3 Tips Menciptakan Persepsi ‘Menang’ Dalam Bisnis Start-Up

3 Tips Menciptakan Persepsi 'Menang' Dalam Bisnis Start-UpTIPSWIRAUSAHA.COM – Persepsi adalah realitas. Setiap hari, kita mencari tahu tentang perusahaan atau selebriti yang telah menciptakan citra megah, hanya untuk menarik tirai dan citra mereka yang sebenarnya muncul. Kadang-kadang baik dan kadang-kadang buruk.

Contoh dapat mencakup perusahaan yang menggunakan media dan PR untuk memahat citra publik mereka.

Sebagai sebuah bisnis yang baru dan sedang berkembang, bagaimana Anda menggunakan gagasan bahwa “persepsi adalah realitas” untuk keuntungan Anda? Nah, berikut adalah sejumlah pilihan yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan menyesuaikan persepsi positif dari organisasi Anda – yang jika dilakukan secara efektif, dapat memungkinkan Anda untuk mencapai banyak dengan sedikit.

1. Jadilah ahli

Untuk membuat dan mengukir persepsi positif Anda, Anda harus memposisikan diri sebagai pemimpin pemikiran atau ahli di bidang Anda. Ada sejumlah cara untuk melakukan itu, yang paling mudah ialah menulis konten untuk blog Anda sendiri atau tamu yang menerbitkan sebuah artikel untuk publikasi online.

Tidak yakin bagaimana memulainya? Anda dapat pergi dengan mengidentifikasi beberapa publikasi yang Anda minati dan sesuai dengan “keahlian” Anda. Kemudian, dengan ide artikel di tangan, lakukan riset pada artikel lain yang sudah diterbitkan untuk memastikan bahwa ide Anda unik. Selanjutnya, buat judul menarik dan menulis paragraf pertama artikel atau cerita informatif.

Lalu, gunakan Google untuk mencari email dari seorang editor di penerbitan yang dimaksudkan dan tunjukkan ide Anda. Ini mungkin tidak bekerja saat pertama kalinya, jadi tetap teguh dan ingat, jika Anda terlihat seperti ahli, Anda adalah seorang ahli.

2. Bangun sebuah tim

Orang-orang tentu ingin melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan yang sukses, dan perusahaan-perusahaan yang sukses memiliki tim. Jadi bagaimana jika Anda masih bekerja dari garasi dan berjalan menuju kesuksesan? Anda masih dapat memiliki tim – atau setidaknya satu.

Mulailah dengan menciptakan satu atau dua posisi dalam perusahaan Anda yang mewakili poin inkuisisi dari pelanggan Anda – penjualan, informasi umum, dan lain sebagainya – yang dapat dijalankan oleh Anda dan/atau orang lain yang telah terlibat di panggung bisnis. Mudah-mudahan ini termasuk salah satu pendiri.

Anda dan tim Anda akan mulai menggunakan pepatah “topi,” gunakan mode alamat email untuk posisi yang diperlukan yang berfungsi sebagai poin yang paling penting dari interaksi dengan basis pelanggan Anda. Ingat, persepsi adalah realitas – jadi jika Anda terlihat seperti Anda memiliki tim layanan penuh untuk melayani pelanggan Anda dalam setiap kebutuhan, hal itu akan menjadi kenyataan bagi pelanggan Anda dan, sebagai hasilnya, mereka akan lebih cenderung untuk membeli dari Anda.

Anda juga akan belajar tentang kebutuhan posisi masing-masing, sehingga Anda jauh lebih siap setelah Anda mengambil langkah untuk menempatkan orang penuh atau paruh waktu di tempat itu.

3. Tetap terorganisir dan bereaksi dengan cepat

Sekarang Anda memiliki tim di posisinya masing-masing, perusahaan Anda perlu bertindak seperti itu. Tidak ada cara yang lebih baik untuk merusak persepsi ini daripada bereaksi lambat atau tampak tidak teratur. Ada tools yang cukup di luar sana yang dapat membantu Anda untuk mengelola permintaan masuk atau pertanyaan – dua pilihan bagus yaitu Boomerang dan ToutApp.

Kenyataannya adalah, dan itu adalah salah satu yang menyedihkan, konsumen kadang menerima layanan yang buruk, sehingga ketika perusahaan Anda merespon permintaan mereka pada waktu yang tepat – yang berarti minimal, pada hari yang sama – mereka akan benar-benar terkejut dan akan memiliki persepsi bahwa perusahaan Anda adalah salah satu dari sejenisnya.

Selamat, Anda sekarang berada dalam perjalanan Anda untuk memiliki persepsi menjadi kenyataan.

(photo: Flickr)