10 Alasan Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Franchise

10 Alasan Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Franchise

TIPSWIRAUSAHA.COM – Pemilik Franchise KFC, PT Fast Food Indonesia (FAST) sedang berencana untuk membuka lebih dari 65 outlet baru tahun ini.

FAST akan mengeluarkan dana 240 Miliar Rupiah untuk membangun outlet baru, dimana 45 outlet diantaranya akan menjadi “stand-alone” dan sisanya menjadi “KFC Box”.

Rencana pengembangan bisnis FAST dengan franshise KFC-nya menjadi sorotan peluang bisnis ritel makanan di Indonesia. Perjalanan Sukses FAST menjadi model inspirasi bagi banyak pengusaha yang ingin juga ambil bagian dari potensi pasar bisnis retail tersebut.

Namun, mari kita lihat terlebih dulu dari sudut pandang pengusaha pemula. Kemungkinan besar Anda tidak memiliki kondisi financial sekuat FAST yang telah membuka puluhan outlet dalam setahun.

Jika Anda berencana untuk menjadi FAST berikutnya yang membuka puluhan franchise KFC dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia (atau mungkin hanya sekedar franchise kebab), Anda terlebih dahulu harus memahami pro dan kontra sebelum Anda terjun lebih jauh dan memilih model bisnis franchise.

Berikut beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan jika bisnis Anda adalah membeli bisnis franchise:

5 Alasan Mengapa Anda harus Membeli Franchise

  1. Catatan Kesusksesan – Memulai bisnis dari bawah akan sangat berisiko, tetapi melalui franchise, Anda dapat memelajari track record bisnis tersebut untuk dapat menilai seberapa sukses model bisnis tersebut yang nantinya akan Anda dapatkan.
  1. Dukungan Operasional – Franchisor yang baik selalu menyediakan panduan di setiap bagian dari bisnis yang akan dijalankan, sebab kesuksessan Anda merupakan kesuksesan mereka juga.
  1. Daya Beli – Pembelian bahan baku yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda bisa jadi lebih mahal jika Anda tidak membeli dalam jumlah besar. Sebuah bisnis franchise dapat menekan biaya dengan melakukan pembelian bahan baku dalam jumlah besar dan menyalurkannya ke semua outlet termasuk ke outlet Anda.
  1. Dukungan Karyawan – Beberapa bisnis waralaba juga memberikan dukungan karyawan terlatih, dimana hal tersebut menjadi salah satu tantangan terbesar bagi yang memulai bisnis baru.
  1. Kekuatan Merek – Dan ini adalah satu alasan terkuat untuk membeli franchise dimana calon pembeli sudah mengenal merek tersebut sehingga dengan mudah dapat menarik banyak calon pelanggan di bisnis Anda.

5 Alasan Mengapa Anda Seharusnya Tidak Membeli Franchise

  1. Biaya Bagi Hasil dan Royalti – Jika Anda memilih untuk membeli franchise, Anda diharuskan untuk membayar biaya royalti dan biaya bagi hasil. Anda tidak perlu menyediakan biaya tersebut jika Anda membangun bisnis Anda Sendiri.
  1. Batasan Manajemen – Anda akan terikat dengan proses untuk memastikan produk atau jasa yang dihasilkan sudah memenuhi kualitas yang diharapkan oleh bisnis franchise Anda. Anda tidak bisa fleksible dalam melalukan perubahan seperti mengubah menu, harga dan kebijakan lainnya seperti halnya bisnis Anda sendiri.
  1. Biasa Besar di Awal – Anda dapat mengambil Pinjaman KTA untuk memulai bisnis, tetapi Anda mungkin harus mengajukan permohonan pinjaman dalam jumlah yang sangat besar jika Anda ingin memulai membeli bisnis franchise.
  1. Dibutuhkan Pengalaman – Bisnis franchise dapat Anda beli meskipun Anda tidak memiliki pengalaman menjadi seorang entrepreneur, tetapi franchise yang sudah besar sering kali mensyarakatkan calon pembeli franchise tersebut mempunyai pengalaman sebagai entrepreneur. Lupakan tentang menjalankan franchise jika Anda baru memulai membangun usaha sendiri.
  1. Pembatasan Pilihan Pemasok Barang – Sementara franchisor dapat menekan biaya untuk pembelian bahan baku, tentunya mereka akan membatasi Anda untuk hanya tidak membeli pasokan barang diluar dari supplier dari luar. Anda tidak mempunyai banyak pilihan karena Anda hanya akan menerima pasokan dari supplier yang berasal dari franchisor.

Demikianlah pro dan kontra dari memulai bisnis franchise. Pikirkan kembali ide bisnis Anda dan lihat apa saja yang menjadi keuntungan dari membeli franchise, apakah dapat memberi keuntungan yang labih besar dari kerugian yang mungkin Anda alami saat bisnis tersebut berjalan.

Untuk tips menarik lainnya seputar bisnis dan finansial, kunjungi HaloMoney.co.id. Kami berkomitmen untuk membantu anda menghemat waktu, tenaga dan uang sehingga nada dapat meggunakan uang anda untuk hal-hal yang benar-benar-benar penting.