Peluang Usaha Budidaya Tokek

Peluang bisnis ternak tokekPada saat ini budidaya ternak tokek bisa dibilang usaha yang paling menjanjikan serta mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Saat ini tokek bisa dibilang sebagai hewan yang paling fenomenal. Harga tokek yang berukuran di atas 4 ons lebih bisa mencapai 500 juta rupiah bahkan lebih mahal dari hewan kesayangan manapun seperti ikan arwana yang terkenal sejak dulu dengan harganya yang sangat tinggi.

Untuk harga tokek ini memang belum dipastikan benar, tetapi ada beberapa yang sudah percaya dan ada juga yang tidak percaya.

Walaupun seperti itu kami percaya bahwa tokek ini bisa di hargai dengan harga yang sangat mahal, bahkan sudah ada buktinya ada beberapa orang yang menjual seekor tokek batu dan tokek batu tersebut memiliki berat sekitar 2,15 Kg dan dibayar sebesar 1,3 Miliyar rupiah oleh seorang pengusaha asal Samarinda.

Peluang usaha budidaya tokek ini dapat memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan untuk Anda.

Budidaya Ternak Tokek

Budidaya Tokek merupakan hal yang lumayan sulit, karena kurangnya informasi mengenai cara budidaya ternak tokek membuat banyak peternak gagal dan kembali menjadi pemburu tokek. Pada umumnya masyarakat lebih menyukai menangkap tokek dari alam liar dibandingkan dengan membudidayakannya.

Berikut ini adalah tips atau cara membudidayakan ternak Tokek :

Bibit Tokek

Bibit yang bagus dalam ternak tokek ini adalah tokek hasil dari tangkapan alam liar yang memiliki bobot sekitar 100 gram, dengan memiliki bobot seperti ini lebih mudah untuk membesarkan tokek. Harga bibit tokek sebesar  ini pun belum terlalu tinggi yaitu sekitar 100ribu hingga 200ribu.

Meskipun begitu, kita juda dapat membudidayakan tokek dari kecil atau bibit hasil reproduksi tokek yang Anda  miliki.

Kandang

Untuk kandang, Anda  bisa menggunakan aquarium sebagai kandang tokek, Anda  bisa menggunakan aquarium dengan ukuran sekitar 20-30 galon, lalu tutup bagian atas aquarium dengan menggunakan kawat jala denga ukuran mesh kecil.

Tokek betina bisa disatukan dalam satu kandang dengan tokek jantan asalkan ukuran mereka relatif sama. Tetapi tokek jantan dewasa tidak boleh disatukan dengan tokek jantan yang lainnya karena bisa saling berebut makanan serta saling membunuh.

Tokek jantan hanya boleh dikandangkan bersama dengan beberapa tokek betina yang memiliki bobot lebih dari 45 gram dan berukuran sama

Media Alas Kandang

Media sebagai alas kandang yang cocok digunakan dalam kandang adalah dengan menggunakan pasir, untuk tokek dengan ukuran panjang 5-6 inch dan tokek yang sudah dewasa pasir adalah pilihan yang tepat. Pasir yang digunakan adalah pasir yang bersih serta halus.

Namun, untuk tokek yang masih berukuran kecil Anda  bisa memakaikan alas handuk ataupun kertas Koran.

Suhu Kandang

Batas maksimum suhu di kandang adalah sekitar 90 derajat Fahrenheit.  Kandang tokek sebaiknya dalam kondisi gelap, karena jika mata tokek terkena sinar, itu bisa menyebabkan tokek menjadi stress dan menyebabkan tokek tidak mau makan serta akan mati.

Tempat Berlindung (Shellter)

Kandang tokek ini sebaiknya dilengkapi dengan shelter karena tokek adalah hewan nokturnal yang lebih senang dalam kondisi gelap. Sebaiknya kandang dilengkapi dengan pelindung atau lubang yang cukup besar karena tokek memiliki kebiasaan hidup bersembunyi di bawah batu atau reruntuhan.

Pergantian Kulit Tokek

Tokek ini sama dengan binatang reptile lainnya, yaitu mengalami pergantian kulit.  Pergantian kulit tokek ini tergantung pada umur dan perkembangan tokek, tokek yang berukuran kecil lebih sering ganti kulit dibandingkan dengan tokek yang berukuran dewasa.

Makanan dan Minuman

Makanan yang cocok untuk tokek ini adalah jangkrik, ulat, cacing, dan anak tikus yang baru lahir.

Untuk minuman, walaupun tokek ini berasal dari lingkungan yang kering, kandang tokek tetap harus dilengkapi dengan air minum 2-3 x per minggu agar tokek mendapat asupan air dari mangsa yang dia makan.

****

Nah itulah peluang usaha tokek yang mungkin bisa Anda  lakukan untuk mendapatkan keuntungan serta penghasilan yang lebih. Semoga arikel ini dapat membantu Anda  yang ingin membudidayakan tokek untuk dijadikan bisnis Anda.