6 Cara Cerdas Mengurangi Stres Dalam Bisnis

6 Cara Cerdas Mengurangi Stres Dalam BisnisTIPSWIRAUSAHA.COM – Untuk meraihsukses di dunia bisnis dibutuhkan tekad, ketekunan dan kepercayaan yang tiada henti. Lebih dari apapun, dibutuhkan ketahanan untuk menghadapi stres yang tampaknya terus-menerus tumbuh dan tidak boleh menunjukkan tanda-tanda melambat.

Segudang strategi untuk mengeksekusi dan hubungan untuk berkembang sebagai seorang pengusaha, stres yang terkait dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk sukses bisa mendera.

Nah, berikut adalah enam cara cerdas untuk mengurangi stres startup:

1. Singkirkan to-do list

Checklist memiliki cara tidak ramah yang terus-menerus tumbuh, tumbuh dan tumbuh. Semakin banyak daftar yang tidak tercentang yang muncul dalam notebook, semakin berat beban yang dirasakan.

Membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan menciptakan ilusi produktivitas dan prioritas. Apa yang ada di bagian atas daftar Anda hari ini mungkin akan dilempar ke pinggir jalan besok. Sebaliknya, cobalah ini: tuliskan daftar hal-hal yang telah Anda lakukan guna melacak produktivitas Anda. Dengan cara ini, Anda termotivasi untuk menambah daftar yang bertentangan dengan perasaan berkecil hati.

2. Lepaskan jiwa menulis Anda

Sebuah studi 2005 tentang manfaat kesehatan emosional dan fisik menulis meliputi dua kelompok orang. Kelompok pertama bertugas menulis tentang peristiwa kehidupan yang penuh stres, sementara rekan mereka diperintahkan untuk menulis tentang topik yang lebih netral.

Hasil: menulis tiga sampai lima kali selama 15 sampai 20 menit selama jangka waktu empat bulan berdampak positif pada kesehatan mereka secara keseluruhan.

3. Lupakan tujuan, fokus pada proses

Ya, mendengar kata “proses” mungkin membuat Anda jengkel karena hal terakhir yang semua orang perlukan adalah lebih banyak aturan. Namun, kenyataannya adalah bahwa pelajaran dan “buah” dari pembelajaran terjadi di sepanjang perjalanan mencapai tujuan, bukan dalam mencapai itu.

Jika Anda pernah bermain di tim maka Anda tahu bahwa konsistensi adalah apa yang menghasilkan keberhasilan – giring diri Anda dan terapkan apa yang Anda pelajari.

4. Cepat gagal

Sementara belajar dari keberhasilan pasti bisa memperkuat apa yang “benar,” hal itu tidak “mengisi kekosongan” dari apa yang bisa ditingkatkan. Pengawasan, salah dalam penilaian, upaya minimal atau gagal adalah pelajaran terbaik dari kegagalan karena mereka membangun basis pengetahuan Anda.

Keberhasilan atau kegagalan hanya ditentukan oleh di mana Anda berhenti. Semakin cepat Anda mengulang kembali melalui siklus menciptakan, berinovasi, mengulangi (yaitu belajar), semakin cepat Anda dapat menerapkan pelajaran tersebut terhadap ide besar berikutnya.

Satu peringatan: pastikan untuk tidak mengabaikan yang disengaja atau menyeluruh karena tergesa-gesa.

5. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan stres. Kegiatan ketat selama hanya 20 menit, tiga kali seminggu telah terbukti dapat membalikkan gejala depresi yang disebabkan oleh stres.

Ingat, bukan tujuan yang penting melainkan proses, atau rutinitas.

6. Latih kemampuan wirausaha Anda

Sikap itu menular. Tindakan acak kebaikan membantu mencerahkan hari siapapun. Imbalannya, Anda akan merasa positif karena membantu orang lain.

Di satu sisi, stres tidak menyenangkan karena menggerogoti tujuan Anda. Di sisi lain, ia berfungsi sebagai bahan bakar terhadap ambisi yang sama. Kelola stres Anda dan Anda akan dapat mengelola dampak kewirausahaan Anda.

(photo: shutterstock)