3 Langkah Menaklukkan Ketakutan Memulai Bisnis Freelance

3 Langkah Menaklukkan Ketakutan Memulai Bisnis FreelanceTIPSWIRAUSAHA.COM – Jadi Anda ingin memulai bisnis, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Banyak pengusaha yang baru ingin memulai, menghadapi dilema yang sama.

Jawabannya: mulai dengan kerja lepas.

Kata “kerja lepas” mungkin terdengar menakutkan tapi konsep ini cukup sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan keterampilan yang sudah Anda miliki, kemudian menemukan orang-orang yang akan membayar Anda untuk keterampilan itu. Sebelum Anda menyadarinya, Anda telah berada dalam bisnis.

Berikut adalah cara kerjanya:

1. Ambil inventaris keterampilan Anda

Apa yang sedang Anda lakukan yang mana Anda dibayar untuk melakukannya? Mungkinkah layanan yang sama Anda berikan pada perusahaan besar ditawarkan kepada masing-masing klien?

Kenyataannya adalah, jika saat ini Anda memiliki (atau pernah memiliki) pekerjaan, Anda sudah membuktikan bahwa Anda dapat memberikan layanan pada orang dimana Anda akan mendapatkan bayaran melakukannya.

Sebagai contoh:

– Jika Anda seorang asisten administrasi, Anda mungkin memiliki keterampilan organisasi yang akan berguna untuk klien.
– Jika Anda seorang pengembang web, Anda pasti dapat membantu orang membangun proyek-proyek sampingan.
– Jika Anda seorang akuntan, Anda dapat membantu klien dengan pajak mereka, atau usaha kecil dengan akun mereka.

Ini hanya beberapa ide diantaranya.

2. Tentukan layanan apa yang akan Anda berikan

Sangat mudah untuk terjebak pada harga. Pada awalnya, tidak ada yang tahu berapa harga yang harus mereka kenakan.

Ingat: nilai sebenarnya dari layanan Anda bukan seberapa banyak perusahaan membayar Anda secara langsung (gaji/tarif per jam), namun berapa banyak yang mereka tetapkan orang lain bagi Anda untuk memberikan layanan tersebut. Biaya untuk pengguna akhir adalah nilai sejati Anda.

Pertimbangkan skenario berikut:

Anda seorang paralegal yang dibayar $ 30 per jam untuk melakukan pekerjaan pra-litigasi dan menyelesaikan kasus. Berapa banyak yang Anda pikir klien bayarkan pada perusahaan untuk pekerjaan Anda? Perusahaan mungkin menagih klien setidaknya $ 150 per jam bagi Anda untuk menangani pekerjaan ini atas nama mereka.

Jadi sekarang Anda tahu waktu Anda bernilai setidaknya $ 150 per jam. Itu berarti perusahaan mengambil $ 120 dari Anda sebagai biaya finder.

Nah, tidak bisa kah Anda mengambil keterampilan yang sama dan menghasilkan uang sendiri?

Contoh lain misalnya pengajuan perceraian. Proses perceraian mahal. Hal ini dapat menghabiskan biaya ratusan atau bahkan ribuan file, namun pada kenyataannya sebagian besar paralegal tahu bagaimana melakukan pekerjaan ini. Mungkin Anda bisa membuka bisnis untuk menawarkan layanan yang sangat spesifik ini untuk harga yang lebih baik.

Jelas pasar ini tidak akan pernah berakhir, dan untuk itu orang-orang bersedia membayar!

3. Temukan klien (petunjuk: mereka ada di mana-mana)

Ketika Anda pertama kali memulai, dua metode yang paling mudah untuk menemukan klien ialah melalui kemitraan dan papan pekerjaan freelance. Membentuk kemitraan dengan orang-orang yang membutuhkan jasa Anda, dan sudah bekerja dengan pelanggan ideal Anda, adalah cara tercepat untuk mendapatkan banyak klien secara instan. Kuncinya adalah untuk menawarkan bisnis lain dengan nilai bagus sebagai imbalan atas kemitraan mereka.

Sediakan layanan yang benar-benar membuat usaha lain tampak hebat untuk pelanggan mereka, dan mereka akan membalas Anda dengan banyak hal. Ini semua tentang menang-menang. Sebagai contoh:

– Jika Anda seorang pelatih pribadi, Anda bisa bermitra dengan kompleks apartemen lokal dengan gym untuk menjadi tuan rumah kelas bagi warga.
– Jika Anda seorang pengembang web, Anda dapat bermitra dengan desainer grafis untuk membantu klien mereka membangun website.
– Jika Anda seorang guru aljabar, Anda dapat bermitra dengan sekolah-sekolah lokal dan program kursus untuk membantu siswa mereka.

Kemungkinannya tak terbatas, tetapi Anda harus bersedia untuk berpikir di luar kotak untuk membuat beberapa koneksi ini bekerja.

Terdapat puluhan situs web di luar sana yang secara khusus dirancang untuk membantu pekerja lepas mencari pekerjaan dan mendapatkan bayaran. Semua orang bisa melakukannya.

Selamat mencoba!

(photo: elance.com)