Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

usaha ternak ayam kampungPada saat ini membudidayakan ternak ayam kampung itu bisa dikatakan usaha ternak yang paling mudah dan menarik untuk dijalani.

Mudah karena perawatan ayam kampung lebih sederhana dibandingkan dengan budidaya ternak ayam broiler.

Hal yang menarik dalam membudidayakan ternak ayam kampung ini terletak pada harganya, karena dimana harga ayam kampung selalu stabil dan biasanya cenderung naik berbeda dengan ayam broiler yang harganya sangat fluktuatif.

Dalam membudidayakan ayam kampung super ataupun biasa dapat dilakukan dengan sederhana atau dengan skala kecil dengan jumlah ternak kurang dari 50 ekor per periode.

Jika Anda hendak membuka usaha ternak ayam, berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam memulai beternak ayam kampung:

Perencanaan

Hal yang pertama saat Anda akan membuka usaha budidaya ayam kampung adalah dengan menentukan suatu perencanaan. Karena suatu perencanaan dalam hal membuka usaha itu sangat penting.

Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang ilmu dasar budidaya ayam secara garis besar. Setiap usaha itu pasti memiliki resiko suatu kegagalan, begitu juga dengan usaha ayam kampung, resiko paling berat adalah resiko kematian. Beberapa hal yang paling sering menyebabkan kematian mendadak  pada ayam kampung adalah karena adanya penyakit seperti gumboro dan flu burung.

Kandang ternak juga sebaiknya jauh dari pemukiman atau juga dari rumah Anda. Biasanya dibutuhkan jarak minimal 1 Km jarak antara pemukiman dengan kandang ternaknya. Mungkin syarat itu terlalu berat  sehingga kebanyakan hal ini di abaikan oleh peternak, sering kali kita menemukan peternak membudidayakan ayam kampung dekat dengan rumahnya.

Jika kandang ayam dibangun berdekatan dengan pemukiman maka sudah dipastikan ayam kampung yang Anda sedang budidayakan divaksinasi, lakukanlah sterilisasi kandang secara rutin dengan disinfektan.

Mintalah kepada petugas peternakan untuk memberikan penyuluhan tentang budidaya ternak ayam kampung ini. Jika dasar-dasar ilmu membudidayakan ternak ayam Anda sudah ketahui maka dengan mudah Anda bisa melakukan perencanaan peternakan yang dapat Anda buat secara teliti.

Penyediaan Kandang Ternak

Hal yang selanjutnya dalam membudidayakan adalah penyediaan kandang ternak. Syarat dari suatu kandang ternak selain jarak dari pemukiman adalah kandang ternak ayam kampung bisa dibuat dengan ukuran 1m2 diisi dengan 7 ekor ayam kampung dengan ukuran yang optimal dan jika Anda ingin memelihara dengan system full kandang.

Dalam hal budidaya ternak ayam petelur, sebaiknya menggunakan kandang battery, dan memang pada awal mulai usaha ini mungking membutuhkan modal kandang yang akan terasa besar, tetapi modal kandang ayam ini hanya dikeluarkan 1 kali untuk beberapa periode saja.

Jika kandang ayam kampung pedaging yang baik itu adalah kandang dengan model ren atau postal. Untuk ayam kampung kandangnya tidak harus dilapisi dengan litter, karena ayam kampung itu memiliki masa pemeliharaan yang lebih lama dibandingkan dengan ayam broiler.

Kandang ren adalah kandang ayam yang sebagian dari kandangnya diberi atap dan sebagiannya tidak, nah bagian yang beratap ini biasa digunakan oleh ayam kampung untuk tidur atau berteduh dan bagian yang terbuka atu tidak beratap itu dijadikan sebagai tempat bermain atau tempat makannya.

Pembelian Bibit Ayam Kampung

Anak ayam yang baru berumur sekitar 1 hingga 7 hari ini atau biasa dikenal dengan DOC (Day Old Chick) ini disebut dengan bibit ayam. Untuk membudidayakan ayam kampung sebaiknya jangan membeli bibit yang masih DOC dan sebaiknya beli bibit ayam kampung dalam keadaan ayam dara.

Perawatan DOC jauh lebih sulit dibandingakn dengan ayam dara, dimana DOC itu harus divaksinisasi dan juga diberi pakan khusus sereta harus dihangatkan.

Selanjutnya yang perlu Anda pahami dalam membudidayakan ayam kampung ini adalalah pemeliharaan, kesehatan serta penanganan panen dan pasca panen.

***

Nah itulah beberapa tahapan dalam hal membudidayakan ternak ayam kampung yang bisa Anda jadikan peluang usaha yang besar serta menguntungkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mulai merintis dunia usaha ternak ayam.