Tips Memenangkan Persaingan Bisnis

marketing mixApapun model bisnis yang kita jalankan pasti akan selalu menemukan persaingan di dalamnya. Jangankan bisnis dengan skala besar, usaha kecil pun pasti memiliki persaingan yang cukup ketat. Apabila Anda adalah seorang pendatang baru dalam dunia bisnis dan tidak mempunyai keunikan dan strategi penjualan yang baik mungkin saja bisnis Anda akan ditinggalkan konsumen dalam waktu cepat.

Hampir semua para pengusaha pasti memikirkan bagaimana caranya agar dapat memenangkan persaingan bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat di Indonesia, juga membuat para praktisi penjualan selalu memikirkan program maupun strategi apa yang dapat digunakan untuk  bersaing dengan para kompetitornya.

Untuk menghadapi tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat, semua personil di tingkat manajemen perusahaan harus menguasai pengetahuan umum dalam mengelola sumber daya manusianya. Empat fungsi manajemen sumber daya manusia di bawah ini bisa Anda pakai untuk penambahan wawasan Anda:

1. Merekrut pegawai yang berkompeten tinggi.

2. Mempersiapkan pegawai agar bisa bekerja dengan baik.

3. Memotivasi pegawai agar mau bekerja dengan penuh semangat.

4. Mempertahankan pegawai yang berprestasi.

Dewasa ini penilaian terhadap kinerja pegawai dianggap sangat penting karena prestasi perusahaan hanya bisa tercapai apabila kita memiliki SDM yang berkompeten. Dua bidang penting yang terkait dalam penilaian yaitu  sikap dan perilaku misalnya, kepercayaan, kejujuran, tanggung jawab dan lain sebagainya. Bidang lain yaitu pengatahuan dan keterampilan misalnya, terampil dibidangnya dan berwawasan luas.

Memiliki SDM yang berkualitas dan profesional adalah syarat mutlak untuk bisa memenangkan persaingan dalam dunia bisnis. SDM kita harus memiliki keterampilan konseptual, keterampilan antar pribadi, keterampilan manajerial, keterampilan teknis serta keterampilan kepemimpinan.

Dalam persaingan bisnis, harga bukanlah satu-satunya hal yang penting. Perusahaan yang mampu mengelola pelayanan prima selalu memperoleh keberhasilan dalam jangka waktu yang panjang. Perusahaan yang berhasil meraih kepuasan pelanggan yaitu perusahaan yang fokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Pada dasarnya pelanggan kita memiliki dua kebutuhan dasar yaitu, Kebutuhan Emosional serta Kebutuhan Praktis. Selain barang atau jasa yang diperoleh pelanggan kebutuhan Emosional, mereka ingin dilayani secara profesional (kebutuhan praktis).

Hal-hal penting dalam pelayanan prima seperti Pelayanan Proaktif dan Pelayanan Reaktif. Pelayanan Pelayanan Proaktif yaitu pelayanan yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau pelayanan yang ditawarkan sebelum ada permintaan sedangkan Reaktif yaitu pelayanan yang diberikan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkompeten, maka perusahaan bisa merencanakan serta mendesain service yang paling mendekati keinginan pelanggan. Selanjutnya service tersebut disampaikan oleh SDM yang bertanggung jawab kepada pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan yang loyal.

Bidang yang tidak kalah penting yaitu, marketing communications tetapi sering diabaikan oleh para pengusaha. Banyak diantara mereka masih beranggapan bahwa fungsi pemasaran sama dengan fungsi penjualan sehingga selalu menuntut hasil yang instan. Oleh karena itu marilah kita memahami fungsi pemasaran melalui marketing mix.

Marketing mix yang juga disebut sebagai 4 P’s yaitu: Product, Promotion, Price, Place. Pengetahuan tentang marketing mix ini bisa diperoleh dari buku-buku pemasaran dan tidak sulit untuk dipelajari.

Satu hal yang perlu kita tekankan di sini yaitu Promotion atau Marketing Communications. Mengkomunikasikan jasa ataupun barang yang Anda miliki kepada publik adalah hal yang sangat penting.

Manfaatnya yaitu para konsumen atau pengguna jasa dapat mengetahui keberadaan perusahaan Anda dan dapat menghubungi personil perusahaan Anda dengan cara yang sangat mudah.