10 Film Terbaik 2014 Yang Wajib Ditonton Entrepreneur

10 Film Terbaik 2014 untuk Ditonton EntrepreneurTIPSWIRAUSAHA.COM – Tahun 2014 segera berakhir, waktunya untuk memberikan daftar 10 film terbaik yang wajib ditonton oleh mereka yang ingin atau bahkan telah menjadi seorang Entrepreneur. Simak yuk!

1. Chef

Jon Favreau (yang juga menulis dan menyutradarai film) berperan sebagai Carl Casper, seorang kepala koki yang dipecat setelah video pertengkarannya dengan seorang kritikus makanan menyebar. Saat itulah ia memutuskan untuk memulai sebuah truk makanan dan menyalakan kembali semangat untuk memasak.

Ini adalah satu-satunya film dalam daftar yang berkisah mengenai seorang pengusaha dan perjuangannya dalam memulai bisnis. Ada juga beberapa plot yang menggambarkan betapa sulitnya untuk mendapatkan dana dan memulai.

Dalam film ini juga digambarkan bagaimana peran media sosial dalam lanskap bisnis saat ini dan bagaimana film ini menyentuh salah satu alasan yang paling kuat mengapa orang memulai bisnis mereka sendiri: keinginan untuk menjadi bos bagi diri sendiri.

2. Begin Again

Dibintangi oleh Mark Ruffalo, Kiera Knightley, dan Adam Levine dari Maroon 5, Begin Again memberikan tampilan yang intim, pribadi, dan optimis mengenai industri musik modern. Dengan beberapa lagu di sepanjang filmnya, Begin Again memiliki energi yang benar-benar unik. Ia secara berani menunjukkan kecerdikan dan kolaborasi yang dibutuhkan untuk sebuah proyek.

Seperti Chef, film ini juga menawarkan tampilan yang menarik bagaimana sosial dan media telah membantu seniman independen/pengusaha bersaing dengan pebisnis yang memiliki kantong lebih dalam.

3. The Wind Rises

Dalam apa yang mungkin menjadi film terakhir dalam karirnya, Hayao Miyazaki memberitahu kita kisah nyata Jiro Horikoshi, seorang insinyur luar angkasa Jepang terkenal yang merancang pesawat tempur Perang Dunia II Zero. Film animasi yang indah ini menggambarkan tekad Jiro saat ia berjuang melalui banyak rintangan untuk mengejar gairahnya.

Anak-anak mungkin akan cepat kehilangan minat saat menontonnya. Namun, pengusaha dan pemilik bisnis akan merasa ‘dekat’ dengan Jiro saat ia mengejar pengetahuan, berinovasi, belajar dari kegagalan, dan mengikuti impian dalam hidupnya.

4. WILD

Berdasarkan memoar New York Times yang laris, Wild (dibintangi Reese Witherspoon) adalah kisah besar yang menunjukkan perencanaan dalam tindakan.

Tanpa pengalaman sebelumnya, Cheryl Strayed yang berusia 26 tahun mengemas ranselnya, dan mendaki Pacific Crest Trail. Ia dipaksa untuk belajar dan beradaptasi dengan setiap kegagalan baru, menguji asumsi, dan menemukan cara untuk berhasil menempuh perjalanannya.

5. INTERSTELLAR

Apa kaitan perjalanan melalui ruang dan waktu untuk menyelamatkan umat manusia dengan kewirausahaan? Ada kalimat dalam film yang menawarkan jawaban yang baik, “Kita biasa melihat ke langit dan bertanya-tanya mengenai tempat kita di bintang. Sekarang kita hanya melihat ke bawah dan mengkhawatirkan tempat kita di tanah.”

Mungkin Anda pernah melihat semangat kewirausahaan yang sedang sekarat. Pada intinya, Interstellar merayakan kapasitas manusia untuk bermimpi. Alasan kita melepaskan roket ke luar angkasa adalah alasan yang sama kita memulai bisnis baru: Kita harus terus mendorong diri kita melampaui batas-batas kita. Kita merintis. Kita berinovasi. Kita bermimpi.

