4 Keuntungan Kembangkan Bisnis Online

4 Keuntungan Kembangkan Bisnis OnlineTIPSWIRAUSAHA.COM – Pengusaha adalah tipe individu yang secara kontinyu terus mengembangkan peluang bisnis baru. Peluang yang besar, tak peduli seberapa bagus ide bisnis tersebut terkadang harus berakhir dengan kenyataan mahalnya biaya operasional, skala terbatas, dan keuntungan rendah.

Di masa kini, para calon pengusaha tampaknya tak perlu lagi terlalu khawatir dengan beratnya kenyataan dalam menjalankan bisnis, setelah maraknya bisnis secara online. Seperti diketahui, bisnis online bisa menjadi sangat menarik karena tidak memiliki hambatan tradisional layaknya perusahaan baru pada umumnya hadapi.

Meski demikian, berbisnis online juga tak semudah membalikkan telapak tangan, banyak yang berhasil, namun juga banyak yang gagal.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis online merupakan investasi terbaik bagi calon pengusaha dilansir Entrepreneur.com.

Tawarkan jangkauan menakjubkan

Seperti sempat dibahas di atas, tidak semua bisnis online akan cepat meraih sukses besar dengan pertumbuhan super cepat. Banyak pengusaha memulai bisnis online dengan berpikir bahwa calon konsumen akan otomatis menemuka mereka dan penjualan akan mengalir sendirinya. Mereka berpikir bahwa segelintir tweet atau postingan Facebook akan mengubah bisnis mereka menjadi transaksi sedemikian rupa.

Upaya menjangkau konsumen dalam bisnis apapun jelas tidak mudah, namun lewat online tentu ada keuntungannya. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis gerobakan, tentu Anda harus mendefinisikan audiens dan pasar Anda di sekitaran lokasi tersebut. Namun, dalam bisnis online hambatan tersebut tak ada, dan bahkan Anda bisa memasarkan produk Anda ke seluruh dunia.

Meski begitu, sukses yang besar tentu harus didukung oleh strategi pemasaran dan iklan yang cerdas, sehingga bisnis online anda dapat menghasilkan sesuatu sesuai harapan dan target anda.

Kebebasan tanpa batas

Banyak pengusaha memulai bisnis online karena kebebasan yang ditawarkan. Alat teknologi modern, seperti laptop, tablet, aplikasi bisnis adalah beberapa sistem komunikasi yang memungkinkan kegiatan bisnis dapat dioperasikan dari mana saja. Saat ini, sudah tak aneh bukan melihat banyak orang sibuk mengoperasikan gadget masing-masing untuk urusan pekerjaan sambil bersantai menyeruput kopi panas ditambah sepotong roti.

Tidak terikat dengan lokasi tertentu dari pukul 9-5 sore tentu sesuatu yang menyenangkan. Namun, beberapa pengusaha tak tahu bagaimana menjaga keseimbangan antara kebebasan dan kemungkinan gagal, ketika yang lain menggunakan kebebasan sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras.

Jangan sesekali menyalahkan kebebasan, apabila Anda jadi bermalas-malasan. Pengusaha sejati akan menghormati kebebasan dan memahami bahwa kerja keras sangatlah berharga.

Biaya operasional rendah dan marjin tinggi

Bisnis online akan memungkinkan Anda mengeliminasi biaya-biaya tinggi seperti halnya operasional bisnis offline. Anda tak hanya bisa memangkas biaya sewa kantor yang tinggi, tapi juga memangkas lokasi penyimpanan barang. Perjanjian dropshipping dengan pihak manufaktur akan mengurangi risiko finansial dan memungkinkan anda mempertahankan marjin.

Bayangkan jika anda menjual sebuah topi dengan lima variasi: merah, biru, hijau, kuning, dan oranye. Jika Anda memiliki toko fisik, maka Anda perlu menaruh seluruhnya di etalase, karena Anda tak tahu variasi mana yang diinginkan konsumen yang datang.

Menjual dengan cara dropshipping online akan meminimalkan Anda dari kerugian karena barang yang tak laku terjual.

Akses ke pasar dunia

Salah satu hal membanggakan dari bisnis online adalah kemampuan beroperasi selama 24 jam/7 hari tanpa batasan apa pun. Tak ada batasan geografis dan tak ada pula jam operasi khusus, bisnis online dapat menghasilkan penerimaan kapan saja, bahkan ketika anda tidur.

Tentunya, dengan mengerahkan perencanaan matang lewat sosial media, search engine optimization (SEO) atau strategi pemasaran digital baik yang berbayar atau gratis. Lewat iklan Google, bahkan anda bisa mengatur target pasar yang diinginkan berdasarkan negara, wilayah, atau kota.

Bagaimana, apakah Anda sudah berinvestasi di bisnis online?

(photo: http://onelittlevictoryblog.com)