8 Cerita Cerdas Mencari Dana Untuk Merintis Usaha

8 Cerita Cerdas Mencari Dana Untuk Merintis UsahaTIPSWIRAUSAHA.COM – Jadi Anda berpikir ide bisnis Anda sudah mati karena Anda tidak dapat menemukan investor? Kebanyakan pengusaha baru merasakan hal yang sama.

Melalui pertukaran email dengan pemilik bisnis dan beberapa pendiri nirlaba, ada 8 cerita pendanaan yang sangat pandai dari pendiri yang membuat proyek mereka berkembang – gaya pemberontak.

1. Mencari sponsor internasional

Ketika Adam Lyons meluncurkan The Zebra, perusahaan Austin menawarkan jenis mesin pencari seperti Kayak untuk asuransi mobil, ia memutuskan untuk mengamati di luar negeri untuk mencari mereka yang sudah berhasil mengembangkan model bisnis yang sama. Dia menemukan miliarder dari inggris, Simon Nixon, yang telah mencetak uang dengan Moneysupermarket.com.

Lyons menawarkan untuk menjadi mitra Amerika Serikat dan Nixon menerima proposal tersebut, Lyons menegaskan melalui email.

“Tidak semua orang mungkin berpikir untuk mencari investor di pasar negara berkembang lainnya yang memiliki pengalaman dengan model bisnis serupa,” tulis Lyons melalui email. “Tapi bagi kami, itu bukan sekedar menguntungkan.”

2. Ciptakan visi baru dengan apa yang Anda miliki

Pada awal 1970-an, EJ Jackson bekerja sebagai detektif swasta namun bank menolak permohonan pinjamannya yang akan memungkinkan dia untuk memperluas bisnisnya. Jackson lalu mengambil dua kredit mobil: satu untuk Lincoln 1975 dan satu lagi untuk Cadillac 1975. Pada tahun 1977, ia menggunakan keduanya untuk memulai bisnis baru, Jackson Limo Service.

Saat ini perusahaannya berbasis di Los Angeles menggunakan ratusan sopir. “Kadang-kadang Anda harus mengambil apa yang Anda bisa dan membuat sesuatu dari itu,” jelas Jackson melalui email.

3. Pengiklan juga investor

Darin Alpert adalah orang pertama yang bergabung dengan tim Find Me Gluten Free, sebuah perusahaan, juga di Austin, menawarkan mesin pencari untuk menemukan restoran bebas gluten. Alpert dan timnya mengamankan Mark Kuba Naked Pizza sebagai pengiklan dan kemudian meyakinkannya untuk menjadi investor.

“Kedua penawaran dilakukan melalui banyak email dan satu panggilan telepon selama 20 menit,” Alpert menulis. “Kami mengembangkannya hingga mencapai 2.000.000 pengguna dan secara menguntungkan menjual perusahaan pada bulan Juli 2013.”

4. Membuat pengaturan pembayaran di taman bermain

Abbie Schiller dan Samantha Kurtzman-Counter membuat perusahaan media anak-anak. Sementara anak-anak mereka menghibur diri di tempat bermain, mereka meminta orangtua lain untuk memberikan umpan balik untuk pengembangan produk mereka.

Jajak pendapat informal mereka menarik beberapa orang tua yang kemudian menjadi investor The Mother Company yang berbasis di Los Angeles, yang menawarkan serangkaian buku dan menunjukkannya untuk anak-anak. The Mother Company akhirnya meningkatkan sekitar $ 500.000 dana karenanya, Schiller menegaskan melalui email.

5. Dorong diri Anda sendiri

Priska Diaz dengan naifnya berpikir akan mudah mendapatkan $ 75.000 untuk penemuannya, botol bayi Bare yang menawarkan susu bebas udara. Tapi proyeknya gagal menerima dana dalam tiga bulan.

Tiga tahun kemudian, ia siap untuk mencoba lagi. Kali ini ia membuat sebuah situs web yang menunjukkan konsep dengan gambar botol prototipe. Konsep tersebar secara luas melalui media sosial, diikuti dengan datangnya pelanggan potensial yang menunggu pengembangan produk.

Ia membuat sebuah sistem untuk preordering dan host presale langsung dari sebuah situs web, meningkatkan lebih dari $ 50.000 untuk perusahaannya Bittylab.

6. Sebarkan hasrat Anda di Facebook

Bill Gandy senang berbagi foto bersejarah Allegheny City, sebuah komunitas di bagian utara Pittsburgh, dan dia juga bergabung dalam grup Facebook Born & Raised on Northside of Pgh.

Anggota kelompok Facebook-nya menghargai bagaimana ia mengingatkan pada Allegheny City. Ketika ia menyarankan membuka galeri untuk menampilkan foto-foto, Presiden Dewan Kota Pittsburgh, Darlene Harris, mengirim pesan kepadanya dan menawarkan untuk bermitra dengannya. Dengan demikian ia meresmikan nirlaba Allengeny City Historic Gallery non-profit.

Peristiwa awal setelah membukanya? Sebuah penandatanganan buku oleh pemilik Steelers, Dan Rooney. Gandy telah mengumpulkan lebih dari $ 12.000 dana untuk galeri dalam waktu kurang dari sebulan.

7. “Danai bisnis saya. Hari ini ulang tahun saya.”

Pada tahun 2008, saat Cynthia Kersey mendekati usia 50, ia menemukan hidupnya berubah secara dramatis saat ia melalui sebuah perceraian. Alih-alih berkubang dalam kesedihan, ia menjalankan ide mimpinya, mengamankan hak anak atas pendidikan. Ia lalu mengundang semua orang yang ia kenal dalam perayaan hari ulang tahunnya dan meminta setiap tamu untuk membawa, sebagai pengganti hadiah, $ 100.

Kersey mengumumkan kepada tamu bahwa ia akan menggunakan hadiah tersebut sebagai uang bibit untuk membuka nirlabanya di Los Angeles, The Unstoppable Foundation. Karena usahanya, 6.000 anak telah bersekolah dan lebih dari 50 gedung sekolah telah dibangun.

8. Menemukan uang di jalan

Saat Frederick Hutson menjalani hukuman empat tahun karena menjual ganja, keluarganya mengalami kesulitan melakukan kontak dengannya.

Setelah dibebaskan, Hutson memberitahu keluarga dan teman-teman bahwa ia akan membuat Pigeonly yang berbasis di Las Vegas, untuk membantu menjaga tahanan terhubung dengan orang yang mereka cintai. Ia pergi ke teman-teman jalanan untuk meningkatkan modal bibit, mengumpulkan uang dengan penambahan sebesar $ 200 dan $ 500 dan pada akhirnya meningkatkannya hingga $ 80.000. Hari ini Pigeonly telah berkembang dengan 13 orang pekerja.

(photo: Mike Ricca)