Jika Anda perlu diingatkan mengapa, maka film terbaru Christopher Nolan sangat cocok untuk Anda.

6. Unbroken

Film adaptasi New York Times laris lainnya, kisah Louis Zamperini tidak seperti cerita yang Anda pernah dengar sebelumnya. Disutradarai oleh Angelina Jolie, Unbroken merupakan film biografi inspiratif dari salah satu orang yang paling berani dan tekun dalam sejarah. Cerita Louis seharusnya menjadi inspirasi bagi setiap pengusaha atau pemilik bisnis (atau siapa pun dalam hal ini) yang memiliki keberanian untuk maju terus dalam menghadapi kesulitan.

Interstellar mungkin mengingatkan Anda untuk bermimpi, dan Wild dapat mengingatkan Anda untuk belajar dari kegagalan, tetapi Unbroken akan mengingatkan Anda untuk tidak pernah berhenti berusaha.

7. The Lego Movie

Abaikan kritik bahwa film ini merupakan bagian dari agenda “anti-bisnis”. Siapapun yang benar-benar terlibat dalam memulai, tumbuh, atau mengelola bisnis akan memahami pesan inti dari film animasi ini: Kreativitas mengagumkan, dan Anda perlu untuk merangkul apa yang membuat Anda unik.

Sebagai pengusaha, Anda dapat menarik perbandingan untuk inovasi, diferensiasi produk, dan konsep-konsep bisnis lain, tapi jangan mencoba terlalu keras membuat analogi bekerja. Intinya juga adalah untuk bersenang-senang.

Selain itu beberapa film narasi besar tahun ini, ada tiga film dokumenter yang dirilis pada tahun 2014 yang direkomendasikan:

8. Alive Inside

Anda mungkin akrab dengan video Youtube dimana seorang pria dengan alzheimer tampaknya melakukan rentetan percakapan setelah mendengar beberapa musik favorit dari masa mudanya. Klip ini kutipan dari film dokumenter panjang, Alive Inside, yang menunjukkan kekuatan terapi musik pada pria yang lebih tua dan wanita yang menderita alzheimer dan demensia.

Sementara hasil terapi musik ini menarik, film dokumenter juga mengikuti pekerja sosial Dan Cohen saat ia mencoba untuk mengumpulkan dukungan dan dana pemerintah untuk organisasi non-profitnya, Music and Memory. Sebuah film dokumenter yang menarik bagi siapapun yang tertarik dalam peluncuran sebuah organisasi non-profit.

9. The Great Invisible

Sebagian besar orang mungkin mengingat tumpahan minyak di Teluk Meksiko pada tahun 2010, kerusakan ekologi dan ekonomi yang sangat besar yang telah dilakukan, dan mimpi buruk yang mengikuti. Sekarang, empat tahun kemudian, kru film dokumenter memberi kita perspektif dari dalam.

Dengan wawancara dari warga setempat, mantan karyawan, dan eksekutif minyak, The Great Invisible adalah retrospektif besar mengenai semua hal yang tidak seharusnya Anda lakukan sebagai pemilik bisnis. Anda mungkin tidak menjalankan sebuah perusahaan minyak multi-miliar dolar, tetapi ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda membangun bisnis Anda sendiri.

Apa nilai-nilai etika dalam bisnis? Apa yang harus Anda lakukan ketika Anda membuat kesalahan? Gunakan dokumenter ini sebagai kesempatan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan penting, dan belajar dari kegagalan orang lain.

10. Video Games: The Movie

Diriwayatkan oleh Sean Astin, Video Games: The Movie, memberikan sejarah visual dari industri video game. Dari insinyur perintis di tahun 60-an untuk industri multi-miliar dolar yang ada saat ini.

Jika Anda tidak terbiasa dengan kerja industri, dokumenter ini memberikan gambaran besar dan sekilas mengenai kemana bentuk unik hiburan menuju. Dengan banyak ruang untuk pemain baru, pengusaha dapat melihat industri video game sebagai peluang potensial untuk usaha baru.

(photo: http://eatdrinktc.com)