10 Tips Sukses dari Richard Branson

10 Tips Sukses dari Richard BransonTIPSWIRASAHA.COM – Meskipun tidak ada jalan pintas untuk sukses, sikap dan tindakan tertentu dapat membantu. Berikut adalah 10 tips bisnis dari Richard Branson:

1. Ikuti impian Anda

Anda akan hidup jauh lebih baik jika Anda mengejar gairah Anda. Orang-orang yang melakukan apa yang mereka cintai biasanya menikmati hidup lebih dari orang lain karena mereka mengejar impian mereka.

2. Berbuat baik

Jika Anda tidak membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain, Anda tidak seharusnya melakukan bisnis – sesederhana itu. Perusahaan memiliki tanggung jawab untuk membuat perbedaan di dunia: Mereka berutang pada komunitas mereka, staf mereka, pelanggan mereka, semua orang.

Bagian luar biasa adalah bahwa berbuat baik juga baik untuk bisnis – apa yang Anda tunggu?

3. Percaya pada ide-ide Anda: Berikan semua usaha yang Anda miliki

Komitmen bergairah dalam bisnis Anda dan tujuan pribadi dapat membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Jika Anda tidak bangga dengan apa yang Anda lakukan, mengapa orang lain harus? Dan jangan hanya fokus mengejar keuntungan dan pertumbuhan. Jika Anda tetap fokus untuk menjadi yang terbaik pada apa yang Anda lakukan, yang lainnya tentu akan mengikuti.

4. Bersenang-senang, dan pastikan anggota tim Anda juga menikmatinya

Bersenang-senang adalah salah satu komponen dari setiap usaha yang sukses, namun seringnya diremehkan. Jika Anda tidak menikmati diri sendiri, itu mungkin waktu untuk berhenti dan mencoba sesuatu yang lain.

Jika karyawan Anda terlibat dan bersenang-senang, dan mereka benar-benar peduli tentang pelanggan Anda, mereka akan menikmati pekerjaan mereka lebih banyak dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Pekerjakan orang-orang yang mencari yang terbaik dalam diri orang lain, yang memberikan lebih banyak pujian dari kritik, dan yang benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan.

5. Jangan menyerah

Pada setiap petualangan, tentu Anda akan menghadapi saat-saat sulit. Tapi Anda akan kagum pada apa yang dapat Anda capai dengan gigih berpegang teguh pada tujuan Anda. Bila gagal, bangkit kembali dan coba lagi.

6. Dengarkan, pelajari dan cobalah tantangan baru

Jika Anda tidak menuliskan sendiri (dan orang lain) ide-ide spontan, mereka bisa lenyap dalam sekejap mata. Jadi pastikan untuk melacak tujuan Anda: membuat daftar. Dan ingat untuk mendengarkan lebih banyak dan berbicara lebih sedikit. Anda akan kagum pada hambatan dari budaya mendengarkan yang dapat Anda atasi.

7. Delegasikan, habiskan lebih banyak waktu bersama keluarga

Seni delegasi adalah salah satu keterampilan kunci yang harus dikuasai oleh pengusaha. Pastikan untuk “mempekerjakan kelemahan Anda.” Bawalah orang-orang yang dapat melakukan tugas-tugas Anda, dan dapat membebaskan Anda untuk merencanakan masa depan perusahaan Anda.

Strategi ini juga memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga Anda, yang benar-benar hal yang paling penting dari semuanya.

8. Komunikasi dan Kolaborasi

Sederhanakan! Dan di atas segalanya, bekerja dan bermainlah dengan orang lain. Jamur bisa tumbuh ketika mereka disimpan dalam gelap dan memperoleh makanan dari kotoran, tetapi strategi itu tidak bekerja pada orang-orang. Pendiri Apple, Steve Jobs, dan perusahaan seperti Pixar membangun lingkungan kerja yang terbuka yang mengundang pembauran dan berbagi visi – Anda perlu suasana itu juga.

9. Matikan laptop dan ponsel, dan keluarlah

Jangan duduk di depan layar sepanjang hari. Matikan semuanya dan beranilah keluar secara teratur. Jika Anda telah mengabaikan bagian dari kehidupan, mulai dengan halaman belakang Anda sendiri, kemudian perluas bidang visi Anda.

Dengan begitu banyak orang menarik untuk ditemui, petualangan menarik untuk memulai tantangan dan melakukan hal yang bermanfaat, tidak ada waktu untuk kalah. Seperti kata pepatah: Hidup ini bukan gladi resik.

10. Lakukan apa yang Anda cintai

Selama Anda dikelilingi oleh orang-orang yang Anda cintai dan Anda melakukan apa yang Anda cintai, tidaklah penting di mana Anda tinggal atau berapa banyak uang yang Anda buat. Jika Anda memiliki atap di atas kepala Anda dan pasangan yang Anda cintai, Anda tidak perlu terlalu banyak lagi.

(photo: Shutterctock.com)