tidak pernah cukup.

Mereka adalah orang yang pernah berada di posisi Anda dan tahu seluk-beluknya. Bimbingan dan saran mereka dapat memberikan perbedaan antara sadar akan maju dengan proyek gagal atau melakukan penyesuaian penting yang bisa membawa kesuksesan.

2. Jangan lupakan teman dan keluarga

Pastikan Anda selalu terhubung dengan sesama profesional, tapi jangan meremehkan lingkaran Anda. Tumbuhkan kelompok hubungan pribadi cerdas dan pintar yang memperkaya hidup Anda.

Amy Olson, pendiri Kuhfs, sebuah perusahaan yang menjual aksesoris boot, mengatakan: “Sekelompok teman-teman saya menjadi penguji prototipe dan penguji konsep selama berbulan-bulan. Setiap kali membuat desain ulang, saya akan memberikan prototipe pada teman-teman saya dan mereka akan mengenakannya dan melaporkan kembali kepada saya.”

Melalui umpan balik dari teman-temannya, Olson mampu mengubah desain dari waktu ke waktu hingga menjadi produk yang memenuhi kebutuhan mereka, dan ia mampu menyebarkannya ke pasar yang lebih besar.

3. Lakukan riset pasar

Beberapa pengusaha sukses memberitahu bahwa memasang iklan umum di situs gratis untuk membentuk kelompok fokus adalah cara yang mudah dan efektif. Setiap orang harus melakukan beberapa jenis riset pasar untuk menguji ide bisnis mereka, dan metode ini dapat diakses dan murah.

4. Kampanye akar rumput

Kampanye akar rumput biasanya merujuk kepada orang-orang agar keluar ke komunitas mereka secara fisik, untuk berbicara dengan orang secara langsung tentang masalah atau penyebab. Dari pintu ke pintu untuk mendirikan stan, itu salah satu metode yang sering digunakan di era pra-internet untuk mengumpulkan banyak data.

Pendekatan kuno ini adalah ide bagus bagi mereka yang memulai bisnis di kawasan tertentu. Jika ide bisnis Anda adalah membuka toko atau restoran di kawasan tertentu, keluar ke jalan-jalan dan menanyakan langsung apa yang penduduk setempat inginkan dan butuhkan adalah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang akan berhasil di sana.

5. Jadilah kelinci percobaan Anda sendiri

Beberapa ide bisnis memerlukan kelinci percobaan manusia atau orang yang bersedia menjadi sukarelawan untuk menggunakan produk atau melakukan layanan. Siapa yang lebih baik dari diri sendiri untuk melihat apakah ide Anda bekerja?

Pendekatan ini tidak akan bekerja untuk segala sesuatu, tetapi jika Anda bisa memulai dari yang kecil dan menguji ide Anda sendiri, Anda akan menghemat waktu dan uang yang akan Anda habiskan untuk melibatkan mitra atau kelompok fokus.

6. Jalankan iklan tes

Yang satu ini bisa memerlukan sedikit modal, tapi hasilnya layak. Bryan Clayton dari Green Pal, layanan lanskap, mengatakan bahwa menjalankan beberapa iklan tes cepat dan murah dengan Google Adwords atau Facebook dapat menjawab pertanyaan yang sangat penting, “Apakah ada yang peduli tentang ide bisnis ini?”

(photo: bplans.com)